microsoft-office

Jenis Microsoft Office dan Kegunaannya

Ketika kamu akan mengoperasikan komputer, tentunya tidak akan terlepas dari sejumlah aplikasi yang tergabung dalam Microsoft Office. Melalui software inilah segala pekerjaan bisa dilakukan secara mudah, baik untuk mengetik banyak kata, menghitung data, dan sebagainya.

microsoft-office
microsoft-office

Ada berbagai jenis aplikasi yang tersedia dalam Microsoft Office. Mulai dari Word, Excel, Power Point, Outlook, dan sebagainya. Nah, untuk memahami lebih jauh mengenai jenis-jenis Microsoft Office ini, berikut akan disampaikan sejumlah ulasannya.

Ini yang Termasuk Microsoft Office

Karena termasuk program software yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, Microsoft Office sendiri memiliki sejumlah jenis dan versinya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Microsoft Word

Kamu pasti sudah sering menggunakan software yang khas dengan logo berwarna biru ini. Sejak pertama kali dirilis pada tahun 1980-an, Microsoft Word sudah memiliki banyak versi, hingga versi 2021 saat ini.

Biasa disebut Ms.Word atau Word saja, software ini memang memiliki berbagai fungsi yang penting bagi kehidupan perkantoran ataupun pribadi. Entah untuk mengolah berbagai dokumen seperti surat, artikel, bahkan berbagai laporan dan proposal.

Dengan kata lain, Word digunakan untuk mengolah berbagai dokumen yang memuat berbagai kata dan kalimat.

2. Ms.Excel

Selain Word, aplikasi lain yang terkenal dari Office adalah Excel yang sering digunakan untuk mengolah berbagai data dan angka secara langsung dan mudah. Adapun hal yang bisa kamu lakukan dengan software ini adalah membuat tabel, laporan keuangan, data statistik, dan sebagainya.

Jika kamu adalah seorang akuntan atau orang yang bekerja dengan data dan angka, tentu sudah akrab dengan aplikasi yang satu ini. Apalagi di sini terdapat berbagai rumus yang sudah pasti harus dikuasai.

Ya, untuk melakukan penghitungan atau logika tertentu, seorang pengguna Ms.Excel memang harus menggunakan formula atau rumus tertentu. Penghitungan seperti ini nantinya akan menjadi dasar pembuatan data dan tabel, grafik, maupun berbagai manajemen data lainnya.

3. Power point

Merupakan paket aplikasi pada Ms. Office yang kerap digunakan sebagai media presentasi. Bentuknya yang berupa slide dapat diisi dengan berbagai point-point untuk kegiatan pengajaran, presentasi laporan kantor, bahkan membuat animasi yang sederhana.

Kamu bahkan bisa menambahkan sejumlah tambahan gambar bergerak, tulisan, atau sejumlah efek tertentu pada slide presentasi sehingga lebih menarik. Kelebihan lain yang bisa diperoleh dari software ini yakni hasil pembuatan slide yang dapat digunakan dalam berbagai format seperti JPEG (gambar) atau bahkan PDF.

4. Outlook

Bisa dibilang, software yang satu ini digunakan sebagai email untuk pengguna Ms.Office. Di sini, kamu bisa membaca, mengirim, atau bahkan mengatur email secara cepat dan langsung.

Meskipun dari segi tampilan sangat sederhana, namun bagi yang belum terbiasa tentu akan cukup kesulitan. Apalagi jika sudah terbiasa berkirim email menggunakan platform lain seperti Gmail atau Yahoo.

Sejatinya, Outlook memiliki beragam fungsi yang menarik, seperti fungsi kalender, jadwal, jurnal, hingga berbagai catatan khusus. Bahkan Outlook juga cukup mudah digunakan di berbagai perangkat, termasuk handphone sehingga kamu bisa berbagai data dari mana saja dan kapan pun secara mobile.

5. Visio

Ms. Office juga memberikan fasilitas lain berupa Ms. Visio untuk membuat berbagai flowchart atau diagram alir. Dengan aplikasi ini, kamu yang ingin membuat chat untuk brainstorm atau membuat skema jaringan bisa sangat mudah menjalankannya.

