Brand Image: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contohnya

Brand Image Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contohnya

Brand image adalah sebuah persepsi dari sebuah merek produk yang melekat kuat dalam benak dan ingatan konsumen. Jika sebuah produk memiliki brand image yang baik maka akan memberikan keuntungan bagi perusahaan karena konsumen akan merekomendasikan produk pada orang lain tanpa disadarinya. Begitu juga sebaliknya, jika brand image yang dimiliki buruk maka akan merugikan perusahaan karena konsumen bisa menyebarkan informasi buruk pada orang lain tentang produk tersebut.

Pengertian Brand Image

Pengertian brand image merupakan persepsi yang dimiliki konsumen tentang brand produk bisnis Anda yang didasarkan pada pengalaman interaksi langsung mereka dengan bisnis tersebut. Persepsi yang dimiliki konsumen bisa berubah dari waktu ke waktu

Pengertian dan Manfaat dari Brand Image

Persepsi ini tak akan selalu berhubungan dengan aktivitas ataupun penggunaan produk serta layanan yang dimiliki bisnis Anda. Karena setiap konsumen mempunyai pendapat yang berbeda tentang merek produk bisnis Anda, sehingga brand image adalah hal penting yang perlu dijaga dengan lebih konsisten.

Apa itu brand image yang sudah dibentuk oleh perusahaan dan menjadi persepsi umum dari konsumen akan bisa memberikan manfaat tersendiri bagi perusahaan maupun masyarakat selaku konsumen.

Manfaat Brand Image

Manfaat brand image di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat bagi konsumen adalah memiliki peluang untuk melakukan pembelian dan berpotensi untuk membeli ulang di lain waktu
  2. Manfaat bagi perusahaan adalah memiliki kesempatan untuk mengembangkan lini produk lainnya dengan memanfaatkan persepsi positif yang sudah terbentuk pada produk tersebut

Fungsi dari Brand Image

Brand image bukan hanya bisa memberikan manfaat saja, namun juga memiliki fungsi tentang pentingnya keberadaan brand image bagi sebuah bisnis. Adapun fungsi brand image untuk bisnis adalah sebagai berikut:

Fungsi dari Brand Image

1. Meningkatkan daya tarik produk

Peran brand image adalah sangat efektif untuk meningkatkan daya tarik produk sehingga bisa mendorong konsumen untuk berinteraksi lebih jauh dengan produk tersebut. 

Baca Juga:  Apa Itu White Hat SEO? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

2. Memberikan kesan positif

Bahwa tampilan luar dari sebuah citra merek produk menjadi hal pertama yang dilihat oleh konsumen. Dan hal itulah yang akan membuat konsumen semakin tertarik untuk mencari tahu lebih banyak tentang bisnis Anda. 

3. Untuk membentuk segmentasi pasar dengan tepat

Brand image yang memiliki daya tarik akan membuat konsumen berminat dan memperbesar peluang untuk mencari tahu lebih lanjut tentang bisnis Anda. Hal tersebut secara tidak langsung akan membuat segmen pasar yang lebih solid. 

4. Memaksimalkan rekognisi brand

Brand image juga mempunyai peran penting dalam menjaga kesetiaan konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Di samping itu, hal tersebut juga bisa meningkatkan proses rekognisi brand berlangsung lebih maksimal sehingga berpotensi untuk mendatangkan konsumen baru. 

Indikator, Dimensi dan Contoh Brand Image

Indikator dan Dimensi Brand Image

Setidaknya ada banyak faktor yang menjadi penentu dari sebuah brand image bisa meninggalkan kesan baik dalam benak konsumen atau tidak. Berikut beberapa indikator brand image yang penting untuk Anda ketahui:

  • Cara bisnis mengenalkan dan memasarkan produk pada masyarakat luas
  • Kemudahan konsumen dalam berinteraksi, bertransaksi dan mendapatkan akses pada produk
  • Adanya variasi produk maupun layanan yang ditawarkan oleh bisnis
  • Fitur atau atribut yang menyertai produk bisnis dari mulai bahan baku, harga hingga daya tahan produk
  • Sisi eksklusivitas produk bagi konsumen yang menggunakannya
  • Lokasi dan desain gerai bisnis atau website untuk bisnis digital

Sebelum mempelajari tentang apa saja perbedaan brand image dengan brand awareness, ketahui terlebih dahulu 3 dimensi brand image yang harus dipahami dengan baik. 

  1. User image yaitu satu rangkaian pandangan yang dimiliki oleh calon konsumen pada pengguna yang sudah menggunakan produk atau jasa dari sebuah perusahaan. Dari mulai tentang status sosial, gaya hidup, jenis kelamin, usia, pekerjaan dan lain sebagainya.
  2. Corporate image adalah satu rangkaian pandangan yang dimiliki oleh pengguna dan calon pengguna produk pada perusahaan yang memproduksi dan menyediakan produk atau jasa tersebut. Dimensi ini bisa terlihat dari interaksi yang dilakukan, kualitas produk dan media sosial serta jenis pelayanan yang diberikan. 
  3. Product image adalah satu rangkaian pandangan yang dimiliki oleh pengguna pada suatu produk atau jasa yang disediakan oleh sebuah perusahaan. Bahwa ketika konsumen memiliki kepuasan pada sebuah produk, maka brand image produk tersebut juga akan terlihat semakin baik.
Baca Juga:  8 Teknik Email Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Konversi

Contoh Brand Image

Berikut contoh brand image produk bisnis yang berhasil mendapatkan tempat di benak konsumen:

  • Aqua, banyak orang yang mengenal air mineral kemasan memiliki nama Aqua meski tersaji dengan nama brand yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan Aqua menjadi pelopor air mineral kemasan yang diperkenalkan pada masyarakat umum. 
  • Sanyo, sebuah merek mesin pompa air yang hingga kini disebut namanya saat ada yang ingin membeli mesin pompa air. Bahkan meski sudah ada merek atau brand mesin pompa air lainnya, tetap yang dikenal dengan baik adalah brand Sanyo

Perbedaan Brand Image dan Brand Awareness

Adapun perbedaan brand image dan brand awareness adalah sebagai berikut:

  • Brand image umumnya akan merujuk langsung pada hal yang terlihat oleh konsumen. Sedangkan brand awareness adalah sesuatu yang menunjukkan seberapa dikenalnya brand produk bisnis Anda oleh publik. 
  • Fokus brand image yaitu pada citra merek di mata konsumen, sedangkan brand awareness berfokus pada tingkat kesadaran atau pengetahuan konsumen pada merek atau bisnis tersebut.

Sekian ulasan tentang brand image adalah sebuah persepsi konsumen yang terbangun dari pengalaman interaksi dengan brand. Pelajari cara membuat brand image yang benar untuk bisnis digital Anda dengan mengikuti kursus IT online di Coding Studio. Dapatkan pelatihan dan pengalaman terbaik dengan belajar bersama pakar di bidangnya hanya di Coding Studio.

Related Articles