apa itu javascript

Apa Itu JavaScript:Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Banyak para web developer pemula yang ingin tahu apa itu JavaScript. JavaScript atau JS adalah sebuah bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan website, game, dan aplikasi. Dengan menggunakan bahasa pemrograman maka kamu dapat membuat website memiliki tampilan yang menarik. Selain itu, kamu juga dapat mengembangkan game online yang berbasis web.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi web developer maka penting untuk mempelajari bahasa pemrograman. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa hal terkait dengan JS.

apa itu javascript
Apa Itu JavaScript:Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Keunggulannya 6

Apa Itu JavaScript?

Mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, tetapi tidak banyak yang tahu apa itu JavaScript. JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer untuk membuat situs web yang lebih dinamis. Sudah lebih dari 67% web developer yang memilih menggunakan JS.

Website yang memiliki konten dinamis artinya konten tersebut bisa berubah atau bergerak di layar tanpa harus mereload halaman. Misalnya fitur gambar animasi, slide show foto, pengisian polling, dan lain sebagainya.

Banyak juga yang mengaitkan JS dengan HTML dan CSS. Sebenarnya dapat dikolaborasikan dengan html dan CSS yang mana HTML biasanya digunakan untuk membuat struktur pada website, sedangkan CSS digunakan untuk membuat style halaman website. Dalam hal ini, JS digunakan untuk menambahkan elemen yang interaktif sehingga dapat meningkatkan engagement pengguna.

Misalnya jika kamu memberi komentar dan like di sebuah sosial media. Kamu dapat melihat komentar dan jumlah like yang terus bertambah tanpa harus reload.

Tidak heran apabila banyak back and developer yang mulai menggunakan bahasa pemrograman JS. Akhirnya tercetuslah berbagai aplikasi untuk mobile, game online, hingga website aplikasi.

Mengenal Lebih Jauh Tentang JavaScript

Banyak web developer yang menyebutnya dengan istilah JS untuk memudahkan pengucapan dan penulisannya. Para programmer biasanya menggunakan JS sehingga mempermudah pekerjaan mereka khususnya dalam membuat automasi untuk beberapa pemrograman. Hal inilah yang membuat JS sangat penting untuk programmer.

Pada dasarnya, JS merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan website sehingga lebih interaktif dan dinamis. Apabila sebelumnya kamu hanya mengetahui html dan CSS, kini saatnya pengetahuanmu digali lebih dalam untuk mengetahui JS.

Dengan begitu, sebagai web developer kamu dapat dengan mudah meningkatkan fungsionalitas halaman web. Bahkan menggunakan JS kamu dapat dengan mudah membuat tools, aplikasi, dan game pada web.

JS menjadi salah satu bahasa pemrograman jenis interpreter, jadi kamu tidak membutuhkan compiler untuk menggunakannya. Selain itu, JS juga mempunyai berbagai fitur yang menarik seperti client-side berorientasi objek, loosely typed, dan high-level programming.

Mengenal Sekilas Sejarah JavaScript

Pertanyaan mengenai bagaimana bahasa pemrograman ini awal kali muncul menjadi sesuatu yang sering ditanyakan. Awal mula JS dikenal yaitu pada tahun 1994 di mana saat itu internet dan website sudah mulai berkembang.

Orang yang mendesain JS pertama kali yaitu Brendan Eich, ia merupakan seorang karyawan di Netscape. Sebelum akhirnya berubah resmi menjadi JS, namanya pertama kali yaitu Mocha, Mona, dan LiveSript.

Awalnya, versi awal dari bahasa pemrograman ini hanya digunakan di kalangan Netscape saja dengan fungsionalitas yang masih sangat terbatas. Hingga pada tahun 1996 kemudian bahasa pemrograman ini secara resmi dinamai sebagai ECMAScript. Selanjutnya, pada 1998 dikembangkan menjadi ECMAScript 2 lalu dilanjutkan dengan ECMAScript 3 di tahun selanjutnya.

Bahasa pemrograman tersebut terus-menerus dikembangkan hingga akhirnya secara resmi dinamakan sebagai JavaScript atau JS. Kemudian bahasa pemrograman ini terus berkembang bahkan sekitar 92% web menggunakan JS pada tahun 2016.

