Black Hat SEO: Pengertian, Contoh dan Cara Menghindarinya

Pada strategi SEO (Search Engine Optimization), ada istilah black hat SEO atau spamdexing yang mungkin belum banyak orang tahu. Black hat SEO adalah teknik yang dapat meningkatkan ranking website di halaman pertama mesin pencari serta meningkatkan traffic web dengan cara yang tidak baik.

Apa Itu Black Hat SEO?

Lalu apa pengertian black hat SEO? Dalam strategi SEO, Black hat SEO adalah praktik SEO untuk meningkatkan traffic organik dan ranking tetapi caranya tidak sesuai dengan ketentuan dan panduan Google.

Apa Itu Black Hat SEO

Orang yang melakukan praktik ini adalah mereka yang memiliki website dengan konten yang kurang berkualitas sehingga hanya berfokus untuk memanipulasi search engine saja.

Konten website tidak memberikan manfaat dan informasi sesuai kebutuhan pengguna sehingga website tersebut justru mendapatkan penalti dari search engine.

Sebagai pemilik website, Anda perlu mengetahui teknik black hat SEO sehingga Anda bisa menghindarinya.

Teknik Black Hat SEO

Teknik Black Hat SEO

Cara yang dilakukan pada praktik Black hat SEO bernilai risiko, tetapi Anda perlu mengetahuinya sehingga tidak melakukan teknik tersebut yang menyebabkan website Anda bisa dihapus.

Spam Komentar

Spam komentar merupakan upaya black hat SEO yang bertujuan untuk membuat backlink gratis. Cara inilah yang saat ini paling populer digunakan. Link yang didapatkan melalui teknik ini bersifat nofollow.

Spam komentar tersebut cara kerjanya yaitu mencari blog yang menonaktifkan filter kualitas komentar yang akhirnya membuat komentar jenis apa pun mudah termuat dalam postingan blog tersebut. Parahnya, saat ini terdapat tools otomatisasi proses spam komentar.

Link Berbayar

Orang-orang yang melakukan praktik spamdexing akan berupaya memperoleh peringkat tinggi di mesin pencarian dengan membayar Link di PageRank.

Jadi pemilik website tidak harus repot membuat konten berkualitas karena melalui teknik ini ternyata dapat meningkatkan peringkat website di search engine.

Duplikasi Konten

Teknik duplikasi konten merupakan teknik yang cukup sering terjadi dan merupakan teknik yang paling buruk dalam praktik black hat SEO. Tidak perlu effort, praktisi hanya menyalin konten dari sebuah situs dan mengunggahnya di website lainnya. Dengan begitu maka secara mudah dapat memanipulasi ranking mesin pencari. Cara ini dapat menciptakan pengalaman pengguna yang buruk.

Baca Juga:  UX Designer: Pengertian, Tugas dan Cara Memulai Kariernya

Doorway Pages

Dalam spamdexing, doorway pages memiliki istilah lain seperti jump pages, gateway pages dan bridge pages. Taktik ini cukup instan yaitu hanya menggunakan lama-laman yang dioptimalkan secara khusus untuk memperoleh peringkat tertinggi.

Landing Page pada website tersebut tidak memiliki kualitas dan dibuat hanya untuk memanipulasi peringkat di mesin pencari. Praktisi dapat mengelabui mesin pencari sehingga dapat mentransfer pengunjung website dari opsi yang ia klik ke situs lainnya yang sebenarnya tidak ada kaitannya sama sekali.

Private Blog Networks (PBN)

Salah satu trik black hat SEO adalah PBN, yaitu sekumpulan website otoritas tinggi untuk membangun backlink. Para praktisi spamdexing umumnya akan melakukan pembelian domain yang sudah expired kemudian mengaktifkan kembali untuk memberi backlink di website mereka. Penggunaan ini sangat berisiko tinggi dalam meningkatkan peringkat website.

Cloacking

Teknik ini dilakukan untuk mengelabui search engine di mana pelaku mempunyai dua konten dengan versi yang berbeda pada sebuah halaman web. Saat dianalisis oleh bot mesin pencari kontennya berisi versi A, tetapi jika ditampilkan kepada user kontennya berisi versi B.

Keyword Stuffing

Dahulu taktik keyword stuffing sangat mudah dilakukan dan secara instan dapat meningkatkan peringkat suatu website. Namun kini taktik ini dapat dikalahkan oleh algoritma Google terbaru sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Keyword stuffing merupakan penggunaan kata kunci sebanyak-banyaknya pada sebuah konten dengan tujuan untuk meningkatkan traffic organik dan visibilitas. Artinya, konten tersebut tidak mengutamakan kualitas informasi, tetapi hanya fokus penggunaan keyword sebanyak mungkin sehingga mengganggu kenyamanan user dalam membaca.

Spinning

Teknik spinning merupakan salah satu contoh black hat SEO dengan melakukan plagiasi konten artikel menggunakan software tertentu. Kemudian ia menyalin sumber dan memparafrase atau rewrite konten artikel sehingga tampak seperti artikel yang berbeda.

Mengapa Black Hat SEO Tidak Baik?

Mungkin masih banyak orang yang belum paham mengapa black hat SEO tidak baik meskipun cara ini bisa meningkatkan peringkat website di mesin pencari secara instan. 

Baca Juga:  Cara Membuat Iklan Langsung ke WhatsApp Business

Pasalnya, black hat SEO adalah trik yang berbahaya karena dapat membuat website dihapus atau di-banned oleh Google sehingga tidak terdaftar dalam indeks halaman pencarian. Akhirnya, website bahkan tidak bisa tampil di mesin pencari.

Metode spamdexing memang dapat menaikkan peringkat web dan traffic secara cepat tetapi risikonya pun sangat berbahaya karena praktik kecurangan pasti terdeteksi oleh Google.

Cara Menghindari Black Hat SEO

Cara Menghindari Black Hat SEO

Berikut merupakan tips atau cara menghindari black hat SEO.

  • Membuat konten website yang berkualitas dengan menjawab kebutuhan pengguna melalui informasi yang disampaikan dalam web page.
  • Menghindari praktik optimasi website dengan cara menipu search engine.
  • Selalu mematuhi panduan webmaster yang diberlakukan oleh Google dan mengikuti update terbarunya.
  • Tidak membuat PBN atau link farming yang menghasilkan backlink sehingga dapat memanipulasi ranking website.

Itulah penjelasan mengenai spamdexing atau black hat SEO. Kesimpulannya, black hat SEO adalah strategi meningkatkan optimasi website di search engine yang melanggar panduan Google dengan memanipulasi ranking website sehingga website berrisiko dihapus. Dalam membangun website usahakan untuk melakukan strategi SEO yang tepat sesuai panduan dan ketentuan. 

Anda dapat belajar seputar SEO untuk mengoptimasi website dengan bergabung di kelas Coding Studio. Coding Studio adalah platform kursus IT online yang membantu Anda dalam mempersiapkan skill IT dengan mengikuti program-program khusus sesuai minat. Anda akan mendapatkan pelatihan instensif dari tentor terbaik yang siap mengupgrade skill IT Anda.