Visual Studio Code: Pengertian, Fitur, dan Keunggulannya

Visual Studio Code Pengertian, Fitur, dan Keunggulannya

Untuk kalian yang telah lama bergelut pada bidang IT khususnya yakni application developer tentunya istilah code editor sudah tidak asing. Terdapat aplikasi tambahan yang dibutuhkan untuk mendukung bahasa pemrograman yakni visual studio code adalah sebuah solusinya.

Visual Studio Code (VSCode) memiliki banyak fitur mumpuni yang tidak ada di software editor sejenis yang lain. Software tersebut sangatlah populer dan dapat dipakai secara luas bagi para developer guna membuat aplikasi entah itu iOS, Android, website, ataupun machine learning.

Bagi yang belum memahami secara jelas apa itu Visual Studio Code seperti pengertian, fitur, dan informasi lainnya maka Simak informasi berikut ini.

Pengertian Visual Studio Code

Visual Code Studio merupakan code editor gratis yang dapat dijalankan pada perangkat desktop dengan basis Linux, Windows, dan Mac OS yang mana dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi visual studio code adalah sebuah software editor powerful namun tetap ringan saat digunakan.

Baca Juga : Software Coding untuk Belajar Coding?

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat serta mengedit source code memakai berbagai bahasa pemrograman seperti Node.js, TypeScript, dan JavaScript. Bahkan untuk visualnya tergolong kompatibel dengan bahasa serta runtime environment lainnya seperti .NET, Java, bahasa Python, dan PHP.

Melihat hal tersebut maka tidak mengherankan jika visual code studio adalah code editor yang populer saat ini. Ini dibuktikan dengan adanya survey yang mana software ini mampu menduduki peringkat paling atas.

Fitur-Fitur Visual Code Studio

Visual Studio Code adalah sebuah code editor yang mempunyai banyak fitur unggulan yang memang tidak dipunyai oleh para pesaingnya. Berikut merupakan beberapa fitur yang tersedia dan membuatnya cukup diminati.

Fitur-Fitur Visual Code Studio

a. Basic Editing

Sesuai namanya, fungsi visual studio code adalah coding ataupun membuat aplikasi sebagai fungsi dasarnya yang memang tidak perlu diragukan lagi. Fitur yang ada seperti column selection, multiple selection, dan keyboard shortcut.

Baca Juga:  OTP Adalah: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Keyboard shortcut yang ada pada VSCode tergolong cukup lengkap bahkan kalian dapat mengedit keyboard shortcut sesuai tombol yang kalian inginkan.

Tidak hanya itu saja namun kalian bisa melakukan editing code namun ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan kode tadi hilang. Jika mengalami hal itu jangan khawatir karena ada fitur Auto Save serta Hot Exit yang bisa mengatasi permasalahan tadi.

Jadi jangan khawatir ketika perubahan code hilang dikarenakan kedua fitur tadi bisa melakukan penyimpanan kode dengan otomatis.

b. IntelliSense

Fitur yang satu ini serupa dengan Autocomplete yang dapat membantu developer pada proses coding serta memberikan saran secara keseluruhan berdasarkan pada kata yang diketik. Fitur ini hanya tersedia pada beberapa bahasa pemrograman saja.

Beberapa bahasa pemrograman tadi seperti CSS, HTML, Javascript, Typescript, dan juga JSON. Tapi kalian tidak perlu khawatir karena bahasa pemrograman lain bisa ditambahkan dengan cara mengunduh di extension marketplace yang ada.

c. Debugging

fitur ini bisa membantu kalian dalam mengeksekusi, mengedit, dan juga meng-compile kode dengan berulang atau yang dikenal dengan sebutan looping. Fitur ini mensupport Node.Js beserta jika kalian menginginkan penambahan bahasa pemrograman lainnya kalian masih tetap dapat memakainya dengan cara mengunduh extension juga.

d. Extension Marketplace

Fitur ini tergolong paling penting serta menjadi suatu fitur unggulan jika dibandingkan pesaingnya. Kalian bisa secara mudah mengunduh lalu memasangnya di berbagai extension yang diperlukan semacam debuggers dan tools.

