E-A-T Adalah: Pengertian, Manfaat dan Caranya

E-A-T Adalah Pengertian, Manfaat dan Caranya

Bagi Anda seorang SEO specialist atau yang masih belajar SEO pasti pernah mendengar istilah EAT. Dalam digital marketing atau dunia konten, EAT adalah pedoman sehingga Anda harus paham dan menjalankannya demi memperolah traffic. EAT begitu penting sehingga menjadi bagian algoritma Google.

Apa Itu EAT?

Mengenai apa itu EAT, istilah tersebut merupakan singkatan Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Dengan menerapkan EAT akan bisa menaikkan peringkat pencarian dari Google.

Apa Itu EAT
  • Expertise: Keahlian dari pembuat konten.
  • Authoritativeness: Kesesuaian reputasi antara pembuat konten dengan konten yang sudah dipublikasikan.
  • Trustworthiness: Apakah kontan, pembuat konten dan website yang melakukan publikasi bisa dipercaya atau tidak.

Bisa disimpulkan bahwa EAT adalah sebuah karakteristik yang menjadi indikasi apakah sebuah website memiliki konten berkualitas dan bisa memberi informasi tepat bagi pembacanya. Dengan patokan tersebut, Google akan menentukan peringkat dari konten tersebut.

Dari penjelasan singkat tersebut, ketiganya memiliki konsep yang sama tapi tidak identik. Untuk lebih jelasnya, mari lihat pembahasannya di bawah ini.

1. Expertise

Expertise artinya keahlian yang berarti seberapa jauh pembuat konten memahami topik yang ditulisnya. Konten dari seorang ahli akan memiliki hasil berbeda. Hal tersebut disesuaikan dengan niche. Jika konten bertopik otomotif, maka website dan expertise penulis bisa berbeda.

Namun, jika konten tidak membutuhkan keahlian atau pengetahuan khusus maka tidak membutuhkan expertise.

2. Authoritativeness

Hal ini ada hubungannya dengan informasi atau otoritas tentang website. Jika isi website terbiasa diisi dengan topik otomotif dan membahas mesin kendaraan maka nilainya akan berbeda dibandingkan website finansial yang membahas mesin.

Tidak mengherankan jika Anda coba mencari topik secara spesifik seperti obat sakit kepala, maka halaman pertama yang ditampilkan kebanyakan terfokus pada bidang kesehatan. Quality raters Google bertugas menentukan otoritas semacam ini.

3. Trustworthiness

Penilaian atas kepercayaan bisa dilihat berdasarkan siapa penanggung jawab website. Sebuah website yang berisi niche keilmuan, maka penanggung jawabnya harus jelas. Peningkatan poin yang ada pada website dapat didapatkan dengan bagaimana isi konten merujuk pada sumber terpercaya.

Pentingnya EAT dalam SEO

Banyak pertanyaan mengapa EAT penting yang jawabannya sendiri tergantung dari tipe queries yang ada. EAT akan jadi kurang penting jika topik konten bersifat subjektif, seperti contoh pencarian gambar menggunakan kata kunci ‘tanaman cantik’, ‘kucing imut’ dan sebagainya.

Sebaliknya, jika informasi yang dicari mengenai tips kesehatan, penggunaan dosis obat, atau berbagai topik penting, maka EAT adalah hal yang sangat penting.

Berbagai topik tersebut dikenal sebagai Your Money or Your Life oleh Google. Secara umum, topik YMYL menjadi topik atau halaman yang isinya bisa mempengaruhi kesehatan, kebahagiaan, keamanan atau stabilitas finansial seseorang.

Jika Anda membuat website yang topiknya berisi seputar YMYL, maka sangat penting untuk mengoptimalkan EAT.

Manfaat EAT Bagi Pengguna Google

Manfaat EAT Bagi Pengguna Google

Dengan mengetahui seberapa penting EAT, maka bisa dipastikan ada manfaat EAT bagi pengguna Google. Pengguna bisa menemukan konten yang lebih spesifik dan membantu.

Sebagai contoh jika Anda bermaksud mencari pemandangan yang indah dengan mengetiknya di Google, maka tidak akan jadi masalah jika Anda merasa hasilnya tidak indah. Sebab nilai keindahan itu relative.

Sedangkan untuk EAT adalah hal yang akan diterapkan saat Anda sebagai pengguna dari Google ingin mencari dengan kata kunci dosis obat tertentu atau mengenai hukum, misal hukuman untuk pencuri di Indonesia, dan sebagainya.

Tugas quality raters adalah melihat konten yang telah ditayangkan pada halaman pertama berisi informasi yang tepat dan akurat. Jika belum atau tidak ditulis menggunakan teknik EAT maka konten artikel bisa turun dan digantikan dengan artikel lainnya yang jauh lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Pada intinya, EAT menjadi sebuah standar bagi kurasi konten yang ada hubungannya dengan uang dan nyawa pengguna. Agar para pengguna tidak tersesat, berbagai topik YMYL akan dinilai secara seksama dan disaring ketat.

Cara Meningkatkan dan Menerapkan EAT

Cara Meningkatkan dan Menerapkan EAT

Mengapa banyak website YMYL jatuh dikarenakan kurangnya EAT. Berikut ini beberapa cara meningkatkan EAT, yaitu:

1. Membuat banyak tautan

Meski tidak dituliskan di panduan penilaian kualitas pada pencarian Google, dengan membuat banyak tautan merujuk halaman website bisa meningkatkan EAT dari halaman tersebut.

2. Sering perbarui konten

Dengan rutin memperbarui konten yang ada di website maka website Anda terus aktif dan selalu mengikuti fakta terbaru. Karena itu, terus perbarui konten Anda sesering mungkin demi memastikan halaman tersebut sudah sesuai dengan fakta yang ada.

3. Memeriksa fakta

Dalam pedoman penilaian kualitas oleh Google menjelaskan bahwa artikel bermuatan berita harus faktual dan akurat agar bisa menunjukkan tingkatan EAT yang tinggi.

4. Dapatkan ulasan lebih banyak

Google memberi informasi quality raters agar menggunakan ulasan online untuk sumber info reputasi bisnis berkaitan dengan EAT. Dengan semakin banyak ulasan mengenai bisnis yang dikerjakan, semakin tinggi peningkatan EAT dari bisnis tersebut.

5. Menyewa tenaga ahli

Menyewa tenaga ahli sebagai pengisi konten pada halaman website menjadi langkah terbaik dalam meningkatkan EAT. Jika Anda tidak ingin menyewa ahli, Anda bisa memilih orang yang sudah memiliki jam terbang tinggi pada bidangnya, atau yang sudah lama mengerjakan konten mengenai topik tertentu. Hal tersebut bisa menyajikan informasi yang sesuai EAT.

6. Menunjukkan kredensial

Ketika mengimplementasikan EAT pada Google, penting bagi pengguna menunjukkan EAT. Dengan begitu, Google bisa menganggap kriteria EAT sudah terpenuhi.

Mengingat EAT adalah hal yang penting dalam dunia SEO, maka Anda harus mempelajarinya sebaik mungkin. Bersama Coding Studio Academy maksimalkan skill yang dibutuhkan oleh industri sekarang ini.

Related Articles