WAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Serta Kelebihan & Kekurangan yang Dimiliki

WAN Adalah Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Serta Kelebihan & Kekurangan yang Dimiliki

WAN adalah kependekan dari Wide Area Network. Jenis jaringan ini umunnya digunakan lada berbagai sektor, mulai dari pendidikan, perusahaan, bisnis, dan sektor lain yang membutuhkan jaringan internet untuk kegiatan operasionalnya. WAN sendiri dibagi menjadi beberapa contoh, seperti internet serta perusahaan internasional.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai apa itu WAN atau Wide Area Network, mulai dari pengertian hingga kelebihan serta kekurangannya. Yuk simak ulasan berikut ini!

Apa Pengertian WAN

Demi memenuhi kebutuhan internet pada berbagai sektor, keberadaan jaringan WAN sangatlah dibutuhkan. Dilansir dari buku berjudul Pengenalan Dasar Jaringan Komputer, Wide Area Network atau WAN adalah sebuah jaringan komputer yang cakupannya sangatlah luas seperti kota, negara bahkan hingga benua. Jaringan ini merupakan hasil penggabungan dari dua jaringan lainnya, yaitu LAN dan MAN.

Apa Pengertian WAN

Pada proses pembangunan Jaringan WAN dibutuhkan kabel fiber optic atau serat optik, kabel telepon, ataupun juga bisa menggunakan satelit. Maka dari itu, karena jangkauannya yang sangat luas, biaya yang diperlukan sangatlah besar. Jaringan ini memiliki karakteristik yang unik apabila dibandingkan dengan jaringan komputer tipe lainnya.

Baca Juga : Topologi Tree Adalah? Pengertian Dan Kelebihan

Karakteristik pertama adalah, jaringan yang digunakan pada jaringan ini tidak dapat dijangkau oleh jaringan lainnya, seperti LAN maupun MAN. Kemudian, jaringan ini dapat digunakan ketika melakukan koneksi dengan jarak yang jauh. Selanjutnya, jaringan ini bisa mengirimkan sebuah paket data antara switch, router ataupun jaringan lain yang telah dibangun.

Fungsi Jaringan WAN

Fungsi utama dari jaringan WAN adalah untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya. Tetapi, selain fungsi tersebut terdapat fungsi lain pada jaringan WAN, berikut ini beberapa fungsi dari jaringan WAN:

Fungsi Jaringan WAN

1. Memudahkan Berkomunikasi

Luasnya cakupan dari jaringan WAN dapat memudahkan suatu perusahaan yang memiliki kantor di wilayah berbeda dalam berkomunikasi serta melakukan transmisi data dengan sangat mudah dan cepat. Maka dari itu, jaringan WAN sangatlah memudahkan suatu perusahaan dalam integrasi antar perangkat karena terkoneksi pada satu jaringan.

Baca Juga:  Pentingnya SLA Guna Meningkatkan Pengalaman Pengguna di Era Transformasi Digital

2. Mengintegrasikan Jaringan LAN dan MAN

Selain memudahkan kegiatan komunikasi, jaringan WAN dapat berfungsi juga dalam mengintegrasikan jaringan LAN dan MAN. Maksudnya adalah WAN dapat berperan sebagai jembatan integrasi pada jaringan yang memiliki ruang lingkup lebih kecil, contohnya adalah jaringan LAN dan MAN. Dengan kata lain, sebuah perusahaan bisa lebih mudah dalam mendapatkan sebuah informasi serta pembaruan terbaru.

3. Mendukung Kegiatan Operasional Perusahaan

Fungsi lainnya dari jaringan ini ialah sebagai pendukung kegiatan operasional perusahaan. Hal ini dapat bermanfaat dalam melancarkan kegiatan perusahaan tersebut. Tetapi, hal tersebut tidak bisa langsung di dapatkan begitu saja, perlu dilakukan pembangunan infrastruktur digital yang sesuai agar konektivitas jaringan dapat berjalan dengan lancar.

Jenis-Jenis Perangkat Jaringan WAN

Jenis-Jenis Perangkat Jaringan WAN

Agar dapat memiliki serta memanfaatkan sebuah jaringan WAN dengan baik, Anda memerlukan sebuah perangkat jaringan. Beberapa jenis perangkat jaringan WAN adalah seperti antena, modem, router, dan sebagainya. Berikut ini penjelasan mengenai perangkat-perangkat jaringan tersebut.

Antena

Antena merupakan sebuah alat yang proses penemuannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan hadirnya teknologi ini tentunya sangat memudahkan perlengkapan telekomunikasi dalam menangkap sebuah sinyal yang berikutnya akan diubah menjadi sebuah tulisan, gambar, ataupun suara.