Mengapa Banyak Web Menggunakan JavaScript?

Dapat dikatakan bahwa JS merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik yang sangat populer. Pada tahun 2016 saja, kurang lebih 92% web developer menggunakan JS, apalagi di era sekarang yang mana teknologi terus berkembang.

Saat ini website yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman JS menjadi lebih interaktif dan dinamis. Bahkan tidak sedikit perusahaan top global yang berhasil mengimplementasikan JS menjadi bahasa pemrograman andalan. Hal ini terbukti karena JS menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan pada gethub.

Perlu diketahui bahwa pada platform seperti LinkedIn, FB, Medium, bahkan Google sekalipun, salah satu bahasa pemrograman yang digunakan yaitu JS. Tidak heran jika banyak web developer yang kemudian berkompetisi untuk mempelajari JS sehingga dapat membuat website yang bagus.

Selain dapat membuat website menjadi lebih interaktif dan dinamis ternyata JS juga dapat digunakan untuk proses logika data. Sederhananya, fungsi JS tidak sebatas urusan front and tetapi digunakan untuk urusan back end.

Fungsi JavaScript yang Harus Diketahui

javascript adalah
Apa Itu JavaScript:Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Keunggulannya 7

Setelah mengetahui apa itu JavaScript, selanjutnya perlu mengetahui fungsinya. Sebenarnya fungsi JS sangatlah banyak karena bisa untuk membuat tampilan website menjadi lebih unik, dinamis, mengembangkan game, menciptakan aplikasi mobile, dan menjalankan web server.

Secara umum berikut merupakan penjelasan fungsi dari JS yang perlu kamu ketahui.

Website Menjadi Lebih Menarik

Dalam proses pengembangan website, ternyata JavaScript dapat membuat website menjadi lebih interaktif dan menarik, dengan berbagai konten yang dinamis. Website yang menggunakan bahasa pemrograman ini memiliki konten bergerak dan dapat memperbarui secara real Time.

Misalnya penggunaan Google Maps yang memiliki konten dinamis. Jadi saat fitur rute diaktifkan, Google maps terus melakukan update posisi secara realtime tanpa reload. Hal ini dapat dilakukan karena menggunakan bahasa pemrograman JS.

Membuat Aplikasi Mobile

Fungsi JS selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk membuat aplikasi mobile dengan mudah. Sebelumnya, aplikasi mobile dapat dikembangkan hanya menggunakan bahasa pemrograman Java untuk perangkat Android. Namun saat ini bahasa pemrograman JS dapat digunakan untuk mobile api dalam membuat aplikasi mobile.

Selain itu, dalam pengembangan aplikasi mobile pun jauh lebih mudah karena adanya framework JS khusus untuk aplikasi mobile, misalnya React Native. Kamu dapat menciptakan aplikasi mobile dengan framework ini untuk dua sistem operasi, yaitu Android dan iOS.

Membuat Game Berbasis Web Browser

Saat ini banyak ditemui game yang berbasis web browser. Jadi JS tidak hanya berfungsi untuk membuat halaman website saja, tetapi mengembangkan game online yang berbasis browser.

Jika ingin menciptakan game browser yang lebih menarik, kamu dapat mengkombinasikan bahasa pemrograman JS dengan HTML5. Pasalnya, ada beberapa game yang populer dengan kombinasi tersebut seperti Flappy Bird dan Lord of Ultima.

Untuk Menjalankan Web Server

Seiring perkembangan teknologi, bahasa pemrograman JavaScript ternyata tidak hanya dapat bekerja di sisi browser saja (front end), tetapi saat ini juga bekerja di sisi server (back end) menggunakan Node.js.

Dengan Node.js maka kamu bisa mengeksekusi kode JS di sisi server untuk bisa menjalankan situs, game berbasis browser, dan aplikasi web. Kamu juga bisa menangani berbagai proses secara bersamaan tanpa harus menunggu selesainya satu proses. Jadi proses yang dilakukan pun bisa lebih cepat berkali-kali lipat.

