Apa Itu Intranet? Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Contohnya

Apa Itu Intranet Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Contohnya

Intranet adalah jaringan informasi yang termasuk diantaranya ruang lingkup sempit dan bahkan privat jika dibandingkan dengan internet. Sistem ini untuk ruang kerja digital pada perusahaan agar lebih fokus dengan dokumen.

Intranet bermanfaat dalam memudahkan komunikasi secara efektif, hemat biaya dan juga dapat meningkatkan produktivitas kerja. Setelah Anda memahami apa itu intranet, simak juga tentang sejarah, manfaat dan contohnya di bawah ini.

Sejarah Intranet

Sejarah kehadiran intranet sebenarnya bersamaan dengan penemuan WWW di tahun 1989. Jaringan intranet kemudian diperkenalkan di sekitar tahun 1995 oleh sejumlah provider dengan bentuk manajemen pelanggan, web perusahaan dan pengiriman atau produktivitas dokumen rahasia. Perkembangan di sistem ini semakin banyak dimanfaatkan karena penggunaan internet di dunia semakin meningkat.

Komponen Intranet Paling Penting

Beberapa komponen penting yang dibutuhkan untuk membangun jaringan intranet antara lain:

Komponen Intranet Paling Penting

1. Network Interface Card (NIC)

NIC merupakan perangkat yang bisa menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya.

2. Komputer

Komputer adalah salah satu bagian yang paling penting dalam suatu jaringan intranet sebab jaringan intranet akan menghubungkan sejumlah komputer yang ada.

3. Konektor Kabel

Konektor kabel merupakan media untuk menghubungkan kabel dan port yang terdapat di komputer.

Baca Juga:  Web Scraping: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya

4. Kabel Jaringan

Komponen penting lainnya pada intranet adalah kabel jaringan yang berguna untuk media transmisi satu komputer dengan komputer yang lainnya.

5. Brigde dan Switch

Komponen tersebut berfungsi untuk menghubungkan sejumlah jaringan yang berbeda.

6. Hub

Hub adalah perangkat keras yang mempunyai perang penting pada jaringan intranet, yaitu sebagai penghubung satu komputer dengan komputer yang lainnya.

7. Repeater

Repeater merupakan perangkat yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang telah ditransmisi dari satu komputer dengan komputer yang lainnya.

8. Router

Perangkat yang terakhir adalah router yang berguna untuk penghubung antar dua maupun lebih jaringan untuk meneruskan data di satu jaringan ke jaringan yang lain.

Nah, begitulah beberapa contoh komponen yang sangat penting di dalam jaringan intranet.

Manfaat Intranet Bagi Perusahaan

Manfaat Intranet Bagi Perusahaan

Pemanfaatan jaringan intranet di sebuah perusahaan akan memberikan banyak manfaatnya, seperti:

1. Hemat Biaya

Dengan menggunakan intranet, maka koordinasi dan pengaturan produktivitas kerja lebih mudah karena bisa menghindari pemborosan biaya dan waktunya juga. Dengan begitu, pekerjaan jadi mudah diselesaikan dengan efisien dan cepat.

2. Memudahkan Komunikasi

Intranet adalah sarana komunikasi yang efektif, jadi koordinasi antar divisi di dalam perusahaan berjalan dengan lancar, baik pada struktur horizontal maupun vertikal.

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Jaringan intranet termasuk sarana yang mampu membagikan informasi, data dan sejumlah instruksi kerja ke karyawan di suatu perusahaan. Akses tersebut bisa mendorong produktivitas kerja para karyawan dengan baik.

Seperti itulah beberapa manfaat penggunaan jaringan intranet bagi perusahaan yang bisa didapatkan.

Implementasi Intranet

Implementasi atau carak kerja intranet umumnya dilakukan dengan cara menggabungkan sejumlah jaringan jadi sistem protokol supaya dapat mengatur lalu lintas informasi, format data dan komunikasi. Ada juga web server yang berfungsi untuk mengelola file yang telah di-hosting pada server serta mengatur pengiriman data ke sejumlah komputer yang lainnya.

Contoh Intranet

Contoh penggunaan jaringan intranet yang paling umum adalah jaringan antar komputer di antar sekolah, jaringan komputer di area gedung, jaringan antar komputer di perusahaan atau perkantoran dan jaringan antar komputer di kampus.

Baca Juga:  Mengenal Peran Algoritma Natural Language Interpretation

Kelebihan dan Kelemahan Intranet

Intranet termasuk salah satu jaringan yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan. Nah, kelebihan penggunaan jaringan intranet yang secara umum adalah:

Kelebihan dan Kelemahan Intranet

Kelebihan Intranet

1. Terjaga Keamanannya

Intranet merupakan jaringan yang keamanannya cukup terjaga sebab dilindungi oleh password, firewall dan seluruh datanya juga telah terenkripsi. Dengan begitu, jika pengecekan dilakukan secara rutin akan membuat seluruh data perusahaan tetap terjaga.

2. Informasi Mudah Diakses

Informasi yang ada di dalam intranet sangat mudah diakses bagi karyawan di perusahaan asalkan mereka masih terdaftar di dalam database dan sistemnya.

3. Semua Karyawan Dapat Menerima Informasi

Seluruh karyawan bisa menerima informasi dengan cepat dan seragam, sehingga hal ini dapat mengurangi terjadinya miskomunikasi.

4. Memudahkan Komunikasi Antar Pekerja

Jaringan intranet sangat memudahkan komunikasi antar karyawan, sehingga diskusi maupun brainstorming bisa berjalan dengan lancar serta efektif.

Nah, seperti itulah beberapa kelebihan dari jaringan intranet yang perlu Anda ketahui.

Kekurangan Intranet

Kekurangan-kekurangan jaringan intranet adalah:

1. Pengembangan Jaringan yang Sulit

Pengembangan jaringan intranet di dalam perusahaan biasanya cukup sulit dan membutuhkan penanganan secara khusus, jadi akan membutuhkan tenaga ahli yang dapat memantaunya.

2. Berpotensi Overload

Dengan jaringan intranet, kemudahan mengirimkan pesan antar karyawan lebih mudah dan hal ini justru bisa menimbulkan potensi overload.

3. Memerlukan Pelatihan

Penggunaan intranet membutuhkan pelatihan untuk para penggunanya supaya koordinasi berjalan dengan lancar.

Nah, seperti itulah kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam jaringan intranet.

Perbedaan Internet dan Intranet

Sejumlah perbedaan antara intranet dan internet bisa dilihat dari beberapa hal, seperti:

1. Aksesibilitas

Internet bisa mengakses informasi di dalamnya, sedangkan intranet khusus jaringan yang memberikan akses ke anggota perusahaan apabila mereka dapat memasikkan password dan tanda pengenal.

2. Keamanan

Internet dapat diakses oleh siapa saja, sehingga mempunyai keamanan yang tidak seketat intranet sebab dilindungi oleh enkripsi, firewall dan password.

3. Jenis Jaringan

Intranet termasuk jenis jaringan yang private sebab dimiliki oleh suatu perusahaan atau organisasi. Sedangkan, internet sifatnya umum, jadi bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah.

Baca Juga:  Apa Itu Marketing Mix: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Strateginya

4. Koneksi

Koneksi di jaringan intranet lebih cepat sebab lingkup jaringannya lebih sempit dibandingkan dengan internet.Jadi, berdasarkan penjelasan di atas intranet adalah jaringan informasi yang memiliki ruang lingkup sempit dan termasuk jenis jaringan privat. Bagi Anda yang ingin mengembangkan skill website development harus mengikuti kursusnya hanya di Coding Studio.

Related Articles