Copywriting Adalah: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Jenisnya

Copywriting Adalah Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Jenisnya

Copywriting adalah sebuah langkah dalam serangkaian langkah digital marketing yang bisa meningkatkan dan mengembangkan bisnis di dunia digital. Memahami copywriting yang tepat akan sangat membantu Anda dalam membangun bisnis di platform digital secara efektif dan efisien. Berikut penjelasan mengenai copywriting mulai dari pengertian, manfaat, sampai cara untuk menjadi copywriter.

Pengertian Copywriting

Apa itu Copywriting? Mungkin banyak orang sering mendengar tapi tidak memahami definisi dari copywriting tersebut. Pengertian copywriting sendiri adalah sebuah metode penulisan yang persuasif untuk menjual dan mempromosikan suatu produk. Berdasarkan pengertiannya, maka Anda tahu kalau copywriting ini sangat berguna dalam langkah digital marketing yang Anda lakukan.

Pengertian Copywriting

Fungsi Metode Copywriting

Fungsi copywriting yang utama adalah untuk menarik perhatian dari audiens atau pengunjung melalui beragam tulisan persuasif di dalamnya. Jadi orang yang melihat tulisan tersebut akan terdorong untuk membeli produk atau mempergunakan jasa yang ditawarkan oleh klien. Minimal audiens akan tertarik untuk mencari tahu produk yang tersedia dan kemudian akan tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Manfaat Menggunakan Copywriting

Dari pengertiannya sendiri Anda bisa tahu apa saja sih manfaat copywriting terutama dalam dunia bisnis dalam platform digital. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja manfaatnya.

  1. Membangun branding dari bisnis, karena memang kata-kata persuasif ini akan membentuk image bisnis jadi jauh lebih baik.
  1. Membantu meningkatkan kredibilitas dari perusahaan, karena memang berupaya menunjukkan kelebihan dari bisnis tersebut.
  1. Membantu meningkatkan penjualan produk yang tentunya akan meningkatkan keuntungan dari bisnis itu sendiri.

Copywriting adalah langkah untuk membantu membangun brand image, bukan untuk menjelaskan produk yang ditawarkan secara detail.

Jenis Dari Copywriting

Berdasarkan kebutuhan dari digital marketing, copywriting sendiri memiliki beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis copywriting.

Jenis Dari Copywriting

1. Direct Copywriting

Direct copywriting atau Direct Response Copywriting merupakan jenis yang berfokus untuk mendapatkan tanggapan langsung dari pengunjung. Biasanya jenis ini hanya menghadirkan tulisan yang singkat namun sangat persuasif untuk mengajak orang untuk langsung melakukan apa yang menjadi tujuannya. Contoh copywriting jenis ini yang banyak ditemui itu adalah iklan yang biasanya terletak pada banyak situs di internet.

Baca Juga:  Apa itu User Experience (UX)? Pengertian, Manfaat dan Cara Penerapannya

Baca Juga: Direct Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi Dan Tips

2. SEO Copywriting

SEO Copywriting jelas jenis yang memaksimalkan tulisan untuk bisa berada di puncak pencarian mesin pencari terutama Google. Jadi struktur tulisannya akan mengikuti kaidah SEO seperti keyword, heading, dan lain sebagainya untuk ramah terhadap mesin pencari. Penggunaannya biasanya untuk landing page atau homepage.

3. Branding Copywriting

Branding Copywriting adalah jenis yang fokus membangun citra dari bisnis dengan menunjukkan beberapa kelebihan secara singkat. Tidak jarang jenis ini membandingkan dengan bisnis lain dan memberi alasan untuk memilih bisnis tersebut. Bentuk dari jenis branding copywriting ini bisa berupa tagline yang mudah diingat dan menjelaskan citra bisnis dengan baik.

4. Marketing Copywriting

Marketing Copywriting fokus untuk menjelaskan detail produk secara singkat dan mengajak pengunjung untuk membeli produk yang ada. Penerapan dari jenis ini biasanya diletakkan pada homepage dan atau juga melalui email promosi yang diberikan kepada calon konsumen. Penyertaan CTA sangat wajib di jenis ini dan kata-kata harus dirangkai sedemikian rupa supaya produk menarik.

5. Technical Copywriting

Technical Copywriting lebih fokus memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai produk yang dijual, biasanya pada produk kecantikan dan kesehatan. Bentuknya biasanya dalam FAQ atau juga pada penjelasan detail komposisi dan lain sebagainya dari produk. Pemahaman produk yang mendalam sangat penting untuk bisa menggunakan jenis ini.

Tugas Utama Copywriter

Copywriter merupakan orang yang mengerjakan copywriting, dan tentunya memiliki beberapa tugas yang harus dilakukan. Berikut ini tugas copywriter yang harus dipahami bila Anda ingin menjadi copywriter.

  1. Membuat konten yang menarik dan mampu meningkatkan brand awareness dengan konten yang relevan dengan bisnis.
  1. Berkomunikasi dengan Stakeholder mengenai persyaratan konten yang diinginkan.
  1. Memastikan akurasi konten cukup baik sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh klien.

Cara menjadi copywriter sudah pasti memahami semua tugas di atas dan beberapa teknik dalam membuat sebuah copywriting.

Teknik Dalam Copywriting

Cara membuat copywriting yang terbaik itu salah satunya adalah dengan memahami dan menerapkan semua teknik yang ada pada copywriting. Berikut ini beberapa teknik copywriting yang harus dikuasai bila ingin menjadi copywriter yang terbaik.

  1. Formula AIDA yakni Attention, Interest, Desire, dan juga Action
  1. Slipery slide untuk membuat tulisan copywriting menarik dan juga tidak membosankan.
  1. Social Proof menjadi teknik penting untuk membangun kepercayaan audiens terhadap isi dari tulisannya. Teknik ini dalam Copywriting merupakan kunci penting.
  1. Membuat FAQ untuk membantu pengunjung lebih memahami kelebihan dan yakin akan kelebihan itu. FAQ ini merupakan teknik penting dalam copywriting yang digunakan Coding Studio juga sebagai penerapan copywriting yang baik.
Perbedaan dengan Content Writer

Perbedaan dengan Content Writer

Banyak yang mengira content writer dan copywriter itu sama, padahal sebenarnya keduanya itu berbeda. Fokus content writer adalah memberi informasi yang relevan terhadap bisnis, sementara copywriter untuk meyakinkan calon pembeli dan mendorong orang membeli. Perbedaan content writer dan copywriter ini membuat tugas dan teknik yang digunakan sangat berbeda.

Baca Juga:  Apa itu SEM (Search Engine Marketing)? Pengertian dan Manfaatnya

Copywriting adalah skill penting dalam digital marketing, sehingga perlu untuk mempelajarinya terlebih dahulu untuk bisa menguasai. Bila ingin belajar copywriting Anda bisa kunjungi Coding Studio yang memiliki materi yang sangat lengkap dan mudah dipahami.

Related Articles