Hybrid Cloud adalah Sistem Cloud Dengan Banyak Keunggulan

Hybrid Cloud adalah Sistem Cloud Dengan Banyak Keunggulan

Beberapa diantara kalian sudah familiar dengan hybrid cloud. Sebenarnya hybrid cloud adalah salah satu dari jenis cloud computing selain Private dan Public Cloud. Tentunya masing-masing dari jenis tersebut memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Akan tetapi diantara ketiga jenis tersebut nyatanya hybrid cloud yang banyak dipakai oleh perusahaan. Tentunya kalian bertanya-tanya apa yang membuatnya menjadi istimewa? Berikut ini adalah penjelasannya.

Jenis Cloud computing yang paling sering digunakan oleh perusahaan saat ini adalah Hybrid Cloud. Lalu, apa yang membuat hybrid cloud ini menjadi istimewa? Hybrid cloud adalah solusi tepat untuk perusahaan yang membutuhkan skalabilitas yang tinggi dan keamanan yang ketat.

Mengetahui Apa Itu Hybrid Cloud

Apa Itu Hybrid Cloud

Hybrid cloud merupakan teknologi yang menggabungkan antara elemen public cloud dan private cloud. Teknologi ini umumnya dipergunakan perusahaan ataupun bisnis yang mempunyai data besar serta memerlukan security compliance management baik.

Model ini sering dipakai perusahaan yang memang mengharuskan konsumennya untuk mengakses suatu data di dalam website maupun aplikasi.

Hybrid cloud adalah sebuah sistem yang menguntungkan bila dilihat dari sisi internal perusahaan serta user. Kenapa demikian? Ini karena perusahaan memerlukan data credential dari user lalu mengolah data yang penting ke server perusahaan.

Sedangkan user masih dapat memantau secara penuh apa data yang sudah dimasukkan pada server tersebut. Sebenarnya bila dilihat secara langsung, ketika memakai sistem ini maka perusahaan dapat menghemat lebih banyak data.

Industri yang cocok memakai sistem ini yakni industri ritel, kesehatan, keuangan, dan industri lain yang memerlukan server yang mampu diakses pengguna umum.

Keunggulan dan Kekurangan Hybrid Cloud

Keunggulan Hybrid Cloud

Hybrid cloud mempunyai beberapa keunggulan yang bisa kalian jadikan pertimbangan saat memilih infrastruktur digital.

Baca Juga:  Cache adalah: Ruang Penyimpanan, Manfaat dan Cara Menghapusnya

a. Fleksibilitas tinggi

Poin keunggulan pertama yakni fleksibilitasnya dikarenakan perusahaan dapat memilih jenis penyimpanan yang akan digunakan.

Pemakaian sistem ini tentunya kalian dapat lebih leluasa untuk bisa berganti diantara private cloud ke public cloud ataupun sebaliknya secara mudah.

Kemampuan komputasi hibrida tidak hanya dikarenakan kemudahan integrasi diantara public cloud dan private cloud akan tetapi dalam hal aksesnya juga tergolong sangat mudah.

b. Pengendalian kontrol

Berbicara mengenai kendali kontrol tentunya memakai sistem ini tergolong mudah. Kalian dapat memanfaatkan layanan hybrid cloud dengan kontrol ekstra saat membutuhkan fungsi pengaturan khusus.

User ataupun perusahaan nantinya memegang kontrol secara penuh terhadap data serta aplikasi yang dipakai.

Hal ini tentunya memungkinkan dilakukan pada hybrid cloud karena kalian memiliki akses dalam mengendalikan sistem baik publik maupun private cloud.

c. Biaya rendah

Salah satu kelemahan yang banyak diketahui ketika memakai private cloud dari segi biaya yang tergolong sangat tinggi saat dipakai menyimpan data sensitif.

Sedangkan ketiak memutuskan memakai public cloud, biayanya tergolong rendah akan tetapi dari segi keamanan kurang terjamin.

Jadi hybrid cloud adalah solusi yang bisa menyeimbangkan antara keduanya supaya kalian sebagai konsumen memperoleh keseimbangan baik dari segi fitur keamanan dan budget.

Salah satu strategi yang dapat dipilih sendiri yaitu menyimpan beberapa data ke private cloud untuk data sensitif, sedangkan public cloud untuk menyimpan data yang sifatnya kurang sensitif.

d. Skalabilitas

Ketika membicarakan skalabilitas, tentunya hybrid cloud merupakan pilihan terbaik dikarenakan dapat sepenuhnya membagi beban diantara public cloud dan private cloud.

