Golang: Pengertian, Keunggulan dan Contoh Aplikasi Golang

Golang Pengertian, Keunggulan dan Contoh Aplikasi Golang

Golang adalah bahasa pemrograman yang memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki bahasa pemrograman yang lainnya. Hadirnya bahasa pemrograman Go Language (Golang) semakin dirasakan oleh para pengembang. Tidak heran jika banyak orang yang mulai belajar bahasa pemrograman yang satu ini. 

Golang merupakan bahasa pemrograman yang dibuat Google dan tujuannya untuk menyempurnakan bahasa pemrograman yang ada, seperti C, Phyton dan yang lainnya. Golang bisa jadi pilihan yang tepat saat membuat aplikasi baru. Nah, supaya Anda lebih memahami Go Language (Golang) bisa simak penjelasan di bawah ini. 

Apa itu Golang?

Golang adalah bahasa pemrograman open-source yang dikembangkan Google dengan Ken Thompson, Rob Pike dan Robert Griesemer di tahun 2009. Golang dibuat agar proses pengembangan aplikasi lebih cepat dan memungkinkan pengembang membuat program aman, mudah dikelola serta efisien. Golang juga dirancang khusus untuk pengembangan aplikasi web dan juga backend.

Apa itu Golang

Meskipun bahasa pemrograman ini dipakai untuk perangkat lunak di sejumlah platform. Golang juga mempunyai sintaks sederhana serta mudah dipahami. Bahasa pemrograman ini juga mempunyai beberapa fitur, seperti konkurensi, garbage collection dan penggunaan memori secara efisien. 

Keunggulan Golang Paling Utama 

Bagi Anda yang belum yakin menggunakan Golang harus tahu keunggulannya. Keunggulan-keunggulan Golang yaitu:

Keunggulan Golang Paling Utama

1. Mudah Dipelajari 

Salah satu keunggulan yang dimiliki Golang yaitu mudah dipelajari, termasuk untuk pemula. Bahasa pemrograman yang satu ini cukup sederhana sehingga seberapa banyak pengalaman di bidang web development tidak jadi masalah apabila ingin mempelajarinya. Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman memakai C dan Java, maka sintaksnya akan lebih mudah diadopsi. 

Baca Juga:  Belajar Front End untuk Pemula

Baca Juga : Belajar Java Pemula: Dasar dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Bahasa pemrograman ini juga mempunyai komunitas yang cukup besar. Hal ini bisa membuat Anda memperoleh solusi dari komunitas apabila mendapatkan masalah. Semakin banyak pengembang yang mempelajari bahasa pemrograman satu ini. 

2. Performa Luar Biasa

Kelebihan Golang adalah performanya luar biasa karena dinilai lancar dan memberikan kinerja yang baik jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain, seperti Java dan Python. Kinerja bahasa pemrograman ini lebih baik karena diketik secara statis seperti pada C dan C++. 

Baca Juga : Belajar Bahasa Pemrograman C++ yang Sederhana dan Penjelasannya

3. Tidak Perlu Framework 

Golang juga tidak perlu framework karena tidak bergantung dengan kerangka kerjanya. Golang merupakan bahasa pemrograman yang mempunyai library standar yang baik sehingga Anda bisa membuat aplikasi secara langsung tanpa memakai framework seperti pada sebagian besar bahasa pemrograman. 

Itulah sebabnya, bahasa pemrograman Golang merupakan bahasa pemrograman yang tepat untuk developer yang bukan termasuk penggemar framework. Library yang standar pada Golang cukup baik dan dapat membantu Anda dalam pengembangan. 

4. Multitasking 

Golang juga cukup multitasking sebab dapat membagi program besar jadi tugas yang lebih kecil serta dapat menjalannya bersamaan dengan channels dan goroutine. Komputer bisa menjalankan tugasnya lebih cepat dan bisa menghabiskan waktu idle yang lebih sedikit. Fitur tersebut membuat Golang ideal dalam pembuatan aplikasi untuk waktu ke waktu. 

5. Otorisasi Google Langsung 

Tidak ketinggalan, kelebihan Golang adalah mendapatkan dukungan Google yang diberi secara langsung. Golang merupakan bahasa pemrograman yang dibuat Google, sehingga mendapatkan otorisasi langsung dari Google. Anda tidak perlu mencemaskan masa depan programnya.

6. Clean Code 

Golang juga memiliki kelebihan sebagai bahasa pemrograman yang bersih dan juga rapi. Sejumlah pengembang harus mengikuti semua aturan penulisan dan methodologi yang berdasarkan dengan ketentuan bahasa pemrograman tersebut. 

