Collateral Definition Marketing: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Collateral Definition Marketing Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Pengertian collateral definition marketing yaitu suatu strategi untuk mempromosikan suatu merek, produk, layanan atau perusahaan di sejumlah media yang tersedia. Strategi ini sangat penting agar bisa menguasai pasar melalui media tertentu supaya sebuah merek selalu diingat oleh konsumen. 

Perusahaan juga memakai strategi ini bertujuan untuk membuat merek mereka semakin dikenal serta semakin luas dalam menjangkau konsumen. Nah, setelah memahami apa itu pengertian collateral definition marketing, pahami juga jenis dan fungsinya di bawah ini. 

Fungsi Collateral Definition Marketing

Fungsi Collateral Definition Marketing

Collateral definition marketing mempunyai fungsi dalam membangun kredibilitas merek setra menjaga supaya pesan bisa tersampaikan dengan konsisten. Nah, untuk fungsi lainnya dari collateral definition marketing yaitu: 

1. Meningkatkan Kesadaran dan Minat Konsumen terhadap Produk

Collateral definition marketing berfungsi untuk meningkatkan kesadaran dan minat konsumen. Objek promosinya terdiri dari semua hal yang unik serta menarik mengenai merek dan produk supaya konsumen dapat diajak berkomunikasi. 

2. Memperkuat Citra dan Identitas Brand

Manfaat berikutnya collateral definition marketing adalah untuk memperkuat citra merek dengan profesional demi membangun kepercayaan serta kredibilitas supaya konsumen jadi loyal dengan merek tersebut. Identitas brand bisa diperkuat dengan sejumlah objek promosi, seperti brosur, katalog, kartu nama, infografis, posting video dan sebagainya. 

Baca Juga:  Apa itu SEM (Search Engine Marketing)? Pengertian dan Manfaatnya

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Collateral definition marketing juga berfungsi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen kepada brand. Perusahaan harus bisa menjelaskan tujuan produk serta manfaatnya kepada konsumen. 

4. Memudahkan Tim Pemasaran saat Menjual Produk

Collateral berfungsi untuk memudahkan tim pemasaran saat menjual produknya, seperti poster klasik hingga postingan di media sosial akan membantu tim pemasaran dalam penjualan produk. 

Nah, setelah Anda memahami penjelasan tentang pengertian collateral definition marketing dan fungsinya, perlu tahu juga soal manfaatnya berikut ini. 

Manfaat Collateral Definition Marketing

Mamfaat-manfaat dari collateral definition marketing yang perlu diketahui marketer adalah: 

1. Engagement dengan Pelanggan Bertumbuh dengan Baik

Marketing collateral dapat memberikan manfaat untuk membangun hubungan dengan konsumen atau pelanggan. Hal ini dapat membantu brand tersebut dapat dikenal oleh calon konsumen dengan baik. 

2. Brand Awareness Tercipta

Adanya media pemasaran yang tepat, maka dapat membantu perusahaan menciptakan kesadaran merek atau brand awareness. Target audiens satu ini dapat dipakai untuk meningkatkan brand produk bagi perusahaan, jadi branding dapat dibangun secara tepat. 

3. Memperkenalkan Produk Perusahaan

Marketing collateral juga bermanfaat untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada konsumen. Adanya media pemasaran yang diberikan ke konsumen merupakan salah satu cara memperkenalkan produk perusahaan kepada mereka. Media pemasaran satu ini dapat membantu konsumen mengenal layanan baru maupun produk perusahaan secara baik. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari marketing collateral yang perlu Anda pahami. 

Jenis Collateral Definition Marketing

Di zaman seperti sekarang ini, strategi marketing memanfaatkan platform digital jadi prioritas. Nah, beberapa contoh jenis marketing collateral digital yang paling umum digunakan adalah: 

Jenis Collateral Definition Marketing

1. Testimoni

Testimoni merupakan salah satu strategi marketing yang sangat ampuh sampai saat ini. Terlebih lagi di era digital, dengan menyajikan testimoni dengan berbagai format bisa Anda lakukan untuk melakukan strategi marketing yang tepat. 

2. Blog (Artikel)

Artikel blog juga salah satu media marketing yang sangat tepat untuk menyediakan konten yang edukatif dan informasi lebih mendalam. Tidak hanya itu saja, blog juga dapat membantu untuk meningkatkan traffic situs web jadi bisa menghasilkan leads. 

Baca Juga:  UX Designer: Pengertian, Tugas dan Cara Memulai Kariernya

3. Video

Video adalah salah satu jenis format media yang banyak diminati untuk mengoptimalkan marketing. Video dapat ditampilkan pada homepage situs web, halaman web paling sering dikunjungi, landing page hingga akun media sosial. 

Itulah dia beberapa jenis marketing collateral digital yang bisa Anda manfaatkan sebagai strategi marketing yang tepat. 

Cara Membuat Collateral Definition Marketing

Supaya lebih efektif, marketing collateral bisa dibuat dengan cara di bawah ini: 

1. Menetapkan Tujuan dan Target

Menentukan tujuan dan target sangatlah penting supaya perusahaan memahami targetnya dan cara mencapainya. 

2. Buat Desain yang Menarik dan Konsisten dengan Identitas Brand

Buatlah desain yang menarik serta konsisten dengan identitas brand dengan tujuan yang akan dicapai. Desain yang menarik serta konsisten dapat menarik perhatian para konsumen dan mereka akan mudah mengenal identitas yang Anda promosikan. 

3. Memilih Jenis Collateral yang Tepat

Pilihlah jenis collateral yang tepat untuk membantu mendapatkan tujuan tersebut karena berbeda tujuan pasti akan berbeda jenis collateral yang akan digunakan. 

4. Memastikan Pesan yang Disampaikan Jelas dan Efektif

Dilihat dari pengertian collateral definition marketing, strategi ini dilakukan untuk memperkenalkan produk. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memastikan pesan yang disampaikan jelas serta efektif. Konsumen akan lebih mudah memahami tujuan serta pesan yang ingin Anda sampaikan. 

Itulah beberapa contoh cara membuat marketing collateral yang efektif untuk dilakukan. 

Contoh Penerapan Collateral Definition Marketing

Contoh penerapan marketing collateral untuk meningkatkan kesadaran konsumen dengan digital collateral. Perusahaan minuman A ingin meningkatkan kesadaran konsumen dengan memanfaatkan digital collateral. Mereka biasanya memulainya dengan cara menentukan tujuan kampanye yang ingin dibuat untuk memperkenalkan produk barunya. 

Perusahaan tersebut harus membuat pesan yang menarik supaya bisa meningkatkan minat konsumen. Pesan pada kampanye haruslah jelas serta mudah dipahami dan saat menjalankan kampanye tersebut perlu memilih media yang tepat untuk menjangka target serta sesuai dengan tujuannya. Supaya semua tujuan bisa disampaikan perlu membuat konten yang menarik dan informatif, seperti gambar produk, video, hastag yang menarik dan lainnya. 

Baca Juga:  Digital Learning Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Nah, jadi itulah penjelasan mengenai pengertian collateral definition marketing, jenis, fungsi dan contohnya. Agar strategi promosi bisnis Anda berhasil, perlu meningkatkan skill digital marketing dengan cara ikuti kursusnya melalui Coding Studio.

Related Articles