Paid Promote Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Caranya

Berbagai cara dilakukan oleh pebisnis untuk meningkatkan skala bisnis dan keuntungan, mulai dari membuat iklan, melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang dinilai dapat meningkatkan keuntungan bisnis, hingga melakukan paid promote. Mungkin banyak yang belum tahu, paid promote adalah sebuah istilah yang sudah populer dalam dunia digital marketing terutama yang melibatkan iklan di media sosial Instagram.

Pengertian Paid Promote

Apa itu paid promote? Paid promote merupakan sebuah strategi promosi baik itu berupa produk ataupun jasa yang di mana promosi tersebut dilakukan oleh pihak ketiga yang mempunyai jumlah followers yang banyak. Mungkin Anda sudah sering mendengar kata paid promote yang memang akrab dengan dunia digital marketing pada media sosial Instagram.

Pengertian Paid Promote

Tujuan promosi dilakukan dengan menggunakan akun pihak ketiga dengan jumlah followers yang banyak adalah agar banyak pengikut dari akun tersebut merasa tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga berkeinginan untuk membeli.

Salah satu contoh paid promote yang baik adalah bisa membuat konten soft selling yang unik. Meningkatkan skill digital bersama Coding Studio juga akan dapat menambah kesuksesan dalam hal promosi.

Selain digunakan untuk meningkatkan penjualan, strategi paid promote juga berguna untuk meningkatkan kesadaran merek pada produk tertentu. Konsep dari paid promote adalah tindakan yang dilakukan oleh pebisnis dengan membayar akun yang memiliki banyak followers dan engagement tinggi, seperti influencer, selebgram, atau akun publik lainnya. Sehingga pemilihan akun yang tepat merupakan tips paid promote agar penjualan melalui Instagram bisa sukses.

Pada strategi pemasaran menggunakan paid promote maka orang ataupun akun yang bekerja sama dengan perusahaan tidak harus terkenal, hanya dengan jumlah followers dan engagement yang tinggi. Konten yang akan diposting juga dapat berupa foto atau video tergantung kepada perusahaan tersebut.

Baca Juga:  Belajar Sinematografi untuk Video Marketing: Pengertian, Teknik dan Contohnya

Sedangkan pada endorsement, perusahaan tidak perlu mempersiapkan bahan konten yang akan dibuat untuk promosi karena influencer tersebut yang akan menjelaskan tentang deskripsi produk atau jasa serta keunggulannya. Selain itu, produk yang dipromosikan juga dapat dikirimkan kepada influencer tersebut sehingga mereka dapat berbagi pengalaman setelah menggunakan produk atau jasa tersebut.

Manfaat Strategi Paid Promote

Strategi paid promote adalah strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan akhir-akhir ini. Selain dari beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari strategi paid promote seperti harganya yang terjangkau, terdapat juga manfaat paid promote sebagai berikut:

Manfaat Strategi Paid Promote

Meningkatkan Brand Awareness

Strategi paid promote yang dilakukan oleh perusahaan juga mampu meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa tersebut, karena promosi tersebut dilakukan menggunakan media sosial maka jangkauannya akan lebih luas.

Baca Juga: Viral Marketing Adalah? Pengertian, Strategi, Kelebihan dan Kekurangannya

Banyak pengguna media sosial yang akhirnya mengetahui tentang sebuah merek produk atau jasa yang dipromosikan, karena semakin banyak orang yang mengetahui tentang merek tersebut maka kredibilitas perusahaan tersebut juga akan meningkat.

Untuk meningkatkan brand awareness maka konten yang dibuat harus informatif dan juga mudah untuk diingat, sehingga kesan yang diciptakan akan terus ada pada benak audiens.

Menyampaikan pesan pada audiens

Dengan memilih influencer atau selebgram yang tepat, maka pesan akan tersampaikan dengan baik dan efektif. Selain itu juga perusahaan juga harus benar-benar memperhatikan target audiens yang tepat, agar hubungan antara pelanggan dan juga perusahaan dapat terjalin dengan baik.

Membangun hubungan yang baik dengan audiens bisa dilakukan dengan cara menjawab setiap pertanyaan dan juga memberikan solusi atas masalah yang dimilikinya. Sehingga akan mulai membangun rasa percaya diri dan reputasi yang baik.

Mampu meningkatkan engagement

Engagement pada akun Instagram yang digunakan untuk melakukan paid promote akan meningkat sehingga influencer atau selebgram tersebut dapat memberikan pengaruh yang positif melalui interaksi pada media sosial seperti like, share, comment, repost, dan simpan.

Selain itu, jika strategi paid promote tersebut berhasil maka akan meningkatkan jumlah followers yang pastinya jumlah penjualan juga akan terus meningkat. Kredibilitas bisnis juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya followers, karena audiens akan menganggap bahwa brand Anda sudah terpercaya.

Baca Juga:  User Persona Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Media promosi yang cukup efektif

Strategi promosi yang dilakukan menggunakan media sosial sudah terbukti efektif. Jutaan orang sudah menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi salah satunya Instagram yang bisa dimanfaatkan sebagai media iklan dengan peluang bisnis yang besar dalam peningkatan keberhasilan bisnis.

Hemat budget iklan

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan media promosi menggunakan media sosial dirasa lebih ekonomis dibandingkan dengan iklan lainnya, sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk iklan. Terlebih lagi bagi bisnis yang tergolong baru dan rintisan, maka strategi iklan di media sosial akan sangat membantu dan menghemat budget. 

Cara Kerja Paid Promote

Cara Kerja Paid Promote

Meskipun sudah melakukan paid promote, namun Anda harus tetap memperhatikan penggunaan strategi ini agar paid promote berhasil mendongkrak penjualan. Berikut merupakan cara paid promote: 

  • Mencari influencer atau akun yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga dirasa cocok atau berhubungan dengan bisnis yang akan dipromosikan.
  • Bertanya tentang rate card, peraturan, ketentuan, dan juga sistem kerja sama yang diberikan.
  • Anda dapat melakukan pembayaran secara full jika akun yang Anda pilih dirasa sesuai. Namun jika Anda belum pernah melakukan kerja sama dengan akun tersebut, maka Anda juga dapat meminta izin untuk melakukan pembayaran setengah harga terlebih dahulu.
  • Cara kerja paid promote adalah dengan mengirimkan konten yang harus diposting oleh pihak ketiga
  • Melakukan pemantauan dan juga analisis kepada akun tersebut. Tujuannya agar Anda dapat mengetahui apakah konten tersebut cukup berpengaruh atau tidak.