Niche Market Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Niche Market Adalah Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Niche market adalah solusi efektif bagi bisnis Anda agar bisa diterima konsumen di pasar terbatas. Sehingga bisnis Anda nantinya diharapkan dapat menemukan pasarnya sendiri. Strateginya yaitu dengan memberikan ciri khas berbeda dari para kompetitor.

Cara ini bisa membantu bisnis Anda untuk menciptakan keunggulan dengan cara memfokuskan perhatian terhadap segmen pasar yang diabaikan oleh para kompetitor. Sehingga Anda bisa membuat produk atau layanan yang sesuai kebutuhan konsumen.

Pengertian Niche Market

Apa itu niche market merupakan strategi marketing yang fokus terhadap segmen spesifik di pasar terbatas. Dalam hal ini, perusahaan fokus terhadap kelompok konsumen yang mempunyai preferensi spesifik namun terabaikan oleh para kompetitor. Dari sini, perusahaan bisa mengembangkan suatu produk yang lebih relevan dan mengandung nilai tambah bagi mereka.

Pengertian Niche Market

Niche market adalah solusi yang memungkinkan perusahaan bisa bersaing secara efektif. Selain itu juga membantu untuk menciptakan loyalitas konsumen yang lebih kuat karena produk yang dihasilkan lebih relevan. Sebaiknya, strategi ini bisa mulai Anda pertimbangkan untuk menyukseskan pasar yang semakin kompetitif dan padat.

Manfaat Niche Market

Lebih lanjut, apa saja sih manfaat niche market yang bisa perusahaan dapatkan? Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Manfaat Niche Market

Mengurangi Persaingan Bisnis

Jika Anda menentukan target pasar secara spesifik maka dapat mengurangi persaingan bisnis. Sebab, belum ada kompetitor lain yang memiliki target pasar seperti yang Anda tentukan. 

Baca Juga : Branding Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Sayangnya, kondisi ini bisa berlangsung sesaat saja. Biasanya kompetitor lain yang mengetahui keberhasilan Anda akan turut serta memanfaatkan cara yang sama. Sehingga Anda juga harus mempersiapkan diri untuk menentukan strategi mengatasi kemungkinan ini.

Baca Juga:  Impression: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menghitungnya

Konsumen Lebih Mudah Mengenali

Karena jumlah kompetitornya yang cenderung sedikit, bisnis Anda lebih mudah untuk terkenal. Saat produk Anda sudah populer, kemungkinan besar konsumen akan merekomendasikan kepada orang lain. Nama brand Anda menjadi semakin populer karena penyebarluasan melalui rekomendasi ini.

Target Pasar Lebih Terfokus

Niche market adalah strategi yang membuat target pasar lebih fokus. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki budget terbatas, sehingga proses marketing dan targeting harus jelas agar produk laku keras di pasaran.

Cara Menentukan Niche Market

Cara menentukan niche market berikut ini dapat membantu Anda dalam memaksimalkan penerapan strategi tersebut.

Riset Tren Pasar

Agar bisa menentukan target pasar yang tepat, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu melalui internet. Anda harus mengenali pasar yang sesuai dengan produk yang hendak Anda jual. Bukan hanya itu saja, namun juga kebutuhan pelanggan dan kompetitor yang sekiranya menargetkan pasar itu juga. 

Cross Check

Jika Anda sudah yakin dengan pasar yang Anda ingin fokuskan, barulah melihat banyaknya kompetitor yang ada di pasar tersebut. Lalu, pertimbangkan pula apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompetitor. Hal ini bisa memperkuat strategi bisnis yang Anda susun agar mendapatkan nilai tambah.

Buat Keputusan Tepat

Setelah Anda melakukan analisis kadar persaingan pada pasar tersebut, lalu putuskan segera untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan masuk pada pasar itu. Jika hanya sedikit yang bermain, bisa jadi Anda memiliki peluang yang menjanjikan untuk menonjol.

Mempublikasikan dan Mempromosikan

Ketika Anda sudah yakin dengan keputusan tersebut, selanjutnya buatlah konten menarik. Lalu promosikan konten tersebut secara online, bisa melalui blog, website, Instagram, WhatsApp, TikTok dan sebagainya. 

Contoh Niche Market

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan niche market, sebaiknya simak penjelasan mengenai contoh niche market berikut ini.

Apple

Pasar dari produk ini merupakan penggemar dari produk-produk Apple, misalnya iPhone, MacBook, iPad dan sebagainya. Mereka cenderung mencari produk yang memiliki tampilan elegan dan terintegrasi pada produk Apple lainnya. 

Baca Juga:  User Interface Adalah? Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Tesla

Tesla adalah perusahaan mobil listrik yang berdiri tahun 2003. Merek ini langsung terfokus pada pasar mobil mewah. Sehingga Tesla mengeluarkan mobil listrik ramah lingkungan yang memiliki desain elegan dan lengkap dengan teknologi canggih. Saat ini, Tesla sudah berhasil memimpin pasaran mobil listrik.

Pasar Pengguna Cryptocurrency

Pasar pengguna cryptocurrency mempunyai minat khusus pada dunia crypto. Mereka cenderung mencari software dan hardware yang memudahkan transaksi, pengelolaan crypto dan penyimpanannya. Misalnya software trading, wallet hardware, serta akses menuju platform exchange.

Cara Mencari Niche Market

Cara Mencari Niche Market

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara mencari niche market? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Menentukan Potensi dan Minat

Anda harus bisa menggali minat dan potensi agar bisa menentukan produk yang sekira bisa Anda jadikan bisnis. Pebisnis sering kali mengalami pasang surutnya bisnis, salah satu solusi untuk melewatinya adalah mempunyai minat untuk menjalankan bisnis yang tepat.

Baca Juga : Viral Marketing Adalah? Pengertian, Strategi, Kelebihan dan Kekurangannya

Tidak hanya minat saja, namun Anda juga harus mengidentifikasikan potensi yang terdapat dalam diri Anda dan hal-hal yang Anda kuasai. Nantinya akan muncul kenyamanan ketika Anda menjalankan bisnis.

Uji Coba Produk

Lakukanlah uji coba produk agar bisa menentukan bagaimana potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh dari niche market. Analisa perkembangan niche market, lalu amatilah celah apa saja yang bisa Anda jadikan masukkan untuk produk tersebut.

Hal ini sangat berguna agar Anda bisa melakukan peningkatan produk. Sehingga bisnis Anda bisa berkembang pesat sesuai kebutuhan konsumen. Itulah penjelasan tentang niche market adalah strategi bisnis yang fokus pada segmen pasar yang spesifik.

Strategi ini juga terkadang membutuhkan kemampuan Anda dalam menggunakan teknologi. Untuk bisa menguasai dunia IT, Anda bisa mengikuti kursus IT Coding Studio.

Related Articles