Cara Kerja JavaScript

apa itu javascript
Apa Itu JavaScript:Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Keunggulannya 8

Untuk mengetahui lebih dalam apa itu JavaScript, kamu juga perlu mengetahui cara kerjanya. Perlu diketahui bahwa cara kerja apa itu JavaScript dapat dilihat dari dua sisi, yakni dari sisi klien dan server.

Jika dari sisi Client, peran apa itu JavaScript yaitu mengubah tampilan website. Sedangkan dari sisi server JavaScript bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan database.

JavaScript Sebagai Front End

Cara kerja apa itu JavaScript di sisi client atau front end bisa dipahami dari kode JavaScript yang dapat dibuat untuk satu halaman HTML. Apabila halaman dibuka, maka secara otomatis kode akan berjalan.

Kode bahasa pemrograman tersebut pun bisa dibuat di file yang terpisah menggunakan ekstensi .js. Selanjutnya file itu disisipkan di kode HTML. Kode tersebut akan ditulis menggunakan tag <script> serta teks atribut JavaScript.

Jika dilihat di sisi client, sebenarnya cara kerjanya tidak begitu rumit. Saat pengunjung mengunjungi halaman website maka script akan mulai terunduh kemudian mulai dijalankan di browser, sehingga prosesnya tidak di web server.

Apabila browser milik pengunjung tidak support JavaScript, maka tampilan halaman web di perangkat dapat berbeda. Dengan begitu fungsi interaktifnya pun tidak bisa berjalan sebagaimana seharusnya.

JavaScript Sebagai Back End

Jika dilihat dari sisi server atau apa itu JavaScript sebagai back end, bisa dilihat bahwa bahasa pemrograman ini banyak digunakan untuk keperluan database. Terkait dengan cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan bahasa pemrograman JavaScript sisi server lain.

Adapun hal yang menjadikannya berbeda yaitu JavaScript bekerja dengan non blocking. Sederhananya, saat program mulai berjalan maka program tidak berhenti di satu proses saja, karena sistem mulai menyiapkan perintah selanjutnya.

Apabila proses selanjutnya tidak mempunyai output maka proses itu dapat dijalankan langsung bersamaan dengan proses yang sedang berjalan. Oleh karenanya, proses pengolahan data pun menjadi lebih efektif.

Contohnya, aktivitas streaming video di sebuah website. Meskipun video tersebut berjalan, kamu masih dapat mengakses informasi lainnya pada website tersebut.

Keunggulan Bahasa Pemrograman JavaScript

javascript adalah
Apa Itu JavaScript:Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, dan Keunggulannya 9

Kamu bisa lebih dalam memahami apa itu JavaScript dengan mengetahui apa saja keunggulannya.

Kesederhanaan dan Kecepatan

Perlu diketahui bahwa bahasa pemrograman JavaScript memiliki keunggulan dalam hal penulisan atau syntax yang jauh lebih sederhana dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu, JavaScript juga cenderung cepat karena langsung dijalankan pada browser.

Fleksibel dan Mudah Dipelajari

Berbeda dengan bahasa pemrograman lainnya, ternyata JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pemula. JavaScript juga bisa disisipkan pada halaman website manapun serta bisa digunakan untuk berbagai jenis aplikasi.

Fitur dan Fungsi yang Luas

Keunggulan dari apa itu JavaScript selanjutnya bisa dilihat dari fitur dan fungsinya yang luas dan beragam. Pasalnya, bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk membuat fitur drag, drop, dan komponen lainnya untuk meningkatkan tampilan website. Web developer juga dapat memperluas fungsi halaman website hanya dengan menulis snapped JavaScript. Demikianlah penjelasan mengenai apa itu JavaScript, fungsinya, cara kerjanya, hingga keunggulannya. Jika kamu merupakan web developer pemula, sangat tepat untuk mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini karena sangat sederhana dan mudah dipahami. Selain itu, banyak web developer profesional yang menggunakan bahasa pemrograman ini untuk membangun sebuah website.

Sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh website, tentu JavaScript memiliki berbagai keunggulan. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan JS sehingga membuat banyak web developer ingin mempelajarinya.

Mudah Dipelajari

Dalam teknologi internet dan komputer bahasa pemrograman sangatlah banyak dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dapat diidentifikasi dari berbagai faktor.

