Apa itu Node JS? Pengertian Node JS dan Komponennya

node js

Node JS adalah platform JavaScript yang digunakan untuk menjalankan JavaScript di luar browser. Ini memungkinkan developer untuk menggunakan JavaScript untuk menulis aplikasi server-side dan mengakses fitur sistem operasi seperti file I/O dan jaringan.

Contohnya, Node.js dapat digunakan untuk membuat aplikasi web, RESTful API, real-time aplikasi seperti chat, dan aplikasi internet of things (IoT). Selain itu, Node JS merupakan sebuah platform yang bisa digunakan untuk frame dasar programming yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi yang mengedepankan fitur real-time, seperti aplikasi media sosial, gaming, internet of things, dan lain sebagainya.

Pengertian dari Node JS, serta Cara Menggunakannya

node js

Node JS merupakan sebuah platform unik yang menggunakan basis JavaScript, dan digunakan untuk menjalankan program dari JavaScript di luar dari browser yang digunakan, sehingga memungkinkan untuk pengembang membuat sebuah aplikasi di luar dari browser, seperti aplikasi yang menggunakan fitur real-time, aplikasi chat, gaming, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan Node Js, caranya cukup simpel, di sini akan kami terangkan langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk mulai menggunakan dan belajar platform node.js. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menggunakan Node.js:

Download dan instal Node.js: Download versi terbaru dari Node.js dari situs resmi Node.js dan instal pada komputer Anda. Membuat lingkungan Node.js: Buat lingkungan Node.js dengan membuat folder baru dan membuka Command Prompt atau Terminal pada folder tersebut.

Membuat file JavaScript: Buat file JavaScript dengan ekstensi .js pada folder yang dibuat sebelumnya. Menjalankan file JavaScript: Gunakan perintah “node [nama file].js” pada Command Prompt atau Terminal untuk menjalankan file JavaScript yang dibuat.

Menggunakan package manager npm: Anda dapat menginstall dan mengelola paket yang dibutuhkan untuk aplikasi Anda dengan menggunakan npm (Node Package Manager). Gunakan perintah “npm install [nama paket]” untuk menginstall paket dan “npm update” untuk memperbarui paket yang sudah diinstall.

Baca Juga:  Belajar BackEnd, Tahap Dasar dan Keuntungannya

Membuat dan menjalankan aplikasi: Setelah lingkungan Node.js siap, Anda dapat mulai membuat aplikasi Anda dan menjalankannya dengan menggunakan perintah yang sesuai.

Keunggulan dari Menggunakan Platform Node.JS

Ada berbagai keunggulan, dan spesialisasi dari Node JS yang tidak bisa didapatkan di platform berbasis JavaScript lainnya dalam melakukan programming. Untuk bisa menjalankan JavaScript di luar dari browser, di mana memungkinkan untuk developer, dan programmer untuk dapat menulis dan mengembangkan aplikasi server side, selain itu ada beberapa keunggulan dan keuntungan lainnya.

Apa saja keuntungan dari platform ini, berikut ini keuntungan dari Node JS adalah sebagai berikut:

  • Non-blocking I/O: Node.js menggunakan model I/O non-blocking yang membuatnya sangat efisien dalam menangani permintaan yang banyak.
  • Skalabilitas: Node.js dapat dengan mudah digunakan untuk aplikasi skala kecil maupun besar dan dapat di-scale up dengan menambah jumlah server.
  • Ekosistem paket yang kuat: Node.js menyediakan npm (Node Package Manager) yang memudahkan dalam mengelola dan menginstal paket yang dibutuhkan oleh aplikasi.
  • Dukungan komunitas yang kuat: Node.js memiliki komunitas pengembang dan pengguna yang sangat luas, dan tersebar di seluruh dunia, dengan banyak server pengguna, serta sosial media outreach yang bisa digunakan oleh pengguna baru, maupun senior.
  • Mudah digunakan: Node.js menggunakan sintaks JavaScript yang mudah dipahami, sehingga mudah dipelajari dan digunakan oleh developer. Selain itu, tersedia juga banyak video dan guide untuk memahami belajar menggunakan platform ini, sehingga lebih mudah, dan termasuk beginner friendly juga.

