Manfaat Digital Marketing dan Strateginya

digital marketing

Digital marketing merupakan sebuah strategi yang digunakan untuk membantu pemasaran sebuah produk bisnis dengan memanfaatkan semua jenis media digital. Ada banyak manfaat digital marketing untuk membantu pemasaran suatu produk, semuanya akan dibahas pada artikel ini.

manfaat digital marketing

Mengingat ada banyak sekali jenis media digital yang ada saat ini, tentunya bisa dipahami mengapa digital marketing menjadi cara yang paling tepat untuk membantu pemasaran produk. Kali ini Kita akan mengulas tentang apa itu digital marketing, manfaat digital marketing dan kelebihan yang dimilikinya.

Mengenal Digital Marketing dan Manfaat Digital Marketing dalam Bisnis

Media pemasaran digital yang saat ini banyak digunakan untuk membantu bisnis terdiri dari saluran komunikasi yang sering Kita dapati dalam kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya via jaringan internet atau telepon yang digunakan oleh masyarakat kekinian.

manfaat digital marketing

Media digital menjadi sarana pemasaran yang jauh lebih efektif karena memiliki banyak sekali manfaat di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat digital marketingdari menggunakan media digital sebagai sarana pemasaran dalam bisnis.

Bisa membuat target pasar yang jauh lebih sesuai

Manfaat digital marketing yang pertama yaitu, bisa menentukan target pasar dalam bisnis yang sesuai dengan jenis produk yang dibisniskan. Menentukan target pasar yang sesuai bukanlah hal yang mudah, ada banyak faktor penentu yang bisa membuat target pasar bisa dibuat dengan tepat dan benar.

Dengan ketepatan penentuan target pasar maka bisnis yang dijalankan pun akan lebih lancar dan bisa meningkatkan penjualan dengan maksimal setelah memahami dengan baik apa itu digital marketing.

Melakukan penilaian strategi bisnis melalui data yang ada

Manfaat digital marketing ini adalah mendapatkan data bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk menilai apakah strategi yang sudah dipakai dalam bisnis sudah tepat atau belum. Sehingga Anda bisa memutuskan untuk melanjutkan penerapan strategi tersebut atau menggantinya dengan strategi lainnya yang dinilai lebih efektif untuk bisnis sesuai data yang ada.

Baca Juga:  User Interface Design vs User Experience, Apa Pentingnya?

Evaluasi sendiri bisa dilakukan dengan melihat berapa jumlah produk yang terjual, di wilayah mana produk tersebut banyak terjual dan bagaimana respon konsumen pada produk dalam bisnis Anda.

Jangkauan target pasar yang lebih luas

Manfaat digital marketing juga menggunakan media digital memungkinkan Anda untuk menjangkau target pasar dimana saja, kapan saja dan siapa saja yang ingin dicapai. Karena menggunakan media digital menjadi sarana pemasaran yang tak terbatas ruang maupun waktu. Informasi bisnis akan bisa tersampaikan dengan tepat guna dan tepat sasaran jika Anda memilih sarana pemasaran yang tepat.

Hemat biaya

Manfaat digital marketing juga dalam penggunaan media digital sebagai sarana pemasaran produk bisnis jauh lebih hemat biaya ketimbang menggunakan media pemasaran secara konvensional. Seperti misalnya, pada media konvensional akan membutuhkan jasa desain, jasa cetak dan bahan bakunya yang membutuhkan biaya besar.

Sedangkan untuk media digital, yang Anda butuhkan hanyalah jasa desain konten promosi produk yang selanjutnya tinggal menguploadnya via media sosial dan akan langsung terdistribusikan sesuai target pasarnya.

Mampu meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk

Manfaat digital marketing juga mempercayakan konten promosi pada media digital juga akan memberikan manfaat untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen pengguna produk. Khususnya jika produk yang ada dalam bisnis merupakan jenis kebutuhan harian yang akan membuat konsumen melakukan repeat order.

Melalui media digital pebisnis bisa membagikan pengalaman masing-masing pengguna ketika menggunakan produk tersebut sehingga efektif untuk mendapatkan kepercayaan konsumen dengan mudah dan cepat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah mempelajari dan menerapkan dengan benar tentang apa itu digital marketing.

Strategi Digital Marketing dan Cara Menerapkannya

manfaat digital marketing

Setelah mengetahui apa saja manfaat digital marketing yang menggunakan jaringan serta teknologi digital untuk menjangkau pemasaran secara memuaskan. Berikutnya Kita akan mempelajari apa itu digital marketing dan strateginya yang dipakai di dalam pemasaran secara digital ini.

