User Generated Content (UGC): Pengertian, Manfaat dan Contohnya

User Generated Content (UGC) Pengertian, Manfaat dan Contohnya

User Generated Content adalah konten yang dibuat pengguna maupun konsumen tanpa dibayar berupa feedback, review, studi kasus hingga postingan di media sosial yang lainnya. User Generated Content atau UGC bermanfaat untuk meningkatkan impresi.

UGC juga termasuk dari bentuk promosi secara orisinil sehingga harus dimiliki oleh sebuah bisnis, khususnya yang menggunakan digital marketing, Nah, setelah Anda cukup memahami apa itu user generated content, agar Anda lebih paham mengenai UGC bisa simak manfaat, contoh dan cara membuatnya di bawah ini.

Manfaat User Generated Content

Manfaat menggunakan User Generated Content bagi bisnis adalah:

Manfaat User Generated Content

1. Meningkatkan Impresi

Manfaat utama USG adalah untuk meningkatkan interaksi dan juga impresi akun bisnis dengan calon pelanggan yang baru tahu produk tersebut. User Generated Content juga memberikan kesempatan pada pengguna untuk ikut partisipasi memperkenalkan produk banyak orang. Perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat dan bisa menarik banyak orang untuk mengunjungi akun bisnis Anda. 

2. Meningkatkan Jangkauan

User Generated Content juga bermanfaat untuk meningkatkan jangkauan pasar lebih luas serta memungkinkan produk dikenal banyak orang. Saat pengguna membagikan konten UGC, maka konten tersebut dapat menyebar secara cepat kemudian banyak orang yang melihatnya. 

3. Meningkatkan Kepercayaan pada Produk

Jika dibandingkan dengan konten yang dibuat secara langsung di akun bisnis perusahaan, UGC mempunyai tingkat kepercayaan tinggi bagi pengguna lain sebab sumber pengguna mempunyai pengalaman langsung dengan produk Anda. Hal ini bisa membuat UGC jadi alat paling efektif membangun kepercayaan serta kredibilitas suatu produk. 

Baca Juga:  Apa Itu Certification Authority (CA): Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

4. Meningkatkan Peringkat

Manfaat terakhir dari user generated content adalah bisa meningkatkan peringkat di mesin pencarian. UGC bisa membantu peringkat perusahaan serta produk Anda di mesin pencarian seba jenis konten tersebut kerap menggunakan kata kunci yang relevan dengan produk yang dimiliki. 

Itulah dia beberapa manfaat penggunaan dari User Generated Content yang harus diketahui. 

Kenapa UGC Penting untuk Bisnis?

Alasan mengapa UGC sangat penting untuk bisnis adalah:

1. Meningkatkan Trafic Organic

Saat konsumen tahu Anda membuat UGC, maka postingan mereka akan mention ke akun sosial media Anda. Dari postingan tersebut bisa menjangkau target pasar lebih luas dan mereka akan tertarik untuk mention brand Anda hingga mengulik lebih dalam lagi seperti apa produknya. Anda juga bisa mempelajari digital marketing melalui kursus online di Coding Studio

Baca Juga: Branding Adalah: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

2. Memberikan Sumber Konten Autentik

Konsumen ternyata lebih mempercayai konten yang isinya ulasan maupun review dari pelanggan secara langsung. Pelanggan yang pernah memakai produk Anda akan memberikan pengalamannya secara juju baik itu tidak suka atau suka.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah berapa jauh produk Anda dikenal oleh konsumen dan hal ini termasuk langkah awal mencari banyak pelanggan dan mereka terus membeli. Buatlah konsumen sadar dengan merek produk Anda dengan memberikan ulasan mengenai produk yang sudah mereka beli. 

Itulah alasan mengapa User Generated Content sangat penting untuk bisnis Anda. 

Cara Membuat User Generated Content

Cara Membuat User Generated Content

Panduan membuat User Generated Content untuk bisnis dengan mudah adalah:

1. Menentukan Tujuan UGC Anda

Sebelum Anda membuat UGC pastikan dahulu untuk menentukan tujuan UGC Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda terapkan untuk mendapatkan goals, seperti meningkatkan konversi, engagement lebih tinggi dan membangun consumers trust.

2. Menentukan Media Sosial yang Tepat

Bagi Anda yang ingin membuat UGC harus menentukan media sosial yang tepat dan berdampak pada campaign Anda nantinya. Ada banyak jenis media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok dan sebagainya. Biasanya banyak yang menggunakan Instagram sebab bagus untuk membagikan visual.

Baca Juga:  Mengolah Data: Alat dan Aplikasi yang Digunakannya

Memilih jenis media sosial tidak hanya untuk membagikan konten saja, namun juga bisa membangun engagement pelanggan, memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan sebagainya.

3. Memberitahu Audiens Konten Apa yang Diinginkan

Beritahu kepada audiens konten apa yang diinginkan atau harapkan untuk mereka buat kemudian dibagikan. Salah satu cara membuat UGC campaign adalah menggunakan hastag.

Itulah tips membuat UGC yang bisa Anda coba di media sosial.

Cara Mendapatkan User Generated Content

Tata cara membuat USG yang mudah untuk bisnis Anda adalah:

1. Membuat Giveaway

Cara membuat UGC dengan mudah adalah membuat giveaway. Cara ini terbilang mudah dan murah meski Anda harus mengeluarkan biaya untuk mengadakan giveaway. Supaya Anda bisa memperoleh UGC bisa menerapkan sejumlah syarat giveaway, seperti membuat postingan berupa ulasan saat menggunakan brand Anda, wajib follow akun IG Anda, mention akun IG brand dan yang lainnya.

2. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu cara membuat UGC yang sangat menunjang bisnis Anda kedepannya. Influencer adalah orang-orang yang memiliki jutaan follower dan dapat memberikan dampak kuat kepada pengikut mereka, seperti Influencer, selebritis, blogger, content creator dan yang lainnya.

3. Interaksi dengan Followers

Cara mudah membuat user generated content adalah berinteraksi dengan pengikut atau follower Anda. Jika Anda ingin melakukan interaksi dengan follower bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti bermain This or That, QnA, membuat postingan ajakan melakukan diskusi dan sebagainya.

Begitulah cara mudah mendapatkan User Generated Content yang bisa Anda terapkan untuk bisnis.

Contoh User Generated Content

Contoh User Generated Content

Beberapa contoh UGC yang sering dibuat di sejumlah platform adalah:

TikTok

Contohnya salah satu pengguna TikTok membuat sebuah video unboxing produk dan konten tersebut dapat menarik perhatikan banyak pengguna lain sehingga mereka penasaran untuk membelinya juga. 

Instagram

Contoh UGC yang paling banyak ditemukan di Instagram adalah menggunakan hastag dan kemudian posting konten yang berkaitan dengan hastag tersebut agar banyak pengguna lain menemukannya.

Dari penjelasan di atas, user generated content adalah konten yang dibuat pengguna atau konsumen untuk memperkenalkan produk tersebut lebih luas kepada masyarakat.

Related Articles