Data Driven Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Data Driven Marketing Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Data driven marketing adalah salah satu langkah marketing yang memanfaatkan big data analisis yang membuat marketing jadi efektif. Pengembangan perusahaan, produk, sampai langkah marketing bisa dilakukan dengan menggunakan data driven marketing ini. Berikut ini kami akan berikan penjelasan mulai dari pengertian, manfaat, dan juga beberapa contoh untuk lebih memahaminya dengan baik. 

Pengertian Data Driven Marketing

Memahami apa itu data driven marketing sangat penting untuk bisa memahaminya dengan baik dan kemudian menerapkannya untuk bisnis kalian. Data driven marketing merupakan strategi marketing yang mengoptimalkan penggunaan data kuantitatif untuk meningkatkan komunikasi brand dengan kegiatan informasi. Data konsumen seperti informasi demografi, status sosial, sampai perilaku akan dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung langkah marketing. 

Pengertian Data Driven Marketing

Data digital mengenai konsumen bisa didapatkan melalui berbagai macam platform saat ini dengan teknologi yang makin berkembang. Setiap platform akan menampilkan data konsumen yang berbeda, sehingga perusahaan akan mendapatkan data konsumen yang lebih luas dan mendalam. Kumpulan data tersebut akan membuat perusahaan lebih mengenal konsumen dan bisa berinteraksi dengan lebih baik nantinya. 

Bila dilihat dari prosedurnya kita bisa tahu kalau langkah data driven marketing itu sangat cocok diaplikasikan untuk beberapa kepentingan marketing. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Menentukan Segmen Pasar

Segmentasi pasar sangat bisa ditentukan dengan adanya kumpulan data kuantitatif dari konsumen yang cukup besar. Data konsumen yang dikumpulkan dan dianalisis tentunya akan membentuk satu niche atau target pasar yang tepat untuk perusahaan. Hal tersebut sudah pasti akan sangat membantu dalam penentuan segmen pasar supaya lebih tepat dan efektif untuk marketing. 

2. Mendesain Strategi Marketing

Data driven marketing adalah sebuah strategi yang sangat cocok digunakan untuk mendesain strategi marketing yang efektif dan efisien. Analisa data konsumen yang mendalam ini sudah pasti akan membantu langkah marketing bisa benar-benar efektif dan tentunya tepat sasaran. Tujuan marketing bisa dicapai dengan lebih mudah dan tentunya dengan biaya yang mungkin bisa lebih ditekan. 

Baca Juga:  Customer Journey Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Menerapkannya

3. Mengoptimalkan Konten Promosi

Konten promosi pun bisa dioptimalkan ketika kalian mengaplikasikan strategi marketing data driven marketing dengan baik. Konten yang dibuat bisa lebih fokus pada target pasar yang sudah didapatkan dari data driven marketing yang sudah dilakukan. Jadi konten promosi lebih efisien untuk memperkenalkan produk kepada konsumen dan mampu meningkatkan penjualan secara signifikan. 

Manfaat Menggunakan Data Driven Marketing

Manfaat Menggunakan Data Driven Marketing

Data driven marketing sangat bermanfaat dalam proses marketing perusahaan, karena bisa membuat langkah marketing lebih terarah. Berikut ini beberapa manfaat data driven marketing yang bisa dirasakan oleh perusahaan termasuk dalam langkah marketing. 

  1. Target dari kegiatan marketing akan jauh lebih jelas, sehingga arah langkah marketing akan lebih jelas juga.
  1. Pembuatan konten dalam langkah marketing akan jadi semakin tepat sasaran, karena bisa memahami pola perilaku dan lain sebagainya. Sehingga nantinya konten akan lebih mudah masuk ke target pasar dan bisa mencapai tujuan marketing dengan lebih maksimal.
  1. Audiens atau pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang berbeda, karena mereka akan merasa lebih dihargai sebagai pelanggan. Berbagai campaign akan dibuat dengan menjadikan konsumen sebagai pusatnya, sehingga jelas memberi pengalaman yang berbeda.
  1. Membantu efisiensi biaya dalam setiap langkah marketing yang dibuat oleh perusahaan, karena semua langkah lebih terarah. Jadi biaya untuk marketing akan lebih minim dengan hasil yang tentunya jauh lebih maksimal.
  1. Data driven marketing adalah langkah yang bisa membantu perusahaan menghasilkan produk yang tepat dan mengembangkan produk. Selain itu produksi yang dilakukan oleh perusahaan pun akan lebih tepat sasaran, karena sudah tahu konsumsi produk untuk area tertentu. Jadi biaya produksi bisa ditekan dan kemungkinan peningkatan perputaran uang pun akan terjadi.
Cara Melakukan dan Menerapkan Data Driven Marketing

Cara Melakukan dan Menerapkan Data Driven Marketing

Setelah sudah mengetahui beberapa manfaatnya, tentu saja saatnya untuk mengetahui bagaimana cara melakukan data driven marketing ini dengan sangat baik. Berikut ini kami akan jelaskan detail langkahnya.

  1. Identifikasi data yang sudah terkumpul menjadi langkah awal untuk melakukan data driven marketing ini dengan baik. Jadi dari semua data yang didapatkan dari marketer akan diidentifikasi lagi untuk bisa menemukan data yang sangat berguna bagi perusahaan. 
  1. Pergunakan data sesuai dengan kebutuhan mulai dari kebutuhan marketing, kebutuhan produksi, dan masih banyak lagi yang lainnya. 
  1. Membuat kembali iklan yang terpercaya didasarkan pada data yang sudah didapatkan dan sudah dianalisis sebelumnya. Data driven marketing adalah sebuah strategi marketing, jadi utamanya memang untuk membuat langkah marketing lebih efektif dan efisien. 
  1. Memilih channel yang tepat sesuai dengan target market yang sudah didapatkan dari data yang sudah terkumpul sebelumnya. Nantinya akan terlihat channel yang tepat dan efektif untuk digunakan sesuai dengan karakteristik brand dari perusahaan. 
Baca Juga:  Definisi Startup: Ada Apa Saja di Indonesia?

Contoh dari Data Driven Marketing

Ada beberapa contoh data driven marketing yang sudah terjadi di dunia, salah satunya itu dilakukan oleh platform Youtube. Platform tersebut mampu menganalisis konsumen dengan baik dengan data yang besar yang sudah dikumpulkan selama operasional Youtube. Jadi mereka bisa memberikan saran konten yang tepat berdasarkan interest, usia, dan lain sebagainya.

Data driven marketing adalah sebuah ilmu dan skill penting yang harus dimiliki oleh digital marketing di masa sekarang. Kalian bisa mempelajari mengenai data driven marketing ini melalui Coding Studio yang memiliki materi yang lengkap dan mudah dipahami. Segera daftarkan diri kalian di kelas kursusnya.

Related Articles