Bagi sebagian besar web developer, penulisan atau syntax merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk dipelajari. Perlu diketahui bahwa JS termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dengan catatan kamu harus fokus dan serius dalam melakukannya. Selain itu, kamu juga harus berani untuk melakukan improvement dengan hal tersebut.

JS mudah dipelajari karena menggunakan kode program yang lebih sederhana. Web developer cenderung menyukai penulisan atau sintaks yang ringkas dan sederhana karena lebih mudah dimengerti.

General Purpose

Perlu diketahui bahwa kini JS tidak sekedar digunakan oleh browser saja. Sejak adanya node.js, bahasa pemrograman JS kemudian bisa digunakan di luar browser.

Jika kamu seorang web developer tentu dapat dengan mudah untuk mengembangkan server, program desktop, console, mobile, game, dan lain sebagainya menggunakan bahasa pemrograman JS.

Sangat Powerful

Keunggulan lainnya dari JavaScript yaitu menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mature sehingga membuat JS sangat powerful. Sebelumnya, website memiliki basis PHP sehingga masih menggunakan WordPress. Setiap logika web dirancang dan tergantung sisi server sehingga bisa membuat web browser menjadi lebih statis.

Namun browser modern saat ini mempunyai sifat yang dinamis dan interaktif. Logika website yang sebelumnya di handle oleh server saat ini bisa di handle sepenuhnya oleh klien karena JS.

Dukungan Komunitas

Salah satu alasan mengapa bahasa pemrograman JS banyak digunakan oleh developer yaitu karena memiliki dukungan dari komunitas. Perlu diketahui bahwa dukungan komunitas menjadi hal yang sangat penting untuk memilih bahasa pemrograman.

Ketika kamu membuat atau mengembangkan aplikasi, terkadang akan menemukan bug. Adanya dukungan dari komunitas yang positif, maka kamu dengan mudah bisa menemukan solusi dari masalah tersebut.

Banyak Diimplementasikan Perusahaan

Setiap perusahaan tentu membutuhkan web developer untuk mengembangkan website mereka. Biasanya web developer menggunakan bahasa pemrograman JS untuk mengembangkan website perusahaan.

Perlu diketahui bahwa gaji developer dengan bahasa pemrograman JS menduduki peringkat keempat tertinggi di dunia pada tahun 2018. Jadi kemungkinan setiap tahun akan meningkat gajinya karena teknologinya pun semakin canggih.

Jadi yang bilang kamu memiliki kemampuan dalam bahasa pemrograman JS, tentunya sangat menguntungkan bagi kamu. Pasalnya saat ini banyak perusahaan yang mengimplementasikan JS sebagai bahasa pemrograman mereka.

Tools yang Digunakan Untuk Belajar JavaScript

Jika kamu ingin belajar lebih jauh tentang bangsa pemrograman JavaScript, kamu perlu mengetahui apa saja tools yang dapat digunakan. Sebagai pemula, kamu cukup menggunakan tools berikut ini.

Web browser

Jika kamu menggunakan web browser, ada beberapa pilihan yang paling populer digunakan. Misalnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer.

Teks Editor

Jika menggunakan tools text editor, yang paling direkomendasikan adalah VS Code.

Mengenal Tentang Console JavaScript

Bagi para pemula yang belajar bahasa pemrograman banyak yang mengatakan bahwa belajar JS lebih jauh dibandingkan belajar HTML dan CSS. Hal ini terjadi karena ketika melihat hasilnya pada web browser, pesan error tidak tampil.

Namun pernyataan tersebut tidak benar karena kamu dapat melihat sendiri melalui console. Caranya yaitu buka Google Chrome, lalu Klik kanan pilih Inspect >> Console. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kode program secara langsung di console browse. Itulah penjelasan mengenai bahasa pemrograman JavaScript yang perlu kamu ketahui apabila ingin belajar menjadi web developer. Dasar pemrograman sangatlah banyak, sehingga lebih baik kamu mempelajari yang paling populer dan banyak digunakan.

Tertarik belajar lebih lengkap tentang JavaScript? cek link ini ya untuk dapatkan promo menariknya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *