Apa Itu Cloud Hosting? Pengertian, Cara Kerja, Fitur dan Manfaat

Apa Itu Cloud Hosting Pengertian, Cara Kerja, Fitur dan Manfaat

Bagi kalian yang telah lama memakai web hosting untuk kebutuhan website tentu saja sudah pernah mendengar cloud hosting. Hosting ini termasuk ke salah satu jenis yang populer pada kalangan webmaster yang berkaitan dengan skalabilitas serta fleksibilitasnya.

Namun sayangnya masih banyak webmaster yang belum mengetahui mengenai hosting ini. bahkan banyak pula yang kurang bisa membedakannya dengan hosting tradisional semacam shared hosting. Namun terang saja berikut merupakan beberapa hal yang perlu diketahui soal hosting ini.

Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting adalah suatu jenis hosting yang memakai beberapa server dalam menyeimbangkan beban atau load server serta memaksimalkan server uptime.

Pengertian Cloud Hosting

Teknologi hosting ini menggabungkan beberapa server dan bekerja semacam satu server utuh. Gabungan yang berasal dari beberapa server tadi umumnya dikenal dengan “cloud cluster”. Tentu saja semakin banyak server tergabung pada cluster tentunya resourcesnya akan semakin besar yang dapat dibagikan pada cluster tadi.

Sehingga ketika satu server bermasalah, maka teknologi tadi bisa memberikan sumber daya melalui server lainnya guna menjaga supaya website tetap dapat berjalan secara normal. Sehingga hosting ini terkenal sebagai web hosting yang mempunyai fleksibilitas dan reliabilitas tinggi jika dibandingkan pada jenis web host lain.

Sampai sekarang telah banyak web owner mulai memindahkan situsnya ke platform cloud. Akan tetapi hosting yang satu ini tidaklah diperuntukkan bagi seluruh jenis website. Sebagai contoh ketika mengelola web berlalu lintas rendah serta tidak memerlukan banyak resources maka pengalihan ke platform cloud tidak dibutuhkan.

Namun lain halnya jika situs web kalian mengalami lonjakan lalu lintas besar tentunya upgrade ke platform cloud bisa menjadi pertimbangan. Hal ini karena untuk mencegah terjadinya overload pada website.

Cara Kerja Hosting Cloud

Cloud hosting memiliki cara kerja memakai metode “cluster” yang mana beberapa server tadi terpisah kemudian digabungkan untuk bisa bekerja pada server virtual terpusat (cloud) guna meng-host situs website.

Sehingga kinerja dari website menjadi lebih cepat dikarenakan dukungan banyak server pada waktu bersamaan. Ketika salah satu dari server cloud mengalami kegagalan maka yang lainnya segera menggantikan untuk cadangan dalam mengisi ulang sumber daya yang dibutuhkan.

Melalui cara tersebut tentunya hosting cloud membuat situs website terus berfungsi secara baik bahkan ketika salah satu dari server mati. Cloud juga bisa mencegah terjadinya kegagalan server dikarenakan kelebihan beban.

Beban masing-masing server nantinya bisa dibagi rata jadi tidak ada nada yang namanya server kelebihan beban. Sumber daya yang ada di hosting cloud juga tidak akan terpengaruh pengguna lain. Jadi masing-masing pengguna tidak harus berbagi source servernya.

Sehingga ketika kalian memakai layanan ini maka situs website menjadi lebih fleksibel, mudah diskalakan, dan sangat tersedia. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang mengatakan bahwa hosting cloud kombinasi kualitas terbaik pada shared hosting serta VPS hosting.

Fitur Hosting Cloud

Biasanya fitur yang tersedia pada hosting ini bermacam-macam tergantung pada penyedianya. Namun secara umum berikut merupakan fitur yang bisa kalian temukan.

a. Website

b. Memori (RAM)

c. CPU Core

d. SSD Storage

e. Resource Terpisah

f. Bandwidth

g. Dedicated IP

h. Domain

i. SSL

Itulah beberapa fitur yang bisa didapatkan dan untuk besaran kapasitas biasanya akan sangat bergantung pada jenis penyedia layanan yang kalian ambil pastinya.

