MAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh, Skema Jaringan, Kelebihan dan Kekurangannya

MAN Adalah Pengertian, Fungsi, Contoh, Skema Jaringan, Kelebihan dan Kekurangannya

Apakah Anda mendengar sebuah istilah jaringan MAN? MAN adalah akronim dari Metropolitan Area Network, sesuai dengan namanya jaringan tersebut paling banyak digunakan pada wilayah metropolitan. Lalu, sebenarnya apa itu MAN?

Berikut ini adalah informasi lebih lanjut tentang pengertian MAN karakteristik dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan jaringan MAN. 

Pengertian dan Fungsi Jaringan MAN

Pengertian dan Fungsi Jaringan MAN

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya MAN merupakan jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah metropolitan contohnya kota atau kampus. Jaringan MAN juga dapat dikatakan sebagai gabungan dari jaringan LAN  yang menjadi satu hingga membentuk jaringan yang lebih luas. 

Baca Juga : WAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

MAN adalah jaringan komputer yang bisa mencakup area lebih luas serta menggunakan teknologi lebih canggih dibanding LAN. Jangkauannya tidak tanggung-tanggung, untuk cakupan metropolitan biasanya bisa menjangkau sampai 10 atau 50 km. 

Jaringan ini biasanya digunakan dalam membangun jaringan antar kantor, instansi yang berada masih dalam satu kota. Adapun  karakteristik jaringan MAN yaitu sebagai berikut.

– Jaringan MAN biasanya tidak dimiliki satu organisasi

Ciri yang pertama umumnya sebuah MAN tidak dimiliki satu organisasi namun biasanya dimiliki oleh salah satu konsorsium dari pengguna. Jadi penyedia layanan tersebut akan menyediakan pelayanan jaringan kepada pengguna lainnya. 

– MAN termasuk dalam jaringan berkecepatan tinggi

Ciri selanjutnya, karena memiliki cakupan wilayah yang lebih luas dari LAN, MAN dapat bertindak sebagai jaringan yang memiliki kecepatan tinggi. Dengan kecepatan yang dimiliki ini, memungkinkan jaringan dapat berbagai sumber daya daerahnya. Hal tersebut juga sering digunakan dalam menyediakan koneksi bersama. 

Baca Juga:  SFTP Adalah: Pengertian dan Bedanya Dengan FTP

– MA mempunyai satu atau dua buah kabel

Karakteristik lainnya yang bisa membedakan MAN dengan jaringan lainnya yaitu MAN hanya mempunyai satu atau dua buah kabel. Selain itu jaringan ini juga tidak mempunyai elemen switching yang berguna untuk mengatur paket dari beberapa output. 

Fungsi Jaringan MAN

Adapun fungsi jaringan MAN adalah sebagai berikut.

Fungsi Jaringan MAN

– Menghubungkan banyak perangkat pada area yang luas

Fungsi utama jaringan ini yaitu menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya di area yang luas. Jaringan ini juga bisa menghubungkan beberapa server jaringan LAN sehingga server tersebut juga bisa berkomunikasi dan bertukar data. 

– Sentralisasi firewall

Fungsi selanjutnya yaitu memberikan sentralisasi firewall. Seperti yang dilansir dari Techopedia, jaringan ini mempunyai titik gatekeeping yang lebih terpusat untuk internet maka dari itu bisa mengurangi berbagai masalah yang datang seperti dari virus, malware atau serangan lainnya. Hal inilah yang membuat MAN menjadi lebih aman digunakan. 

– Sebagai kecepatan komunikasi

Jaringan MAN juga memberikan kecepatan dalam berkomunikasi dan bertukar informasi. Diketahui jaringan ini mempunyai bandwidth yang tinggi hingga bisa memberikan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 1 GB hingga 100 GB per detik.  

Beberapa Contoh Jaringan MAN

Untuk contohnya, sebetulnya ada banyak sekali contoh MAN yang biasa ditemukan di Indonesia. Selain itu bisa jadi secara tidak sadar, Anda menjadi salah satu penggunanya. Berikut ini adalah beberapa contoh dari jaringan MAN:

– Jaringan bank

Contoh jaringan MAN yang pertama yaitu jaringan bank. Seperti yang diketahui dalam satu kota terdapat beberapa cabang yang bisa dihubungkan melalui jaringan komputer yang tidak lain adalah jaringan MAN. 

Terdapat beberapa kantor cabang yang ada dalam kota yang terkoneksi satu dengan yang lain. Contohnya terdapat bank X yang terhubung menggunakan jaringan MAN di wilayah Jabodetabek yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. 

