Mengenal Jaringan 5G, Pengertian, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Jaringan 5G adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menyebutkan generasi kelima di telekomunikasi seluler. 5G merupakan jaringan yang dirancang dengan memberikan kecepatan data lebih tinggi 10 sampai 100 kali dibandingkan 4G.

Kelebihan ini memudahkan pengguna jaringan seluler bisa mengunduh lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Supaya lebih paham mengenai apa itu jaringan 5G, simak juga perkembangan, contoh, kelebihan dan kekurangan dan perbedaannya dengan jaringan 4G di bawah ini.

Perkembangan Jaringan 5G

Jaringan 5G adalah bukti dari inovasi bidang telekomunikasi yang dilakukan secara terus menerus. Setelah jaringan 4G sekarang sudah tersedia jaringan 5G yang sudah bisa Anda nikmati. Meski teknologi 4G masih cukup memadai, namun kemajuan teknologi pastinya akan terus berjalan. Di jaringan 5G, sistem kerjanya masih sama seperti biasanya. 

Perkembangan Jaringan 5G

Data dikirimkan dari gelombang radio dan jadi frekuensi yang mempunyai berbedaan. Meskipun sudah ada 3G dan 4G, namun semua gelombang radio tersebut akan dioptimalkan seiring dengan perkembangan zaman. Jaringan 5G pertama kalinya ditawarkan di Korea Selatan di tahun 2019. 

Di Indonesia, jaringan 5G resmi diluncurkan di bulan Mei 2021 dan masih terbatas. Telkomsel adalah operator seluler yang pertama menyediakan jaringan 5G.

Contoh Jaringan 5G

Contoh penggunaan jaringan 5G di masyarakat adalah cloud gaming, robot patroli, virtual reality dan augmented reality. Nah, untuk melihat contoh penggunaan jaringan 5G lebih jelas ada di bawah ini:

Penggunaan Drone 5G

Pengguna 5G yang paling menarik dan populer saat ini adalah drone. Teknologi ini bisa dipakai untuk mendukung kota pintar dan salah satu contohnya pada penggunaan drone 5G. Jaringan 5G bisa meningkatkan kinerja drone dan bisa dipakai di sejumlah sektor termasuk pemantauan lalu lintas.

Baca Juga:  Cara Kerja Hacker dan Cara Terhindar dari Peretasan

Manfaat drone 5G ini untuk meningkatkan pemindaian objek, memantau pergerakan kendaraan secara real-time, memberikan kualitas gambar HD dan meningkatkan efisiensi waktu saat melakukan pengawasan. 

Streaming Video dan Bermain Game Lebih Lancar

Contoh penggunaan jaringan 5G adalah yang paling banyak adalah untuk streaming video dan bermain game. Bagi Anda yang suka mencari hiburan dengan kualitas video HD harus mencoba jaringan 5G. Jaringan 5G akan meningkatkan pengalaman streaming video dengan kualitas gambar terbaik. 

Saat bermain game akan merasakan lebih stabil jaringannya dan memberikan pengalaman lebih baik. Saat mengunduh file dengan ukuran besar akan lebih cepat menggunakan jaringan 5G. Sayangnya masih daerah yang sudah tersedia jaringan 5G masih terbatas dan hanya bisa didapatkan di beberapa kota besar di Indonesia. 

Begitulah beberapa contoh penerapan jaringan 5G yang bisa Anda rasakan saat ini di kehidupan sehari-hari. 

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

Kelebihan-kelebihan jaringan 5G yang perlu Anda ketahui adalah:

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

1. Tidak Memiliki Delay

Hal menarik yang ditawarkan di jaringan 5G adalah hampir tidak memiliki delay. Jaringan 5G mempunyai waktu delay kurang lebih 4 sampai 5 milidetik saja sehingga tergolong sanga cepat. 

Bahkan dapat dikurangi 1 milidetik waktu delay nya jadi harus Anda coba. Waktu delay yang sangat singkat ini membuat pengguna dapat streaming video dengan resolusi tinggi tanpa adanya buffering. Pengalaman bermain game akan semakin terasa jika perangkat Anda sudah mendukung jaringan 5G. 

2. Koneksi Lebih Luas

Meskipun masih mengusung OFDM, jaringan 5G menawarkan kelebihan dari 4G yang memiliki subcarrires spacing 15 kHz saja dan di jaringan 5G lebih dari itu. Kapasitas yang besar sampai 100 kali ini membuat 5G bisa beradaptasi dengan sejumlah perangkat.

3. Hemat Energi

Dari awal jaringan 5G tersedia, memang bisa mengurangi pemakaian energi. Kemampuan mengurangi pemakaian energi di jaringan 5G lebih hemat 10%. Kecepatan transmisi data juga sangat cepat dan menyimbang kontribusi besar untuk menciptakan teknologi hemat energi. 

Seperti itu kelebihan-kelebihan penggunaan jaringan 5G yang bisa Anda rasakan. Bagi Anda yang ingin menikmati jaringan 5G di ponsel harus memastikan ponsel yang dimiliki sudah support jaringan 5G. 

Baca Juga:  Native Advertising Adalah: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kekurangan jaringan 5G yang perlu dipahami adalah:

1. Privacy dan Keamanan 

Kekurangan jaringan 5G adalah memiliki masalah pada segi privacy dan keamanan. Kemudahan transfer dana dengan kualitas tinggi menyebabkan rentan terhadap tingkat keamanan di jaringan 5G. Terkait keamanan digital untuk melindungi perusahaan, Anda bisa mengikuti kursus Cyber Security melalui Coding Studio.

2. Frekuensi Radio Penuh

Spektrum radio sudah penuh pada 3G dan 4G yang sudah tersedia lebih dahulu dari jaringan 5G. Hal ini memungkinkan jika kehadiran jaringan 5G bisa menimbulkan masalah sebab susunan pita frekuensi selama ini sudah cukup padat.

3. Daya Tembus Minim

Meskipun koneksi jaringan 5G cepat, namun memiliki daya tembus sangat minim. Hal ini tidak seperti jaringan 4G atau sebelumnya sehingga jaringan 5G tidak optimal untuk menembus penghalang, seperti beton, tembok, gedung, pohon dan yang lainnya.

Itulah sejumlah kekurangan yang dimiliki jaringan 5G, meskipun demikian tetap banyak masyarakat yang ingin merasakan jaringan 5G di perangkat mereka.

Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Perbedaan Jaringan 4G dan 5G

Perbedaan-perbedaan jaringan 4G dan 5G adalah:

Kecepatan dan Akses Internet

Perbedaan jaringan 5G dan 4G yang paling utama dapat dilihat dari akses internetnya. Kecepatan akses internet jaringan 4G mencapai 400 Mbps, sedangkan jaringan 5G menembus 10Gbps.

Bandwidth

Dari sisi bandwidth, jaringan 5G lebih besar dibandingkan 4G. 5G mampu beroperasi di spektrum tinggi 30 GHz sampai 300 GHz, sedangkan 4G antara 600 MHz sampai 2 GHz saja.

Dari penjelasan di atas, jaringan 5G adalah generasi ke lima pada standar telekomunikasi seluler yang bisa memberikan kecepatan data lebih tinggi dari generasi sebelum-sebelumnya.