Tentunya, aplikasi seperti ini sangat membantu pekerjaan kantor atau jika kamu masih sekolah. Dengan begitu, diagram tersebut tidak dibuat secara manual namun sudah menggunakan program tersendiri secara langsung.

Meskipun dari segi tools dan fiturnya cukup mudah dipahami, namun memang tidak semua orang bisa langsung bisa menggunakan Visio ini. Apalagi cukup jarang tutorial visio dan kebanyakan software yang tidak gratis. Padahal, fitur yang disediakan sangat memungkinkan kamu untuk membuat berbagai flowchat dengan tampilan yang jauh lebih menarik.

6. Ms. Access

Merupakan salah satu aplikasi atau program yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai data. Agak berbeda dengan Excel di mana software ini bisa menampilkan grafis yang lebih mudah dipahami dan pengelolaan berbagai data alias database.

Di database ini, kamu bisa mengumpulkan berbagai arsip data berupa tabel yang saling berkaitan demi bisa menghasilkan berbagai informasi. Oleh karenanya, data-data tersebut digunakan sebagai masukan untuk diolah menjadi sebuah informasi.

Ada beberapa fungsi yang biasa digunakan pada Ms. Access ini, misalnya untuk membuat program atau aplikasi persediaan barang, membuat program gaji, hingga aplikasi kehadiran. Memang bisa menggunakan software office yang lain, namun dengan Access, kamu dapat mengolah database dengan lebih mudah.

7. Ms. One Note

Merupakan aplikasi office yang kerap digunakan sebagai media catatan. Di sini, kamu tidak hanya bisa menuliskan berbagai catatan namun juga bisa memasukkan objek tertentu, corat-coret membuat gambar, menampilkan screenshot dan komentar, bahkan membagikannya ke rekan kerja.

Berbeda dengan Word, di sini kamu bisa menulis apapun dan menempatkannya di sembarang tempat yang disukai. Dengan begitu, kamu bisa mencatat berbagai ide, menuliskan To Do List, bahkan membuat rencana project dengan lebih mudah. Bahkan, aplikasi ini bisa sinkron dan terintegrasi dengan sejumlah software seperti SkyDrive, Office, dan lainnya.

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Kendati demikian, fitur yang disediakan cukup terbatas. Jika kamu ingin mendapatkan layanan yang lebih premium, tentunya kamu bisa berlangganan paket aplikasi yang telah disediakan.

Kenapa Harus Menguasai Microsoft Office

Di zaman yang sudah maju dan serba digital seperti ini, rasanya penggunaan berbagai aplikasi Office sudah menjadi kebutuhan dan hal yang harus dikuasai. Berbagai data dan laporan yang dibuat menggunakan office tentu akan jauh lebih rapi dan bisa digunakan secara lebih maksimal.

Menguasai Ms. office juga bisa menjadi bekal penting dalam memasuki dunia kerja. Misalnya Word untuk membuat CV atau surat lamaran, adanya kemampuan mengolah data menggunakan Excel, dan sebagainya. Dengan bekal ini, tentu rekruiter akan lebih suka dan kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan laporan, data, dan berbagai presentasi juga bisa selesai lebih cepat jika kamu menguasai Office ini. Kerja akan lebih efisien dan tidak mengeluarkan banyak tenaga ataupun biaya.

Untuk itu, buat kamu yang belum benar-benar menguasai Office ini, ada baiknya jika mengikuti sejumlah kursus yang tersedia secara langsung atau online. Kursus ini juga ada yang gratis meskipun beberapa di antaranya berbayar. Bahkan jika pelatihan atau kursus tersebut mempunyai sertifikasi, tentu juga akan menjadi poin tambahan untuk karirmu ke depannya.

Itulah sejumlah hal mengenai Microsoft office seperti Word, Excel, Power point, dan aplikasi lain yang mungkin jarang kamu ketahui. Nah, apakah kamu sudah menguasai semua software Office ini? Yuk belajar bersama Coding Studio!