Website Adalah: Penjelasan dan Macamnya

Website jadi bagian yang penting dari berkembangnya internet. Jumlahnya sendiri kini mencapai 15 miliar di seluruh dunia. Jumlahnya pun diprediksi akan terus bertambah ke depannya. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet di dunia.

Website adalah terobosan di bidang teknologi yang dapat menghubungkan satu pengguna dengan pengguna internet yang lainnya. Nah, guna mengetahui secara lebih lengkap seputar website tadi simak informasinya di bawah ini ya!

Pengertian Website

website adalah

Website adalah serangkaian data berbentuk digital yang ditampilkan dalam bentuk kumpulan web page atau halaman elektronik. Website pada umumnya terkoneksi dengan suatu alamat yang spesifik di internet.

Adapun alamat yang menunjukkan website tersebut dikenal dengan istilah domain. Rangkaian data yang ada di website terdiri atas unsur yang berbentuk format teks, musik, video, tabel, gambar dan grafik. Format visual haruslah menarik karena dapat menarik antusias dari pengguna internet nantinya.

Umumnya website dapat diakses secara umum menggunakan IP atau public Internet Protocol yang ada dalam jaringan internet pada saat pengguna online.

Akan tetapi ada juga website yang dapat diakses secara offline dengan menggunakan jaringan LAN. Website yang dapat diakses secara offline tersebut antara lain seperti website pemerintahan, pribadi maupun komersial.

Di mana hampir kebanyakan website tersebut dibuat untuk banyak kepentingan, seperti untuk urusan pemerintahan, kepentingan sosial, pendidikan dan bahkan hiburan. Adapun contoh website adalah facebook.com, backpackertampan.com.

Tampilan Website

website adalah

Pada saat membuka website, pengguna internet akan diberikan tampilan website yang terdiri dari header, footer, main wrapper atau content area dan sidebar. Adapun penjelasan dari tampilan website tersebut antara lain:

· Header

Header merupakan bagian yang paling atas dari tampilan website. Sering kali header ini isinya logo ataupun nama situs website yang disertai dengan deskripsinya. Fungsi header sendiri yakni untuk menampilkan ciri utama dari situs website.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Pemrograman C++ yang Sederhana dan Penjelasannya

Pada bagian header website juga biasanya akan ada beberapa tombol berupa kotak pencarian, navigasi menu website dan juga link dari media sosial yang berkaitan dengan website tersebut.

· Footer

Footer adalah bagian yang berada di bawah dari sebuah website. Sering kali footer ini isinya yakni hak cipta atau copyrights, kredit link dari desainer web, hingga berisi navigasi tambahan berupa widget.

· Main Wrapper

Bagian ini merupakan bagian utama dari website yang menampilkan postingan, isi maupun konten dari sebuah website. Main wrapper ini adalah bagian yang paling penting dari tampilan website, karena hal tersebut merupakan salah satu yang menjadi incaran pengguna internet.

· Sidebar

Sidebar merupakan bagian yang terdapat di sisi kiri ataupun sisi kanan dari tampilan website. Pada bagian sidebar ini isinya yakni informasi tambahan untuk pengguna dan beberapa tombol navigasi seperti widget.

Beberapa yang sering ditampilkan pada sidebar antara lain daftar tulisan yang terbaru, kotak pencarian, label maupun kategori, artikel yang terpopuler serta kotak untuk berlangganan postingan konten website.

Jenis Website

Setelah mengetahui website adalah kumpulan data atau konten pada sebuah halaman elektronik. Website dapat dikategorikan menjadi dua jenis pada saat diakses. Website yang pertama yang berjenis static website dan yang kedua yang berjenis dynamic website.

§ Static website

Jenis pertama dari website adalah website statis. Website statis atau static website adalah website yang formatnya dikembangkan dengan HTML atau Hypertext Markup Language ataupun dapat juga CSS (Cascading Style Sheets).

Website jenis statis ini menampilkan format sama pada saat pengguna membukanya. Walaupun pengelola telah mengupdate informasi, namun tampilan yang muncul pada saat akses website akan tetap sama.