Modem

Modulator demodulator atau yang biasa disebut sebagai modem merupakan sebuah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mengkoneksikan komputer, laptop, smartphone, ataupun perangkat elektronik lainnya dengan jaringan internet. Modem juga dapat berfungsi sebagai pengirim data pada smartphone dengan modulasi serta demodulasi sinyal

Router

Router merupakan sebuah perangkat yang memiliki fungsi sebagai alat transmisi paket data yang berasal dari jaringan internet menuju perangkat lain melalui sebuah proses routing. Selain itu, router juga dapat berfungsi dalam mendukung sebuah jaringan ketika sedang melakukan tugasnya, seperti konektivitas, fleksibilitas, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Jaringan WAN

Dalam prosesnya, sebuah jaringan Wide Area Network menggunakan dua buah komponen teknologi komunikasi, yaitu kabel transmisi serta komponen switching. Kabel transmisi tersebut berfungsi dalam memindahkan bit-bit pada suatu perangkat ke perangkat lainnya. Sedangkan komponen switching merupakan komponen pada sebuah perangkat khusus yang dipakai dalam mengkoneksikan dua buah kabel transmisi ataupun lebih.

Baca Juga:  Data Center Adalah? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Kerjanya

Demi memahami cara kerja dari jaringan WAN, berikut ini disajikan contoh kasus. Suatu perusahaan akan memilih serta menempatkan 1 buah komputer server untuk memenuhi kebutuhan akses basis data yang dimiliki.

Baca Juga : Topologi Ring Adalah: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangan

Selanjutnya, perangkat server tersebut akan mengirimkan semua informasi basis data serta pake data kepada seluruh jaringan yang ada sesuai dengan topologi. Topologi jaringan tersebut akan membantu seluruh perangkat perusahaan untuk mengakses semua informasi pada komputer server walaupun sedang berada di luar kota, pulau, bahkan luar negeri.

Contoh Jaringan WAN

Beberapa contoh populer dari jaringan WAN adalah internet, VPN, MPLS, dan lain sebagainya. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Internet

Internet menjadi salah satu contoh jaringan WAN terbesar yang ada di dunia. Internet sendiri terdiri dari banyaknya jaringan yang terhubung satu dengan lainnya. Internet memungkinkan Anda untuk terkoneksi ke berbagai macam situs web serta layanan daring pada lokasi yang berbeda-beda di seluruh dunia.

Multiprotocol Label Switching (MPLS)

Contoh selanjutnya adalah MPLS atau Multiprotocol Label Switching. MPLS merupakan sebuah teknologi WAN yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun para penyedia layanan internet. MPLS berfungsi untuk mengirimkan data melalui sebuah jalur yang optimal pada jaringan, sehingga waktu serta biaya yang dibutuhkan dalam mengirim sebuah data dapat berkurang.

Varian Private Network (VPN)

VPN atau Virtual Private Network ialah sebuah jaringan yang memakai koneksi internet dalam menghubungkan dengan jaringan Local Area Network atau LAN, sehingga akan terlihat seperti sebuah jaringan yang terkoneksi secara pribadi. VPN juga akan memungkinkan penggunanya untuk mengakses sebuah data dari jaringan perusahaan pada lokasi yang berbeda secara aman.

Baca Juga : Inilah 3 Kegunaan VPN dan Jenisnya

Kelebihan dan Kekurangan WAN

Sebelum memilih untuk menggunakan WAN, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui kelebihan serta kekurangannya. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, Anda jadi dapat memiliki gambaran tentang jaringan ini. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Jaringan Wide Area Network

Kelebihan pertama dari jaringan ini adalah dapat digunakan dalam melakukan transmisi data, file, serta resource menggunakan jaringan workstation. Anda juga akan mendapatkan informasi secara real time. Kelebihan berikutnya adalah Anda dapat menggunakan jaringan WAN untuk berbagi resources dengan memanfaatkan koneksi workstations.

Baca Juga:  5 Jenis Cyber Attack yang Rentan Terjadi!

Kekurangan Jaringan Wide Area Network

Kekurangan pertama dari jaringan ini adalah biaya pembangunan yang tergolong cukup besar. Kedua, jaringan WAN memiliki setingan yang lebih rumit. Kekurangan terakhir dari WAN adalah jaringan ini sangat rentan terhadap serangan dari dunia luar.

Itulah tadi penjelasan mengenai Wide Area Network. Bagi Anda yang sedang mencari kursus untuk memperdalam skill digital dapat mengikuti kursus di Coding Studio. Yuk segera daftar.

Related Articles