Brand Personality: Pengertian, Fungsi, Macam dan Contohnya

Brand Personality Pengertian, Fungsi, Macam dan Contohnya

Salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis dan membuat bisnis lebih berhasil adalah dengan menggunakan Brand personality yang baik. Memahami apa itu brand personality menjadi hal penting supaya bisa membangun brand bisnis dengan lebih baik dan matang. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai brand personality mulai dari pengertian, fungsi, sampai dengan tipe atau jenisnya.

Pengertian Brand Personality

Pengertian brand personality sendiri adalah sebuah karakteristik yang dimiliki oleh bisnis yang didasarkan pada beberapa keunggulan dari produk. Bisa dibilang brand personality ini semacam tanda pengenal yang merupakan personifikasi dari konsumen terhadap sebuah produk atau bisnis. Elemen dari brand personality ini sendiri biasanya bisa diekspresikan dengan tone of voice, behavior, dan gaya komunikasi untuk membangun persepsi konsumen.

Pengertian Brand Personality

Fungsi Membuat Brand Personality

Fungsi brand personality sendiri memang sangat besar bagi perusahaan atau bisnis, berikut ini beberapa fungsi dari membuat brand personality.

1. Membedakan dari Kompetitor

Brand personality menjadi salah satu alat untuk bisa membedakan brand bisnis kita dengan brand bisnis dari kompetitor. Di tengah persaingan yang saat ini semakin ketat, tentunya dibutuhkan brand personality ini supaya konsumen lebih mudah menemukan produk kita. Brand personality yang kuat akan membantu masyarakat menemukan value lebih dari produk yang kita jual.

2. Membuat Story yang Relate

Melihat dari apa itu brand personality, tentunya sangat erat dengan membangun brand story yang bisa relate dengan konsumen. Ketika ada story yang relate dengan konsumen, maka kemungkinan besar akan sangat menarik konsumen untuk menggunakan produk kita.

Baca Juga:  Apa Itu CRM? Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya

3. Meningkatkan Brand Awareness

Adanya brand personality akan memudahkan orang menemukan produk kita dan pada akhirnya akan meningkatkan brand awareness. Brand personality yang unik akan sangat membantu orang mengetahui produk Anda dan sudah pasti akan mempengaruhi penjualan produk.

4. Memudahkan Komunikasi

Ketika sudah memiliki brand personality, maka komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan dari produk kita itu. Beragam pesan seperti promo dan lain sebagainya akan lebih mudah disampaikan, dan pada akhirnya akan komunikasi akan efektif.

5. Membangun Koneksi Emosional

Brand personality yang tepat akan mampu membangun koneksi emosional dengan pelanggan yang menjadi kunci penting keberhasilan sebuah brand. Saat sudah bisa terkoneksi dengan baik, maka sudah pasti semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli atau menggunakan produk.

6. Membangun Loyalitas Terhadap Brand

Brand yang tepat akan membantu orang untuk bisa lebih loyal, karena sesuai dengan karakter dari konsumen itu sendiri. Terkadang persoalan harga itu sendiri tidak selalu penting saat karakteristik dari brand itu sudah sesuai dengan karakteristik dari konsumen. Jadi perusahaan akan bisa semakin besar saat Anda memahami apa itu brand personality dan menerapkannya dengan baik dan benar.

Macam-macam dari Brand Personality

Macam brand personality sendiri bisa dibilang cukup banyak, sehingga Anda harus sesuaikan dengan kondisi perusahaan Anda. Sebisa mungkin memilihnya dengan tepat supaya bisa meningkatkan citra perusahaan sesuai yang diinginkan. Berikut ini penjelasan mengenai tipe dari brand personality.

Macam-macam dari Brand Personality

1. Sincerity

Tipe Sincerity ini lebih menekankan kepada kejujuran, kebaikan, dan juga empati yang biasanya lebih menekankan pada aspek kekeluargaan. Ada beberapa contoh untuk tipe ini, salah satunya adalah produk sabun yang tentunya harus jujur dan mampu memberikan banyak kebaikan.

2. Excitement

Tipe Excitement cenderung pada semangat dan juga suasana yang gembira dan juga aktif, di mana ini sangat tepat untuk kebebasan, dan juga ekspresif. Biasanya tipe brand personality ini sendiri digunakan pada brand sepatu yang mempergunakan anak muda pada iklan mereka.

3. Competence

Tipe Competence ini merujuk pada profesionalitas, efisien dan juga kompeten yang menampilkan kesuksesan dan juga kepemimpinan. Kebanyakan produk yang mempergunakan tipe karakteristik ini adalah alat elektronik, karena menunjukkan kompetensi dan juga profesionalitas mereka.

Baca Juga:  Tips Belajar UI/UX: From Pemula to Expert!

4. Ruggedness

Tipe Ruggedness ini sangat lekat dengan sifat tangguh, kuat, berani dan juga atletik yang akan menimbulkan kesan gagah dan tangguh. Contoh brand personality jenis ini terlihat dari mobil dengan tipe Jeep.

5. Sophistication

Tipe Sophistication ini mengarah pada sisi kemewahan, anggun, dan juga eksklusif yang membuat para penggunanya terlihat sangat eksklusif. Beberapa produk seperti jam tangan, smartphone, bahkan pakaian mempergunakan tipe personality ini.

Bila sudah mengetahui arti dari brand personality dan tipenya, maka Anda akan bisa menentukan brand personality tersebut dengan baik.

Cara Menentukan Jenis Brand Personality

Cara Menentukan Jenis Brand Personality

Bila ingin membangun brand dengan baik perlu menentukan jenis yang tepat dan untuk melakukannya harus tahu cara untuk menentukannya. Berikut ini kami akan jelaskan cara menentukan brand personality dengan baik bagi perusahaan Anda.

1. Memahami Brand dengan Baik

Pahami terlebih dahulu brand yang Anda miliki itu seperti apa dengan mencoba menjawab beberapa pertanyaan berikut.

a. Apa nilai utama dari brand?

b. Apa hal unik yang dimiliki brand?

c. Siapa target pelanggan dari brand?

2. Mempertimbangkan Tone dan Voice

Pertimbangkan tone dan voice agar supaya brand personality ini akan lebih sesuai dengan brand yang Anda inginkan. Sebisa mungkin baik brand tone dan voice harus mampu mewakili brand Anda dengan sebaik mungkin.

Memahami apa itu brand personality sangat penting untuk bisa menjalankan digital marketing yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Anda bisa mempelajarinya secara mendalam di kursus IT Coding Studio yang jelas materinya lengkap dan mudah dipahami.

Related Articles