Kelebihan Hosting Cloud

Terdapat banyak alasan kenapa cloud hosting merupakan pilihan terbaik bagi banyak pemilik website serta bisnis online. Untuk keunggulannya berikut adalah informasinya.

Kelebihan Hosting Cloud

a. Uptime lebih stabil

Hosting ini memakai sumber daya ataupun resources yang berasal pada beberapa server cloud yang tersedia di cluster. Ini tentunya akan membuat website tidak mengalami yang namanya downtime, ketika salah satu dari server gagal memenuhi permintaan klien maka hosting ini dengan otomatis memindahkan permintaan ke server lainnya.

Sehingga server lainnya dapat memenuhi permintaan tanpa halangan dan juga website ataupun aplikasi pengguna dapat berjalan dengan lancar.

b. Scalability

Salah satu fitur terbaiknya yakni kemudahan skalabilitasnya. Ketika situs mengalami kondisi seperti perubahan trafik besar maka kalian dapat meningkatkan kapasitas di server cloud tanpa perlu membeli server fisik memakai sumber daya lebih besar.

Secara sederhana, situs website tersebut telah dilengkapi beberapa server virtual dan siap menangani permintaan dari lalu lintas website serta aplikasi yang kian meningkat. Ini akan mengurangi resiko website mengalami offline dan downtime dikarenakan penampilan trafik terlalu besar.

Ketika trafik kembali normal maka kalian dapat menurunkan serta memperkecil resources secara mudah lewat dashboard intuitif yang memang ada pada layanan hosting ini.

c. Loading time tergolong lebih cepat

Cloud hosting memiliki teknologi bernama load balancing dan memungkinkan beban resource dibagikan pada beberapa server berbeda. ini akan membuat aplikasi ataupun situs dengan basis cloud memiliki waktu loading lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis web host lain.

Teknologi tersebut dapat mengurangi beban muatan pada setiap server serta menghasilkan waktu loading lebih cepat jika dibandingkan situs web dengan basis satu server.

d. Biaya fleksibel

Hosting ini memang memiliki harga lebih mahal jika dibandingkan dengan hosting tradisional lainnya. Walaupun begitu saat ini sudah banyak tersedia cloud hosting murah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pastinya.

Bahkan untuk masalah fitur akan lebih baik dibandingkan dengan hosting tradisional yang fiturnya masih terbilang terbatas.

Kekurangan Hosting Cloud

Sebenarnya cloud hosting ini tidak mempunyai banyak kekurangan. Namun terdapat beberapa permasalahan yang bisa kalian temukan ketika memakainya.

a. Rentan terkena cyber-attack

Hosting yang satu ini bisa membantu kalian untuk mengakses hampir seluruh file website lewat internet. Ini tentunya dapat meningkatkan resiko dari serangan cyber ketika koneksi yang digunakan tidak aman.

b. Kecepatan server tergantung kecepatan internet

Cloud server hanya dapat dipakai lewat internet dan kecepatannya sangat bergantung untuk beberapa cepat internet tadi digunakan.

c. Could dapat menjadi mahal

Saat ini banyak cloud provider menerapkan sistem berupa pay as you go. Sehingga ketika kalian tidak berhati-hati di dalam mengelolanya maka biaya hosting ini menjadi sangat mahal.

Manfaat Hosting Cloud

Setelah melihat kelebihan dan kekurangannya maka bisa disimpulkan jika manfaat dari hosting ini yaitu bisa membuat website berjalan lebih lancar terlebih ketika terjadi lonjakan lalu lintas. Terlebih lagi hosting ini memiliki banyak fitur beragam yang membuat website berjalan lebih optimal.

Namun sayangnya hosting ini memiliki harga lebih mahal. Walaupun begitu jangan lelah melakukan survey untuk bisa mendapatkan layanan cloud hosting termurah sesuai kebutuhan.Itulah informasi terkait dengan cloud hosting, bagi kalian yang tertarik mendalami hal-hal berbau IT maka Coding Studio merupakan pilihan paling tepat. Tersedia berbagai macam paket kursus dengan harga terjangkau yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak upgrade skill.

Related Articles