Apa Itu Experiential Marketing? Pengertian, Contoh dan Tipsnya

Apa Itu Experiential Marketing Pengertian, Contoh dan Tipsnya

Jenis dari marketing itu sebenarnya sangat banyak, salah satunya adalah experiential marketing yang berfokus pada pengalaman yang dirasakan konsumen. Experiential marketing adalah marketing yang menunjukkan pengalaman dalam menggunakan produk dari bisnis yang bisa dirasakan secara langsung. Simak penjelasan mengenai experiential marketing mulai dari pengertian, tips untuk menerapkan marketing tersebut dan juga contohnya.

Pengertian Experiential Marketing

Pengertian Experiential marketing sendiri adalah sebuah langkah atau strategi marketing dengan memberikan pengalaman kepada konsumen. Jadi konsumen akan diberi kesempatan untuk merasakan langsung pengalaman yang khas pada saat mempergunakan produk. Langkah ini akan membuat suatu brand akan jadi lebih membekas pada ingatan konsumen karena berinteraksi secara langsung.

Pengertian Experiential Marketing

Alasan Experiential Marketing Sangat Penting

Strategi marketing ini dinilai cukup efektif untuk meningkatkan suatu brand dan menjadi langkah yang penting dalam melakukan marketing. Berikut ini kami jelaskan alasan kenapa experiential marketing penting untuk dilakukan oleh perusahaan demi mengembangkan bisnis mereka.

1. Meningkatkan Brand Awareness Secara Signifikan

Brand awareness akan meningkat secara drastis pada saat Anda melakukan langkah experiential marketing ini di waktu dan tempat yang tepat. Orang banyak akan penasaran dan langsung bisa mencoba, karena mereka bisa mendapatkan pengalaman penggunaan produk tanpa membayar. Selain itu orang mungkin akan menyebarkan informasi soal produk tersebut ke banyak orang dari mulut ke mulut.

Jadi experiential marketing adalah langkah yang sangat efektif karena sampai saat ini marketing mulut ke mulut masih sangat efektif. Orang lebih percaya perkataan orang yang sudah pengalaman menggunakan produk dibandingkan dengan berbagai macam jenis iklan. Hal ini juga sangat membantu dalam menarik konsumen yang baru.

Baca Juga:  Cara Memulai Startup Digital: Ikuti Langkah-Langkah Ini!

2. Membangun Koneksi dengan Konsumen

Saat melakukan experiential marketing tentu saja akan ada komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara langsung melalui percobaan produk. Langkah marketing ini akan membuat perusahaan bisa menyampaikan detail produk dengan lebih baik karena membagikan pengalaman menggunakan produk. Selain itu juga perusahaan bisa mendapatkan testimoni yang mungkin bisa menjadi masukan dan juga materi untuk strategi marketing lainnya.

3. Meningkatkan Loyalitas dari Konsumen

Experiential marketing jelas mampu meningkatkan loyalitas dari konsumen terhadap produk yang kita buat dan juga jual. Merasakan langsung pengalaman pada saat mempergunakan produk jelas akan menunjukkan keunggulan dari produk secara lebih mendalam. Hal secara tidak langsung akan membuat kedekatan dengan konsumen makin baik dan akhirnya konsumen pun lebih loyal.

Tingkat loyal yang tinggi ini akan membuat konsumen akan menyebarkan informasi produk kepada orang lain.

4. Meningkatkan Penjualan

Experiential marketing yang tepat dan efektif sudah pasti akan bisa meningkatkan penjualan yang bisa didapatkan oleh perusahaan. Langkah marketing itu sudah pasti bertujuan untuk meningkatkan penjualan, jadi langkah marketing ini pun demikian. Tidak sedikit yang akhirnya orang langsung melakukan pembelian pada saat mencoba secara langsung produk dengan langkah experiential marketing.

Dari penjelasan di atas menunjukkan experiential marketing merupakan strategi marketing yang efektif mengembangkan bisnis dengan baik.

Tips Menjalankan Experiential Marketing

Tips Menjalankan Experiential Marketing

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari langkah experiential marketing tentunya diperlukan langkah yang tepat saat melakukannya. Berikut ini tips experiential marketing yang baik dan benar supaya bisa menghasilkan manfaat yang maksimal.

1. Menentukan Tujuan yang Jelas

Tujuan dalam melakukan langkah marketing itu sebenarnya cukup banyak, jadi sebisa mungkin tentukan tujuannya terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan tujuan yang bisa dipilih, salah satunya adalah brand awareness untuk membuat banyak orang mengenal produk. Ada tujuan lain mulai dari meningkatkan penjualan, mempromosikan produk, atau juga memperkenalkan produk yang baru.

2. Menyesuaikan dengan Brand

Penyelenggaraan experiential marketing ini harus disesuaikan dengan brand, jadi konsepnya harus sesuai dengan brand yang dimiliki. Jangan terlihat terlalu dibuat-buat, karena malah akan terlihat tidak natural dan membuat orang bingung terhadap brand Anda. Pastikan saja konsumen bisa mendapatkan apa saja kelebihan dari brand dan bisa merasakannya secara langsung.

Baca Juga:  Benchmark Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Strategi

3. Menggunakan Cerita

Menambahkan cerita pada saat melakukan experiential marketing adalah langkah yang sangat membantu langkah marketing lebih efektif. Cerita yang sesuai dengan brand dan menunjukkan manfaat dari produk akan lebih mudah dicerna oleh orang. Cerita akan membuat banyak orang lebih tertarik dan pada akhirnya merasa produk yang kita buat ini memiliki manfaat yang besar.

4. Mencoba Melakukan Follow Up

Penting untuk memastikan orang yang ikut serta dalam langkah marketing ini meninggalkan kontak mereka untuk tindakan follow up nantinya. Jadi setelah melakukan experiential marketing ini Anda bisa menghubungi dan mulai memastikan bagaimana pengalaman mereka saat mencoba produk.

5. Meminta Feedback dari Konsumen

Mintalah feedback dari konsumen setelah mencoba produk yang ditampilkan pada experiential marketing ini. Anda jadi tahu bagaimana kualitas produk secara real dan bisa mendapatkan masukan untuk pengembangan produk.

6. Evaluasi

Lakukan evaluasi yang terukur dengan mencari tahu hasilnya dengan tujuan yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Pastikan data bisa dibaca dengan baik untuk mengetahui pencapaian target experiential marketing.

Contoh dari Experiential Marketing

Contoh dari Experiential Marketing

Ada beberapa contoh experiential marketing ini, salah satunya adalah melakukan pameran produk pada acara tertentu. Selain itu bisa juga memberikan akses gratis berbatas waktu bila produk Anda adalah produk digital.

Memahami experiential marketing adalah langkah penting untuk menguasai dunia marketing termasuk digital marketing. Anda bisa mencoba mengikuti kursus di Coding Studio untuk memahami experiential marketing di platform digital dengan baik.

Related Articles