LAN Adalah: Definisi, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan Beserta Perbedaannya dengan MAN dan WAN

LAN Adalah Definisi, Fungsi, Kelebihan & Kekurangan Beserta Perbedaannya dengan MAN dan WAN

Saat ini untuk berkomunikasi dengan orang yang berada jauh di negara mana pun menjadi hal yang sangat mungkin dilakukan karena adanya kehadiran internet. Dalam jaringan internet diketahui beberapa istilah LAN, MAN dan WAN. Pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang LAN dan perbedaan ketiga jaringan tersebut.

LAN adalah singkatan dari Lokal Area Network yang merupakan salah satu jaringan komputer yang digunakan hanya pada cakupan wilayah lokal. Jadi jaringan yang satu ini dirancang khusus hanya untuk beroperasi pada wilayah yang kecil dan terbatas. Biasanya jaringan ini ditemukan di kompleks perkantoran, rumah, sekolah atau kafe. 

Pengertian Dan Fungsi LAN

Berikut ini akan dibahas sedikit pengertian serta fungsi dari LAN. Apa yang dimaksud dengan LAN? LAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang menyambungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya contohnya printer jaringan, smartphone hingga tablet yang mempunyai koneksi kabel maupun nirkabel bersama yang menuju ke server maupun gateway internet. 

Pengertian Dan Fungsi LAN

Cakupan dari jaringan yang satu ini hanya pada satu area fisik saja contohnya di sekolah, tempat kerja, ruang ritel, lab, kampus atau rumah. Jadi jaringan ini hanya bisa digunakan pengguna yang berada di area LAN saja. LAN akan menyambungkan perangkan ke jaringan internet dengan melalui perangkat jaringan sederhana. 

Baca Juga : MAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh, Skema Jaringan, Kelebihan dan Kekurangannya

Komponen jaringan LAN itu sendiri terdiri dari workstation, server, link, network interface card, dan network software yang lebih lanjut akan dibahas di bawah ini.

Baca Juga:  Apa Itu KPI (Key Performance Indicator)? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menghitungnya

– Workstation

Workstation merupakan perangkat komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang berguna untuk keperluan pekerjaan berat contohnya perhitungan ilmiah maupun bidang teknik. Keberadaan workstation ini digunakan untuk mempermudah serta meningkatkan produktivitas pekerjaan. 

– Server

Komponen selanjutnya, server merupakan sistem dalam komputer yang mempunyai layanan khusus seperti penyimpanan data. Server memiliki peran yang penting dalam hal menyediakan layanan akses cepat dalam mengirim atau menerima data dan informasi yang tersedia di server. 

– Link

Komponen selanjutnya yang ada pada jaringan LAN yaitu link. Link merupakan bagian dari LAN yang memiliki fungsi untuk menghubungkan semua peralatan contohnya workstation dengan server secara fisik. 

– Network interface card

Network interface card biasa disingkat dengan NIC merupakan perangkat keras yang ada di jaringan. Jadi secara fisik bentuknya mirip kartu ekspansi yang memungkinkan masing-masing komputer bisa terhubung dengan jaringan melalui kabel jaringan. 

– Network software

Network software merupakan komponen pada LAN yang berfungi untuk menjalankan jaringan LAN supaya dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sesuai namanya, network software ini diartikan juga sebagai perangkat lunak. 

Fungsi Jaringan LAN

Informasi selanjutnya, fungsi dari jaringan LAN adalah sebagai berikut.

Fungsi Jaringan LAN

– Menyambungkan dua komputer

Fungsi jaringan LAN adalah untuk menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih melalui media perantara ataupun secara langsung. Jadi pada jaringan ini untuk menghubungkan 2 komputer dapat dilakukan secara langsung dengan menggunakan kabel UTP. Sementara untuk menghubungkan banyak komputer, diperlukan perangkat lainnya seperti switch atau hub. 

– Memindahkan file ke komputer lainnya

Fungsi selanjutnya jaringan ini juga bisa memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa perlu bolak-balik memasukkan flashdisk. Hal tersebut karena cara memindahkan dengan jaringan ini dilakukan dengan metode sharing pada suatu komputer. 

– Sharing printer

Tidak hanya sharing file atau data, jaringan ini juga berfungsi untuk berbagai printer. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi para pengguna karena akan dimudahkan dalam penggunaannya serta menghemat biaya. 