Adapun ketika kebutuhan resource perusahaan kian membesar, maka kalian dapat meningkatkan kapasitas secara mudah pada masing-masing sistem.

e. Dukungan keamanan

Kalian tidak perlu mengkhawatirkan ancaman kegagalan sistem dikarenakan seluruh data sensitif tadi sudah terjaga pada private cloud.

Seperti ketika hybrid cloud mengalami error pada salah satu tipe cloudnya, maka kalian bisa memanfaatkan cloud lain untuk backup data. Tentunya manfaat hybrid cloud yang satu ini sangatlah menguntungkan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Github & Cara Kerjanya

f. Penyimpanan

Pemakaian teknologi ini sangat memungkinkan kalian memperoleh penyimpanan dengan lebih efisien. Hybrid Cloud memakai teknologi yang telah terintegrasi diantara public cloud dan private cloud jadi kapasitasnya tergolong lebih besar.

Kekurangan Hybrid Cloud

a. Biaya besar diawal

Kekurangan yang pertama yakni biaya operasionalnya cenderung lebih besar saat di awal dibandingkan sistem lainnya terlebih jika perusahaan kalian membuat sendiri private cloud. Namun pada sisi lainnya, sistem ini dapat membantu efisiensi ketika berada di industri yang memang tepat sesuai kebutuhan.

b. Kurang visibilitas

Tidak dipungkiri sistem ini terkadang menyulitkan di dalam pengoperasiannya ketika perusahaan tidak mempunyai gambaran yang jelas pada sistem tadi. Jadi dalam jangka panjang bisa menimbulkan isu kritikal di dalam perusahaan.

c. Security complexity

Kekurangan lainnya untuk sistem keamanan tergolong cukup kompleks dikarenakan kalian perlu menggabungkan dua jenis cloud lalu saling mengintegrasikannya. Hal ini karena memang kedua jenis cloud tadi mempunyai perlakuan berbeda serta faktor keamanan tidak hanya bergantung pada kedua jenis cloud tadi melainkan pada layanan, server, platform, dan lainnya.

Inilah Cara Kerja Hybrid Cloud

Jika kalian tahu apa itu mobil hybrid yang memakai dua mesin yakni mesin konvensional berbahan bakar bensin serta mesin tenaga listrik.

Cara Kerja Hybrid Cloud

Ini berlaku juga pada cloud, hybrid cloud adalah gabungan antara private dan public cloud. Untuk cara kerjanya yakni data serta beban kerja dapat berpindah di antara platform cloud serta berbagai daya antar cloud.

Bisa dikatakan jika teknologi ini merupakan solusi paling baik yang menggabungkan antara public cloud serta private cloud.

Kenali Implementasi Hybrid Cloud

Sebelum memakai teknologi komputasi hibrida, terdapat tiga hal yang harus dipertimbangkan perusahaan ketika mengimplementasikan sistem hybrid cloud ini.

a. Siapkan tools monitoring

Penting diketahui jika saat ini belum terdapat solusi terbaik yang dapat dimanfaatkan guna melakukan pembantaian ataupun monitoring public cloud serta private cloud bersamaan. Sehingga kalian harus mempersiapkan tools khusus yang bisa digunakan memantau private dan public cloud.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu ICT? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Macam-Macamnya

b. Tentukan aplikasi yang perlu dipasang

Kalian juga perlu menentukan aplikasi yang akan dipasang dan kalian juga harus dapat menentukan tentang bagian mana yang perlu ada di private cloud dan public cloud. Ini penting untuk diperhatikan mengingat masing-masing bisnis mempunyai arsitektur berbeda jadi membutuhkan pendekatan lebih dalam.

c. Sumber daya manusia

Permasalahan sumber daya manusia terkadang menjadi suatu penghambat utama di dalam transformasi teknologi. Jadi kalian perlu menyiapkan SDM terbaik dan dapat mengatur infrastruktur cloud computing serta networking.

Melihat penjelasan di atas hybrid cloud adalah suatu solusi bagi kalian yang menggunakan sistem private dan public cloud sekaligus. Banyak keuntungan yang bisa kalian peroleh ketika menggunakannya.Jadi memang hybrid cloud adalah suatu hal yang penting dalam sebuah sistem penyimpanan.

Supaya kalian bisa memahami cloud ini dengan lebih dalam maka bisa belajar di Coding Studio. Banyak pembelajaran seputar IT yang bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian pastinya dengan biaya yang sangat terjangkau.

Related Articles