Aturan-aturan tersebut yang membuat pada pengembang memahami konsep clean code. Bahasa pemrograman ini sudah tersusun dengan rapi dan memudahkan maintenance juga jadi mempengaruhi pada kecepatan proses compiling. 

Baca Juga:  Enkapsulasi Adalah: Pengertian, Manfaat, Teknik dan Contohnya

7.Library Standar yang Cerdas 

Kelebihan Golang yang terakhir adalah library standar yang cerdas. Hal ini bisa mendukung Anda untuk membangun website atau aplikasi. Bahasa pemrograman ini juga bisa melakukan hampir semuanya tanpa harus import library yang lainnya. 

Nah, seperti itulah beberapa contoh kelebihan yang dimiliki oleh Golang yang perlu Anda ketahui. 

Contoh Aplikasi Golang Terpopuler

Contoh Aplikasi Golang Terpopuler 

Ada beberapa perusahaan yang menggunakan Golang untuk aplikasi atau website mereka, seperti:

Tokopedia

Tokopedia adalah sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang marketplace dan situs jual beli online untuk mempertemukan antara penjual dengan pembeli secara aman. Awalnya Tokopedia dibangun menggunakan bahasa pemrograman Perl dan kemudian pindah menggunakan bahasa pemrograman Go pada tahun 2015 yang lalu. 

Go-Jek

Anda pasti pernah menggunakan platform jasa transportasi seperti Gojek. Gojek adalah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jasa transportasi dari tahun 2010 oleh Nadiem Makarim.  Produk Gojek hampir seluruhnya memberikan sistem service memakai bahasa pemrograman Go. 

Bukalapak 

Bukalapak merupakan perusahaan teknologi yang memberikan layanan jualbeli online dari konsumen kepada konsumen. Awalnya Bukalapak memakai bahasa pemrograman Ruby, namun ada sejumlah service yang memakai Golang. 

Ruangguru 

Ruangguru merupakan perusahaan yang memberikan layanan dan konten di bidang pendidikan. Siswa SD hingga SMA bisa belajar dengan mudah melalui aplikasi interaktif di Ruangguru. 

Apalagi di pada masa pandemi beberapa tahun lalu kebanyakan siswa belajar di rumah secara online sehingga aplikasi belajar online sangat membantu. Golang adalah salah satu solusi untuk mendukung pengembangan aplikasi Ruangguru dengan baik. 

Halodoc 

Halodoc merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memiliki aplikasi. Halodoc memiliki aplikasi sebagai solusi kesehatan dengan memberikan beberapa layanan, seperti membeli obat, konsultasi dengan dokter, cek laboratorium hingga informasi kesehatan. Halodoc juga memakai bahasa pemrograman GO demi mendukung sistemnya. 

Matahari Mall 

Matahari Mall adalah salah satu situs perdagangan online yang menjual berbagai macam produk dan perlengkapan. Matahari Mall juga menggunakan bahasa pemrograman Go dalam mendukung sistemnya juga. Semakin banyak perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman Go sehingga Anda juga harus belajar Golang. 

Baca Juga:  Largest Contentful Paint: Pengertian dan Cara Optimasinya

Kumparan 

Kumparan merupakan platform media online yang memberikan berita-berita Indonesia. Di sistemnya, Kumparan juga menggunakan bahasa pemrograman Go. Terlebih lagi semakin banyak masyarakat yang mencari platform media online untuk mendapatkan informasi. 

Lazada

Lazada juga merupakan salah satu situs belanja online yang sangat populer saat ini. Lazada menawarkan berbagai jenis produk yang bisa dipesan secara online secara mudah. Di sistemnya, Lazada memaki bahasa pemrograman Go dalam mendukung sistemnya. 

Bhinneka 

Bhinneka merupakan perusahaan teknologi di bidang toko online dengan menjual beragam barang elektronik dengan kualitas terjamin. Bhinneka juga menggunakan bahasa pemrograman Go untuk mendukung sistemnya juga. 

CICIL.CO.ID 

CICIL.CO.ID merupakan salah satu perusahaan fintech yang memberikan cicilan lebih ringan bagi mahasiswa di Indonesia. Perusahaan ini juga memakai bahasa pemrograman Go untuk mendukung sistemnya. 

Jadi, Golang adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google untuk membangun aplikasi atau website dengan aman san scalable. 

Anda juga bisa mempelajari bahasa pemrograman Golang dan jenis bahasa pemrograman yang lainnya dengan mengikuti kursus programming di Coding Studio. Dapatkan paket kursus dengan harga termurah dan ada banyak pilihan paket tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Articles