SERP: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Optimasinya

SERP Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Optimasinya

Elemen SERP adalah elemen yang sangat penting dalam penerapan SEO dan optimasi website untuk bisa mendapatkan traffic lebih besar. Bagi kalian yang baru mempelajari SEO tentu saja penting untuk memahami SERP dan bagaimana cara untuk mengoptimalkannya. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai SERP sampai cara-cara untuk optimasi website melalui SERP ini.

Pengertian SERP

Untuk memahaminya jelas perlu tahu mengenai apa itu SERP. SERP itu merupakan kependekan dari Search Engine Result Page atau bisa dikatakan hasil pencarian mesin pencari. Jadi hasil pencarian pada mesin pencari dengan kata kunci tertentu disebut sebagai SERP yang tentunya jenisnya sangat beragam.

Pengertian SERP

Hasil pencarian ini sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa jenis, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Konten berbayar atau iklan, di mana biasanya 2 sampai 4 link pertama itu adalah iklan yang ditampilkan oleh Google.
  1. Kontan organik yang ditampilkan dan paling relevan dengan kata kunci yang dimasukkan dalam mesin pencari tersebut.
  1. Jawaban dari beberapa pertanyaan banyak orang yang ditampilkan dalam beberapa pertanyaan saja. Jawaban ini biasanya diambil dari situs dengan jawaban yang paling relevan dan sesuai dengan kata kunci yang digunakan.

Fungsi dari SERP

Fungsi SERP sendiri pada dasarnya untuk mengetahui ranking dari website kita itu ada pada posisi seperti apa, apakah cukup tinggi atau tidak. Bisa dibilang kalau fungsinya adalah sebagai evaluasi performa dari website dan untuk menentukan langkah berikutnya dalam pengembangan website. Semakin baik kualitas website maka akan bisa mendapatkan rangking yang tinggi pada hasil SERP ini.

Tujuan Penggunaan SERP

Tujuan Penggunaan SERP

SERP adalah sebuah alat ukur performa website yang sudah pasti tujuannya adalah untuk mendapatkan traffic yang tinggi. Tujuan SERP bagi para pengembang website terutama adalah untuk meningkatkan traffic dengan website ditampilkan pada hasil teratas pada SERP. Bila masuk di pencarian teratas pada SERP maka kemungkinan website bisa mendapatkan traffic yang tinggi akan semakin besar.

Baca Juga:  Opportunity: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Contohnya

Komponen dalam SERP

Bila ingin memahami SERP dengan baik, maka perlu tahu juga komponen SERP itu apa saja dan seperti apa. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih komponen yang ada pada SERP tersebut.

1. Query

Search query adalah tempat orang akan menuliskan kumpulan kata kunci yang ingin dicari dengan menggunakan mesin pencari. Saat ini search query ini tidak hanya bisa diisi dengan cara diketik saja, akan tetapi bisa juga dengan menggunakan perekam suara.

2. Sponsored Result

Sponsored result adalah hasil pencarian berdasarkan kata kunci dari website yang mempergunakan iklan berbayar pada Google. Biasanya hasil pencarian iklan ini akan ada di posisi paling atas dan dinilai berdasarkan relevansi dengan kata kunci yang dicari juga.

3. Organic Result

Organic result pada SERP adalah hasil pencarian organik dari website yang memang memiliki nilai dan relevansi yang baik berdasarkan kata kunci yang digunakan. Daftar peringkatnya sendiri dinilai dari relevansi, kelengkapan topik dan sub topik, serta rating atau nilai dari website tersebut.

4. Rich Snippets

Rich Snippets merupakan hasil tampilan dari website yang berisi konten yang sesuai dengan kata kunci yang digunakan dalam mencari. Ada beberapa konten yang bisa ditampilkan oleh Google, berikut beberapa di antaranya.

  • Informasi detail spesifikasi produk
  • Resep masakan
  • Review mulai dari produk, film dan lain sebagainya
  • Konten yang berkaitan dengan pekerjaan

5. Featured Snippets

Featured Snippets ini adalah ringkasan atas jawaban dari hasil pencarian kata kunci yang digunakan dan tersedia pada website. Jadi akan ditampilkan cuplikan konten yang menjadi jawaban dari kata kunci dan biasanya akan ditampilkan pada posisi paling atas.

Cara Optimasi Website dengan SERP

Cara Optimasi Website dengan SERP

Bila ingin mendapatkan traffic yang baik memang perlu untuk mengetahui cara optimasi SERP yang baik dan benar. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa cara yang mungkin bisa kalian pergunakan.

1. Menggunakan Iklan Berbayar

Salah satu cara yang mungkin paling mudah untuk optimasi website kalian pada SERP adalah dengan menggunakan iklan berbayar. Kalian bisa memanfaatkan PPC pada Google dengan menargetkan pada kata kunci tertentu, maka website akan ditampilkan di posisi pertama.

Baca Juga:  Tools Digital Marketing yang Perlu Dikuasai

2. Menerapkan SEO yang Tepat

Bila kalian memiliki anggaran yang terbatas, maka salah satu caranya adalah dengan menerapkan SEO yang tepat pada website. Kalian bisa mengatur Meta Tag sampai meta description untuk bisa membantu website kalian berada pada pencarian teratas di SERP.

3. Memanfaatkan Fitur SERP

Memanfaatkan beragam fitur SERP akan membantu website kalian masuk ke dalam peringkat yang tinggi, berikut beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan.

a. Featured Snippets

Featured Snippets biasanya menampilkan rangkuman dari jawaban berdasarkan kata kunci, biasanya bentuknya dalam daftar. Jadi ada baiknya membuat website dengan jawaban yang singkat dan relevan serta dengan bentuk daftar list.

b. Orang Juga Bertanya

Manfaatkan pertanyaan dari banyak orang yang juga bertanya dan ada pada SERP. Jadi kalian bisa membuat konten yang mampu menjawab beberapa pertanyaan tersebut dengan baik dan komprehensif.

Pemahaman akan SERP adalah hal yang penting untuk menerapkan SEO dengan baik dan mengembangkan website. Bila ingin mempelajari SERP maka kalian bisa memilih Coding Studio yang menjadi tempat kursus beragam ilmu teknologi. Kualitas materi sangat lengkap dan juga kalian bisa mendapatkan mentor yang berpengalaman untuk membantu pemanfaatan SERP lebih maksimal.

Related Articles