– LAN chatting

Menariknya jaringan ini juga berfungsi sebagai media chatting yang bisa mengirim pesan antar komputer di area LAN. Jadi tanpa harus tersambung dengan internet para pengguna yang berada di daerah LAN tetap bisa chatting dan online ke sesama komputer. 

Baca Juga:  Topologi Mesh Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Karakteristik

– Remote komputer

Biasanya aktivitas remote komputer bisa dilakukan dengan perangkat lunak dan harus tersambung dengan internet. Namun pada jaringan LAN, Anda bisa melakukan remote komputer tanpa harus tersambung dengan internet. Caranya Anda bisa memanfaatkan fitur yang ada pada remote dekstop manager untuk mengontrol komputer yang ada di jaringan LAN. 

Jenis-jenis Kabel LAN?

Jenis-jenis Kabel LAN

– Kabel coaxial

Kabel coaxial memiliki dua buah penghantar. Pada bagian inti, material yang terkandung di dalamnya berupa tembaga. Sementara pada bagian luarnya dibungkus dengan material isolasi yang digulung penghantar. 

– Kabel UTP

Kabel UTP disebut juga Unshielded Twisted Pair, kabel ini biasa digunakan di ruangan. Cara membuat kabel LAN bisa dilakukan dengan melepas bagian ujung kabel UTP sampai kira-kira 2 cm. 

Selanjutnya urutkan warna sesuai dengan standar, potong dan ratakan. Kemudian kabel bisa dimasukkan ke konektor RJ-45 dengan posisi yang benar. Terakhir lakukan krimping sampai konektor RJ 45 telah menggigit kabel. 

– Kabel STP

Kabel STP merupakan singkatan dari Shielded Twisted Pair. Konsep kabel ini tidak jauh berbeda dengan UTP. Perbedaannya kabel ini sudah dilengkapi dengan proteksi. 

Bagaimana Cara Kerja Jaringan LAN?

Sebenarnya jaringan LAN memiliki cara kerja yang hampir sama dengan jaringan internet lainnya. Namun pada jaringan ini, jaringan yang digunakan akan tersambung komputer secara bersamaan. Selain itu jaringan ini juga menyediakan akses bersama untuk printer, file dan lainnya. 

Baca Juga : WAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Contoh, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sementara pada arsitektur jaringannya, LAN termasuk dalam jenis peer to peer maupun client server. Jadi berdasarkan arsitektur jaringan ini, beberapa perangkat telah terhubung ke server secara langsung. Jadi dengan begitu perangkat klien dapat mengakses aplikasi sampai menyimpan berbagai file tertentu di dalamnya. 

Kelebihan dan Kekurangan LAN 

Kelebihan

Kelebihan dari jaringan LAN adalah memiliki jangkauan yang sangat kecil yaitu di area lokal saja. Jadi karena memiliki jangkauan yang kecil, biaya yang diperlukan tidak terlalu besar, kabel yang digunakan juga tidak terlalu panjang. 

Baca Juga:  Topologi Bus Adalah? Pengertian dan Kelebihan

Kelebihan selanjutnya, koneksi transfer data yang dimiliki jaringan ini cukup cepat. Selain itu jaringan ini juga tidak memerlukan operator dalam membuat jaringan. 

– Kekurangan

Kekurangan dari jaringan ini dilihat dari area jangkauannya yaitu memiliki jangkauan yang kecil dan terbatas. Oleh karena itu luas wilayah koneksinya juga terbatas. 

Selain itu karena masing-masing komputer bisa mengakses setiap perangkat masing-masing pengguna maka tingkat keamanannya juga rendah. Lalu jika terjadi masalah pada komputer server maka akan berakibat ke seluruh jaringan LAN yang ada juga. 

Perbedaan LAN, MAN, dan WAN

Perbedaan dari ketiga jaringan komputer ini jika dilihat dari kecepatan koneksi yang dimiliki LAN adalah jaringan internet yang cocok digunakan pada beberapa ruangan sedangkan MAN sangat cocok untuk koneksi jaringan yang lebih besar dari LAN. Sementara WAN memiliki koneksi jaringan paling luas.

Demikian informasi yang bisa disampaikan tentang LAN, untuk mempelajari tentang jaringan bisa mengikuti kursus online dari Coding Studio, yuk segera gabung.

Related Articles