Menarinya lagi kalian juga dapat menambahkan beberapa bahasa pemrograman. Sehingga kalian tidak perlu memakai code editor lainnya jika ingin memakai bahasa pemrograman yang berbeda. untuk masalah kompabilitas tidak perlu diragukan karena pembuat extension dapat berkontribusi langsung dengan fungsional guna mengatasi masalah ini.

e. Github Integration

Ini merupakan salah satu dari platform manajemen proyek terkenal di seluruh dunia dan memungkinkan kalian melakukan kolaborasi bersama tim. Untuk fitur ini kalian bisa menghubungkan code editor serta Github sehingga kalian tidak perlu susah-susah berganti software ketika ingin terhubung ke Github.

Baca Juga:  Belajar Komputer Untuk Pemula dan Manfaatnya

Kalian hanya perlu mengunduh lalu memasang tools Issues serta Github Pull Request di extension marketplace lalu kalian bisa langsung terhubung ke Github.

Itulah beberapa fitur dari VSCode yang bisa kalian temukan. Memang aplikasi ini sangat berguna jadi tidak mengherankan jika visual studio code adalah jurnal yang banyak dicari untuk dilakukan penelitian bagi para mahasiswa.

Keunggulan Visual Studio Code

Setelah mengetahui pembahasan soal Visual Studio Code adalah aplikasi yang banyak diminati. Maka sudah saatnya kalian mengetahui keunggulan yang dimilikinya.

Keunggulan Visual Studio Code

a. Fitur Gratis dan Lengkap

Memang Visual Studio Code tergolong unggul dari segi kelengkapan fitur. Ini dikarenakan adanya peran dari extension marketplace yang mana memungkinkan pengguna menjadi lebih leluasa di dalam menambahkan fitur tertentu. Menariknya lagi semua itu bisa diperoleh secara gratis.

b. Ringan

Kendati Visual Studio Code mempunyai segudang fitur, nyatanya software tersebut bisa dikatakan sangatlah ringan. Aplikasi tersebut tidak memakan banyak ruang penyimpanan dan penggunaan RAM tergolong cukup ramah. Jadi kalian tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi dalam menjalankan softwarenya.

c. Mendukung Untuk Banyak Bahasa Pemrograman

Keunggulan lain visual studio code adalah mendukung cukup banyak untuk bahasa pemrograman. Apapun bahasa yang disenangi dapat dipakai disini entah itu bahasa yang memang populer ataupun jarang digunakan. Keunggulan ini tidak terlepas dari adanya fitur extension marketplace.

d. Performa Cepat

Untuk keunggulan visual studio code adalah performanya yang cepat saat menjalankan berbagai tugas. Hal tersebut juga termasuk ketika menjalankan pekerjaan berat semacam membuat aplikasi iOS ataupun Android.

Developer profesional sering memakai VSCode dalam membuat model AI (Artificial Intelligence) yang umumnya menggunakan bahasa pemrograman berupa Python.

e. Multiplatform

Walaupun VSCOde produk buatan dari Microsoft akan tetapi bisa digunakan ke operating system lainnya. Beberapa diantaranya seperti Mac, OS X El Capitan, Linux, dan lainnya. Sistem operasi yang dipakai kalian bisa menginstal serta menjalankan VSCode tanpa kendala.

Itulah informasi terkait dengan Visual Studio Code seperti pengertian, fitur, dan juga keunggulannya. Aplikasi tersebut bisa mendukung hampir seluruh bahasa pemrograman semacam TypeScript, JavaScript, Node.js, dan lainnya.

Baca Juga:  Promo Bootcamp Cyber Security Coding Studio dan Manfaatnya

Bagi yang tertarik mendalami Visual Studio Code dengan lebih profesional maka tidak ada salahnya untuk belajar di Coding Studio. Banyak keunggulan yang ditawarkan seperti akses materi selamanya, waktu belajar fleksibel, pengajar berpengalaman, ada studi kasus dan proyek, dan kelebihan lainnya.

Bahkan semua materi pembelajaran yang diajarkan menggunakan bahasa Indonesia sehingga akan memudahkan kalian belajar. Memang visual studio code adalah software gratis namun tidak ada salahnya jika belajar di tempat profesional.Terlebih lagi Coding Studio menyediakan paket kursus yang murah sehingga bisa dijangkau oleh semua kalangan. Bahkan dengan adanya waktu belajar fleksibel tentunya program kursus yang tersedia bisa diambil oleh kalian para karyawan yang sibuk bekerja di siang hari.

Related Articles