Cara untuk Mulai Belajar Node JS

node js

Node JS merupakan sebuah platform pengembangan dari JavaScript yang memungkinkan penggunanya untuk mengembangkan, serta membuat aplikasi di luar server browser, selain itu, Platform ini juga cukup mudah digunakan jika dibandingkan dengan platform dari program lainnya, meskipun begitu masih perlu adanya belajar agar bisa menguasai platform yang satu ini.

Untuk belajar Node.js, Anda dapat mulai dengan mengikuti tutorial online, membaca buku atau dokumentasi resmi, atau mengikuti kelas atau kursus online. Ada juga banyak komunitas Node.js yang dapat Anda temukan di internet yang dapat membantu Anda belajar dan menjawab pertanyaan Anda. Selain itu, Platform ini juga sangat berpotensi untuk pengembangan aplikasi dan platform lainnya.

Baca Juga:  5 Bahasa Pemrograman Terpopuler Tahun 2022

Jika kamu berminat untuk mempelajari Node.JS, tapi bingung bagaimana memulainya, atau bingung alam melakukan programming menggunakan Node.JS, Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda belajar Node.js:

  • Mulailah dengan dasar-dasar: Belajar dasar-dasar Node.js, seperti sintaks, pengaturan lingkungan, dan cara menjalankan program Node.js.
  • Pahami JavaScript: Node.js berbasis pada JavaScript, jadi penting untuk memahami dasar-dasar JavaScript sebelum belajar Node.js.
  • Pelajari API Node.js: Node.js menyediakan API yang digunakan untuk mengakses fitur sistem operasi seperti file I/O dan jaringan. Pelajari API ini untuk mengetahui cara menggunakannya dalam aplikasi Anda.
  • Pelajari framework: Beberapa framework populer seperti Express.js, Koa.js, dan Nest.js dapat digunakan untuk membuat aplikasi web dengan Node.js. Pelajari cara menggunakan framework ini untuk mempermudah pengembangan aplikasi.
  • Pelajari npm: npm (Node Package Manager) adalah paket manager yang digunakan oleh Node.js. Pelajari cara menggunakannya untuk mengelola dan menginstall paket yang dibutuhkan oleh aplikasi Anda.
  • Bergabung dengan komunitas: Bergabung dengan komunitas Node.js akan membantu Anda belajar dari pengalaman orang lain dan mendapatkan dukungan dari sesama developer.
  • Latihan dan terus belajar: Belajar Node.js adalah proses yang berkelanjutan, jadi terus belajar dan latihan untuk meningkatkan kemampuan Anda.
  • Latihan dengan proyek kecil: Mulailah dengan proyek-proyek kecil seperti membuat aplikasi “Hello World” atau membuat aplikasi chat sederhana. Ini akan membantu Anda memahami cara kerja Node.js dan memperkuat pengetahuan Anda.

Kesimpulan

node js

Apa itu Node JS dan platform yang digunakannya? Node JS merupakan platform yang digunakan untuk membuat aplikasi server-side dengan menggunakan JavaScript. Platform ini adalah salah satu platform yang amat direkomendasikan untuk pemula yang masih mempelajari JavaScript, namun ingin mencoba untuk mengembangkan command, atau aplikasi di luar browser.

Keuntungan utama menggunakan Node.js adalah model I/O non-blocking yang membuatnya sangat efisien dalam menangani permintaan yang banyak, mudah digunakan karena menggunakan sintaks JavaScript yang mudah dipahami, skalabilitas tinggi, dan ekosistem paket yang kuat dengan npm sebagai paket manager.

Cara untuk belajar Node.js agar mahir adalah dengan mulai dari dasar-dasar, memahami JavaScript, mempelajari API Node.js, latihan dengan proyek kecil, mempelajari framework yang populer, dan terus belajar dan latihan.

Baca Juga:  HTML: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Tips yang dapat dilakukan untuk mempelajari Node.js adalah dengan bergabung dalam komunitas dan mencari sumber belajar yang tersedia. Selain Node.js, beberapa bahasa pemrograman lain yang mungkin menarik untuk dipelajari adalah Python, Ruby, dan Go.

Nah, jadi itulah dia beberapa pengertian dari Node JS. Node JS adalah sebuah platform yang didesain untuk mendapatkan outreach, serta untuk bisa mengembangkan aplikasi, serta platform lainnya yang berbasis menggunakan JavaScript. Platform ini merupakan salah satu platform yang bisa menjadi alat yang penting khususnya untuk para developer JavaScript.

Tertarik mengikuti kursus yang telah disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang.

Related Articles