Apa Itu Kol Marketing? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Apa Itu Kol Marketing Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

KOL marketing adalah seseorang yang mempunyai kredibilitas tinggi dan juga kapasitas dalam memberikan pengaruh pada banyak orang supaya mereka membeli produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Manfaat KOL biasanya untuk menaikkan kredibilitas suatu brand. 

Umumnya KOL merupakan orang yang cukup dikenal oleh masyarakat dan mempunyai pengaruh yang besar dan ahli di bidang tertentu, seperti dokter, selebriti dan yang lainnya. Nah, setelah Anda memahami apa itu kol marketing, simak juga manfaat, jenis, cara memilih KOL dan contohnya di bawah ini. 

Manfaat KOL Marketing  

KOL termasuk hal yang cukup penting di dalam dunia marketing pada era digital seperti sekarang ini sebab mereka memiliki banyak manfaatnya, seperti: 

Manfaat KOL Marketing  

1. Menaikkan Kredibilitas Brand 

KOL merupakan orang yang sudah memiliki pengalaman dan ahli di bidang tertentu, sehingga dapat memberikan dampak terhadap masyarakat sekitar. Saat suatu brand memakai KOL pada strategi marketing tersebut, maka kredibilitas suatu brand bisa naik. Hingga akhirnya banyak perusahaan yang menggunakan KOL marketing supaya bisa meningkatkan kredibilitas brand. 

2. Membantu Promosi Brand maupun Produk 

Seorang KOL bisa membantu aktivitas promosi atau produk suatu perusahaan. Cara menerapkan KOL marketing adalah dengan memposting konten di media sosial, Youtube hingga blog. 

Biasanya jumlah followers KOL dapat membantu suatu produk atau brand yang mereka promosikan dikenal lebih banyak orang. Bahkan beberapa pengikutnya akan memiliki peluang untuk membuka akun bisnis, mencari di Google hingga membeli produk yang dipromosikan. 

3. Menambah Jumlah Followers dan Pelanggan 

KOL juga bermanfaat untuk menambahkan jumlah followers dan juga pelanggan. Jika kredibilitas suatu brand sudah naik, maka jumlah followers dan pelanggan juga akan meningkat. Ada banyak pengaruh KOL yang bisa dirasakan seperti contohnya mouth-to-mouth marketing atau satu pelanggan yang mempengaruhi orang-orang yang ada di sekitarnya untuk memakai produk maupun brand yang telah dipromosikan oleh KOL. 

Nah, seperti itulah beberapa manfaat KOL marketing yang bisa didapatkan oleh suatu perusahaan. 

Jenis KOL Marketing 

Ada sejumlah jenis KOL marketing yang bisa dilihat dari segi keahlian dan target audiens dituju. Nah, di bawah ini beberapa jenis KOL yang paling umum ditemukan dan digunakan dalam strategi marketing: 

Jenis KOL Marketing 

1. KOL Selebriti 

Baca Juga:  Apa Itu Performance Marketing? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Cara Kerjanya

KOL selebriti merupakan jenis KOL yang dikenal oleh banyak masyarakat, seperti penyanyi, aktor, atlet dan yang lainnya. Biasanya mereka sudah memiliki penggemar yang cukup banyak di media sosial. Selain itu, mereka juga memanfaatkan popularitasnya dalam mempengaruhi followers atau penggemar mereka untuk berbagai hal. 

2. KOL Industri 

Jenis kol yang satu ini biasanya dari individu yang mempunyai pengetahuan serta pengaruh cukup kuat terhadap industri tertentu, seperti keuangan, teknologi, kesehatan dan sebagainya. Umumnya mereka juga kerap jadi pembicara maupun penulis yang terkenal di bidangnya masing-masing. 

3. KOL Lokal 

KOL lokal merupakan jenis KOL yang memiliki pengaruh besar di tingkat lokal, baik pada suatu kota maupun wilayah. KOL lokal umumnya sudah dikenal oleh masyarakat sekitar dan kerap dimanfaatkan oleh suatu brand atau merek lokal dalam mempromosikan produk maupun layanan yang mereka miliki. 

4. KOL Mikro 

KOL mikro biasanya tidak mempunyai banyak pengikut seperti kol influencer yang sudah populer, namun mempunyai pengaruh cukup besar terhadap komunitas maupun kelompok tertentu. Biasanya mereka berfokus pada suatu topik dan mempunyai hubungan yang erat juga dengan para pengikutnya. 

Begitulah beberapa contoh jenis KOL yang paling umum dikenal di dalam dunia marketing dan bisa Anda manfaatkan. 

Cara Memilih KOL Marketing

Cara Memilih KOL Marketing

Khusus bagi Anda yang ingin menggunakan KOL marketing, perlu memperhatikan beberapa hal. Cara memilih KOL marketing adalah: 

1. Mempunyai Banyak Followers 

Anda harus memilih KOL yang sudah memiliki banyak followers meskipun tidak begitu menjamin tujuannya bisa tercapai, namun jika semakin banyak followersnya akan berdampak semakin banyak orang yang mengenal brand Anda. 

2. Relevan dengan Brand 

Carilah KOL yang relevan dengan brand Anda atau sesuai dengan bidang keahlian yang mereka kuasai. Hal ini sangat penting supaya Anda bisa melihat apakah KOL yang dipilih sudah sesuai dengan brand Anda atau belum. Jika mereka relevan dengan bidang serta keahlian KOL, maka semakin mudah bagi mereka dalam menyampaikan suatu produk atau layanan kepada konsumen. 

Baca Juga:  Apa Itu Conversion Rate? Pengertian, Strategi dan Cara Meningkatkannya

3. Mengetahui Target Audiens 

Pastikan juga sudah memahami siapa target audiens yang ingin dijangkau, sehingga Anda bisa memilih KOL dengan baik. Anda bisa memilih KOL sesuai dengan target audiens seperti contohnya para generasi milenial supaya pesan yang disampaikan lebih mudah ditangkap oleh mereka. 

4. Memiliki Reputasi Positif di Dunia Nyata 

Jangan lupa saat mencari KOL marketing adalah memperhatikan reputasinya terlebih dahulu. Pastikan KOL yang Anda pilih sudah memiliki reputasi yang baik dan positif di dunia nyata, sehingga dapat dipercaya untuk mempromosikan atau menyampaikan pesan produk maupun layanan yang Anda miliki. 

Seperti itulah sejumlah tips atau cara memilih KOL yang tepat supaya bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan yang menggunakan mereka. 

Contoh KOL Marketing

Contoh KOL marketing yang ada di Indonesia bisa kita lihat Chef Renatta, yang merupakan seorang chef yang ahli di bidang memasak. Selain itu, ia juga sudah menempuh pendidikan di bidang tersebut, sehingga tidak perlu lagi diragukan lagi mengenai dunia memasak. Ada juga Ivan Gunawan yang juga memiliki keahlian pada bidang fashion hingga kini terkenal sebagai desainer di Indonesia. 

Jadi, KOL marketing adalah seseorang yang mempunyai kemampuan tinggi dan juga kapasitas dalam memberikan pengaruh pada banyak orang supaya mereka membeli produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Bagi Anda yang tertarik belajar IT dan dunia digital untuk mengembangkan bisnis Anda bisa coba kursus di Coding Studio.

Related Articles