– Jaringan internet di kampus

Contoh lainnya yang menggunakan jaringan MAN yaitu jaringan yang ada pada gedung di dalam kampus. Contohnya jaringan kampus Y yang digunakan untuk produk layanan kampus Y tersebut. Kabel optik yang memiliki kapasitas 1 Gbps bisa menghubungkan gedung utama yang ada pada kampus tersebut. 

Baca Juga:  Mengenal OWASP: Standar Keamanan Website Dunia

Bagaimana Skema Jaringan MAN?

Skema Metropolitan Area Network (MAN) itu sendiri bisa dimisalkan seperti kantor pusat dengan kantor cabang. Jadi MAN berperan sebagai pusatnya sementara LAN akan berperan sebagai cabang. Nantinya pada jaringan ini, MAN akan menghubungkan LAN satu dengan lainnya untuk bisa saling terhubung dan bertukar data. 

Dalam menghubungkan satu LAN dengan yang lain bisa menggunakan dua jenis koneksi. Jenis koneksi yang pertama yaitu koneksi wireless, sedangkan jenis yang kedua menggunakan kabel fiber optic. 

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN?

Setiap jaringan pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya. Termasuk juga pada jaringan Metropolitan Area Network. Berikut ini pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Jaringan MAN.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan MAN

Kelebihan MAN

Kelebihan pertama adalah jaringan ini mendukung pengiriman data berkecepatan tinggi. Hal ini sangat membantu bagi sebuah perusahaan, instansi pemerintahan, ataupun perorangan dalam melakukan pengiriman data dengan jumlah yang sangat besar secara cepat. 

Kelebihan selanjutnya dari jaringan MAN adalah dapat mendukung berbagai macam protokol jaringan. Mulai dari SONET, Ethernet, hingga MPLS yang berguna untuk melakukan manajemen traffic serta memastikan bahwa komunikasi aman. Selain itu, MAN juga mendukung berbagai macam aplikasi maupun perangkat.

Kelebihan ketiga, dengan menggunakan jaringan MAN Anda dapat meningkatkan keamanan jaringan. Hal ini dikarenakan jaringan MAN memiliki berbagai macam fitur keamanan, mulai dari VPN, firewall, sistem pendeteksi serta pencegahan gangguan. Sistem keamanan tersebut dapat sangat berguna dalam memastikan keamanan pada saat melakukan pengiriman data melalui jaringan.

Kelebihan berikutnya adalah dapat menjadikan manajemen dari sebuah jaringan menjadi lebih terpusat. Hal ini dikarenakan jaringan MAN dapat mengkoneksikan beberapa jaringan LAN serta WAN secara sekaligus. Dengan terpusatnya manajemen jaringan membuat perawatan serta pengawasan dari sistem jaringan menjadi lebih efektif.

Kelebihan terakhir adalah jaringan ini memiliki kemampuan skalabilitas. Maksudnya adalah jaringan ini bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan ataupun instansi. Hal ini sangat bermanfaat ketika sebuah instansi akan menambahkan sebuah jaringan LAN baru di jaringan MAN, hal tersebut dapat dilakukan tanpa mengganggu jaringan yang ada.

Baca Juga:  5 Distro Linux yang Perlu Kamu Ketahui

Kekurangan MAN

Kekurangan pertama pada jaringan MAN adalah dari segi biaya. Biaya pembangunan sebuah jaringan MAN sangatlah tinggi, apalagi jika sebuah perusahaan memiliki banyak kantor cabang. Selain untuk pembangunan, biaya perawatan jaringan ini juga sangat tinggi dikarenakan perawatan yang harus dilakukan secara rutin.

Kedua adalah masalah kompleksitas. Jaringan ini memiliki tingkat kompleksitas yang sangat tinggi pada masalah desainnya. Sehingga dalam kegiatan perencanaan hingga operasional membutuhkan seorang profesional yang sudah memiliki pengalaman pada bidang ini.

Berikutnya adalah dari segi jangkauan jaringannya. MAN memiliki jangkau yang dapat dikatakan sangat terbatas pada satu wilayah saja. Sehingga apabila sebuah instansi atau perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang tidak bisa hanya menggunakan jaringan ini, tetapi membutuhkan jaringan lainnya.

Kekurangan keempat adalah single point of failure. Apabila terjadi sebuah kesalahan atau error pada titik penghubung pusat MAN, hal tersebut akan mempengaruhi seluruh jaringan yang ada dan bisa menyebabkan downtime.

Kekurangan terakhir jaringan MAN adalah memiliki resiko terjadi serangan siber. Walaupun pada jaringan MAN mempunyai sebuah sistem keamanan yang banyak, tetapi resiko terjadinya serangan seperti hacking atau malware bisa saja muncul secara tiba-tiba.

Demikian informasi tentang jaringan MAN, bagi yang ingin mempelajari skill untuk membangun jaringan, Coding Studio adalah jawabannya. Yuk segera daftar.

Related Articles