Bila pengelola website sendiri ingin mengubah tampilan, maka haruslah mengubah lewat bahasa pemrograman yang mana pengelola harus paham dasar pemrograman suatu website.

Website jenis ini punya kemiripan yakni terdapat 5 halaman yang utama. Pada umumnya halaman tersebut digunakan untuk menjelaskan informasi yang terkait dengan kontak, produk, sejarah dan informasi lainnya yang berkenaan dengan konten.

Baca Juga:  Kursus Software Engineering Academy di Coding Studio

Dalam konten website tersebut juga ada tampilan multimedia seperti halnya musik dan video guna menambah informasi sehingga lebih menarik ketika ditampilkan. Website jenis ini juga punya ciri berupa interaksi yang kurang fleksibel antara pengunjung dan pengelola website.

§ Dynamic website

Jenis kedua dari website adalah dynamic website, yang mana dinamis atau dynamic website adalah jenis website yang dapat menyesuaikan tampilan dan isi berdasarkan dengan user yang mengakses website tersebut.

Bila sebelumnya pada static website menggunakan CSS dan HTML, maka website dinamis ini bahasa pemrograman yang digunakan yakni PHP, Perl, Phyton, JavaScript dan lainnya. Dengan bahasa pemrograman tersebut, pengelola dapat mengembangkan websitenya.

Pengelola dapat menerapkan berbagai konsep visual yang ditunjang dengan interaksi kepada pengunjungnya. Ada beberapa fitur khusus yang dijumpai pada dynamic website ini. Di antaranya seperti live chatting, cookies, form registrasi, kolom komentar dan lainnya.

Halaman pada dynamic website disusun sama seperti static website namun ada perbedaan di bagian engine search. Di mana pada dynamic website terdapat mesin yang membantu pengunjung menampilkan kumpulan artikel yang telah diterbitkan.

Lewat adanya mesin tersebut, pengunjung diberikan layanan fasilitas berupa akses ke semua konten secara mudah yang ada di website. Sehingga informasi dapat disampaikan secara maksimal lewat penggunaan website.

Apa itu Design Website?

website adalah

Design website adalah suatu cara untuk menciptakan sebuah tampilan maupun rasa dari website yang ditampilkan kepada pengguna. Cara ini terbagi atas beberapa tahap yang berupa proses perencanaan dan perancangan bagian website seperti header, footer, widget dan lainnya.

Pada tahapan web design juga dibentuk tampilan grafis, desain antar muka bagi pengguna, desain pengalaman untuk pengguna, fitur search engine optimization hingga teknologi perangkat ramah pengguna.

Mendesain web berbeda dengan mengembangkan web, yang mana pada pengembangan web menggunakan kode-kode aktual sehingga membuat situs web dapat berfungsi dengan baik.

Seorang desainer web mempunyai andil dalam menciptakan konsep kreatif dalam rangka desain website yang menarik. Website yang menarik dapat menjadi nilai plus sendiri bagi pengunjung yang mengakses websitenya.

Baca Juga:  Browser Adalah: Pengertian dan Jenisnya

Mengapa Web Design Penting?

Setelah sebelumnya dijelaskan bahwa tentang website adalah kumpulan informasi yang dirangkum dalam halaman elektronik, maka perlu adanya hal khusus yang membuat website tadi baik untuk dilihat dan dapat menarik minat pengunjung.

Ya, hal itu dapat dilakukan dengan menggunakan web design. Sehingga mengapa perlu web design? Supaya menciptakan kesan pertama yang menarik bagi pengunjung yang mengakses website tersebut.

Dalam hal ini bentuk visual memang memiliki peran penting bagi website yang mana dapat menarik pengunjung untuk berkunjung dan maupun membuat pengunjung dengan cepat menutup akses website tersebut.

Kesimpulan

Website adalah sekumpulan informasi yang ditampilkan lewat halaman elektronik yang dapat diakses pengunjung. Jenisnya sendiri yakni ada yang berbentuk statis dan dinamis, dengan ditunjang dengan adanya web design untuk memberikan tampilan yang baik pada website.

Tertarik mengikuti kursus Web Development, cek promonya di Coding Studio