Apa Itu White Hat SEO? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Apa Itu White Hat SEO Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Bagi Anda yang memiliki sebuah website, white hat SEO adalah satu cara yang paling efektif sekaligus aman untuk membantu tingkatkan trafik pengunjung website secara organik. Meskipun untuk melakukan optimasi dengan menggunakan cara tersebut memang tak memberikan hasil yang instan, namun jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan cara black hat yang berisiko. Untuk Anda yang ingin mempelajari tentang apa itu teknik white hat SEO bisa menyimaknya dalam artikel berikut.

Pengertian dan Manfaat White Hat SEO

Pengertian dan Manfaat White Hat SEO

Di dunia optimasi website, dikenal 3 macam teknik yang bisa digunakan terdiri dari teknik grey hat SEO, black hat SEO dan white hat SEO. Dari ketiga jenis teknik tersebut, white hat SEO merupakan teknik yang aman dan direkomendasikan untuk digunakan kalangan pemula. Di mana jika Anda menggunakan black hat SEO risikonya adalah bisa membuat website terkena deindex dari Google, sedangkan penggunaan teknik lainnya mempunyai beban biaya mahal.

Pengertian white hat SEO adalah sebuah teknik untuk membantu tingkatkan traffic dan ranking website secara organik dengan tetap menjaga otoritas website serta patuh pada aturan yang berlaku. Kalangan ahli di bidang SEO memberikan dukungan pada penggunaan teknik white hat SEO karena dianggap teknik yang paling aman daripada teknik optimasi SEO lainnya.

Diantara jenis teknik yang dilakukan pada white hat SEO yaitu dengan cara membuat sebuah backlink yang bagus, konten yang berkualitas, dan menggunakan keyword yang sesuai dengan konten yang dibuat.

Adapun manfaat white hat SEO diantaranya adalah:

  1. Membantu optimalkan konten sesuai panduan sehingga bisa mendapatkan posisi terbaik di mesin penelusuran
  2. Untuk mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui penyajian konten yang sesuai dan mempunyai kualitas terbaik
  3. Membantu membangun keterpercayaan tinggi di kalangan pengguna dan mesin penelusuran sehingga menciptakan reputasi yang baik
  4. Menciptakan trafik pengunjung secara organik pada website
  5. Memberikan perlindungan untuk website dari berbagai risiko yang disebabkan oleh pelanggaran maupun praktik secara ilegal
Baca Juga:  Apa itu ROAS? Pengertian, Cara Menghitung dan Contohnya

Berikut ini adalah beberapa jenis teknik white hat SEO yang bisa Anda lakukan:

  1. Lakukan penelitian khusus kata kunci

Sebuah website biasanya akan membutuhkan kata kunci yang tepat sehingga penting untuk melakukan penelitian atau riset terlebih dahulu. Dengan begitu Anda juga akan mengetahui apa saja jenis kata yang banyak dicari oleh pengguna internet.

  1. Buatlah konten yang berkualitas tinggi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten yang berkualitas diantaranya adalah dengan menentukan topik konten, kata kunci dan judul konten yang menarik. Selain itu jangan lupa untuk membuat engaging konten dan input link yang berhubungan dengan konten.

  1. Perhatikan penggunaan meta tag

Bahwa penggunaan meta title, meta description dan meta keyword dalam white hat SEO adalah meta tag yang harus diperhatikan penggunaannya. Jika pembuatannya tepat maka bisa membantu untuk bisa menampilkan website di halaman hasil penelusuran.

  1. Amati kecepatan website

Untuk mendapatkan posisi website yang bagus, penting untuk memperhatikan kecepatan yang dimiliki website. Hal tersebut bisa dilihat dengan mengamati berapa lama waktu loading website ketika diakses oleh pengguna. Jika untuk loading membutuhkan waktu lama maka pengguna akan mudah berpindah ke website lainnya yang memiliki akses loading yang lebih cepat.

  1. Buat backlink yang bagus

Bahwa saat ini untuk memiliki backlink yang berkualitas bisa dilakukan dengan mengajukan permintaan pada website yang bagus untuk memasangkan link ke website Anda. Halaman website yang mempunyai backlink yang berkualitas sangat memberikan pengaruh pada peringkat di SERP. Hal tersebut dikarenakan Google akan menganggap website tersebut bagus dan bisa dipercaya.

Contoh dan Perbedaan White Hat SEO dengan Black Hat SEO

Contoh dan Perbedaan White Hat SEO dengan Black Hat SEO

Secara umum, untuk menerapkan teknik white hat SEO adalah dilakukan dengan mengikuti semua pedoman yang berlaku di dalam webmaster Google. Ada beberapa hal yang menjadi contoh teknik white hat SEO, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan cara penulisan yang mudah dipahami dan menarik pengunjung website
  • Memakai media gambar atau video untuk membantu pemaparan topik yang sedang diulas
  • Dalam deskripsi dicantumkan adanya kata kunci
  • Menggunakan tag dalam gambar dan juga memanfaatkan meta tag
  • Dalam penulisan judul disebutkan kata kunci terkait
Baca Juga:  Shadowban Adalah: Pengertian dan Cara Mudah Mengatasinya

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai perbedaan white hat SEO dan black hat SEO

Jenis PerbedaanWhite Hat SEOBlack Hat SEO
PengertianAlat SEO yang dipakai untuk meningkatkan kinerja proses pencarian sebuah websiteAlat SEO yang dipakai untuk meningkatkan peringkat laman atau website di mesin penelusuran
Nama lainStrategi SEO yang etis (legal)Strategi SEO yang tidak etis (tidak ilegal namun melakukan beberapa pelanggaran)
Kualitas kontenMenghasilkan konten yang bagus dan berkualitas karena dibuat sesuai dengan aturan GoogleMenghasilkan konten dengan kualitas rendah karena dibuat hanya dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau melakukan manipulasi peringkat
ManfaatManfaat untuk website jangka panjangManfaat untuk website jangka pendek
TeknikOptimasi pada kualitas konten, riset pada kata kunci, optimalkan penggunaan meta tag, pembuatan backlink yang bagus dan berupaya untuk meningkatkan pengalaman penggunaCloaking, link farming, spam komentar, keyword stuffing, jual beli backlink yang tak berkualitas dan Private Blog Network

Sekian ulasan tentang teknik white hat SEO adalah teknik yang penting untuk dikuasai jika ingin mengoptimasi website dengan baik. Anda juga bisa belajar teknik tersebut dengan kursus IT di Coding Studio. Tersedia banyak program pelatihan yang bisa membantu meningkatkan keahlian Anda khususnya untuk mengelola website bisnis dengan maksimal hanya di Coding Studio.

Related Articles