  • SEM atau Search Engine Marketing

Jenis strategi marketing yang pertama adalah yang dilakukan dengan menggunakan layanan mesin penelusuran seperti misalnya Yahoo, Bing, Google hingga Facebook. Di dalam strategi marketing ini terdiri dua jenis metode yaitu menggunakan SEO yaitu sebuah cara untuk mengoptimasi konten pada media digital marketing sehingga manfaat digital marketing yaitu bisa ada di halaman pertama mesin penelusuran Google tanpa harus mengeluarkan biaya pada pihak penyedia iklan. Kemudian metode yang kedua adalah dengan Pay-per-Click atau PPC yaitu dengan melakukan upaya agar supaya isi dari digital marketing bisnis Anda selalu berada di halaman pertama mesin penelusuran dengan membayar pada penyedia iklan.

  • Mitra Afiliasi atau Influencer
Baca Juga:  Cumulative Layout Shift: Pengertian dan Cara Optimasinya

Kemudian strategi marketing pada pemasaran digital yang berikutnya adalah melalui bekerja sama dengan mitra afiliasi atau influencer yang bisa membantu memasarkan produk bisnis pada target bisnis yang lebih luas.

Pilih influencer sesuai dengan jenis produk Anda, yang mana dia sudah populer dan memiliki banyak pengikut untuk membantu mengiklankan produk di media sosialnya setelah Anda melakukan perjanjian menggunakan jasanya. Sedangkan untuk mitra afiliasi dilakukan dengan melakukan sejumlah pembayaran pada mitra afiliasi ketika mereka berhasil untuk menjual satu produk bisnis yang ditawarkan melalui konten pemasaran digital. Pemasaran konten

Yang berikutnya dalam mempelajari apa itu digital marketing adalah untuk melakukan strategi pemasaran konten yang dilakukan dengan menggunakan aneka ragam konten dari mulai untuk melakukan pembuatan, pengelolaan hingga melakukan posting pada konten yang ada.

Untuk strategi ini umumnya pemilik bisnis akan membuat sebuah situs website yang di dalamnya terdapat konten promosi produk dan jasa untuk menawarkan atau mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakannya. Selanjutnya Anda bisa membuat situs website memiliki SEO yang friendly dengan tujuan, agar supaya website yang dibuat ada di posisi laman penelusuran pertama dan mendapatkan banyak pengunjung untuk meningkatkan penjualan produk secara luas.

  • Email marketing

Adalah strategi pemasaran digital yang dilakukan dengan cara mengirimkan email pada pelanggan yang sudah melakukan subscribe pada akun milik Anda. Dalam hal ini, Anda harus membuat isi email lebih menarik dan membuat setiap penerimanya dengan sukarela mengklik tautan promosi yang disertakan di dalamnya. Untuk melakukan itu, Anda bisa memanfaatkan beberapa alat pelengkap dalam email marketing sehingga bisa membuat email untuk promosi yang jauh lebih menarik target bisnis.

  • Pemasaran via sosial media

Kemudian strategi yang berikutnya adalah untuk menggunakan sosial media dari mulai melakukan optimasi pada konten promosi bisnis hingga melalui cara memasukkan iklan bisnis di media sosial. Adapun jenis media sosial yang banyak digunakan untuk promosi bisnis diantaranya adalah Facebook, Twitter, YouTube, Tiktok dan lain sebagainya. Kini diketahui hampir semua jenis media sosial mempunyai layanan dan fitur khusus untuk mendukung promosi bisnis yang dilakukan dengan media sosial.

Baca Juga:  Brand Guidelines: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Untuk bisa menggunakan media sosial menjadi strategi pemasaran tentunya terlebih dahulu Anda harus memiliki akun media sosial tersebut terlebih dahulu. Kemudian baru membuat konten promosi untuk diupload pada waktu yang tepat sehingga konten promosi bisnis Anda akan diterima tepat oleh target pasar sesuai harapan. Ada beberapa cara yang bisa Anda pelajari untuk bisa membuat konten promosi yang bagus dan menarik sekaligus bagaimana cara menguploadnya dengan benar. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang apa itu digital marketing, manfaat digital marketing dan jenis strategi yang dimilikinya. Semoga bisa membantu untuk menjalankan bisnis yang lancar dan sukses.

Cek link ini untuk dapatkan promo kursus online digital marketing terbaik dan terlengkap hanya di Coding Studio!

Related Articles