Semantik SEO: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Semantik SEO Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Menjadi seorang konten kreator terutama penulis artikel penting untuk mengetahui apa itu SEO. SEO adalah sebuah strategi yang harus dipahami untuk optimasi website dalam memperoleh posisi terbaik pada SERP. Salah satu strategi SEO adalah semantic search, untuk mengetahui lebih lanjut pengertian semantic SEO dan penjelasan lainnya akan dibahas di bawah ini.

Apa Itu Semantic SEO?

Semantic SEO adalah pola atau cara pencarian di mesin pencarian untuk memberi hasil pencarian yang sebenarnya dan masih berkaitan dengan pencarian sebelumnya. Saat pengguna sedang mencari suatu informasi dengan cara menginput keyword tertentu pada search engine maka Anda akan memperoleh berbagai pilihan informasi.

Apa Itu Semantic SEO

Hal yang sebenarnya terjadi, mesin pencari tersebut tidak menampilkan hasil terbaik berdasarkan yang Anda butuhkan. Namun informasi yang muncul merupakan informasi yang banyak dicari orang khususnya yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Istilah Sematic SEO

Beberapa istilah dalam semantik SEO yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut.

Anchor text

Anchor text merupakan teks atau sebuah kata yang Anda jadikan sebagai tempat untuk menyematkan tautan atau internal link yang mengarahkan audiens menuju ke halaman web lainnya ataupun bagian tertentu pada halaman yang sama. Anchor text ini biasanya ditandai dengan gaya teks atau warna yang berbeda yang bisa digunakan sebagai navigasi dalam meningkatkan pengalaman pengguna.

Keyword

Anda tentu sudah tidak asing dengan keyword yaitu kata kunci yang dipakai sebagai topik utama. Fungsinya untuk memberi tahu search engine ketika robot sedang melakukan crawling.

Fungsi Semantik SEO

Peran semantik SEO ini sangat penting bagi SEO karena bisa menjadi sumber ide baru bagi yang bingung mencari keyword yang ingin dioptimasi. Jadi dalam pengertian semantic SEO hal yang dapat Anda lakukan adalah menuliskan kata kunci pada mesin pencari lalu klik spasi satu kali. Nantinya pasti Anda akan mendapatkan banyak rekomendasi keyword serta ide menarik lainnya.

Baca Juga:  Tips Memulai Bisnis Startup: Simak 8 Poin ini!

Hasil yang ditampilkan tersebut adalah keyword yang sering disambungkan dengan keyword awal yang Anda masukkan. Walaupun memiliki peran atau fungsi yang penting, nyatanya banyak pengguna yang masih belum menyadarinya. Biasanya kebanyakan pengguna internet atau konten kreator akan mencari keyword dengan tools pencarian keyword yang ada.

Nyatanya Anda dapat menerapkan cara mudah ini dan hasil yang didapat juga sangat bagus. Terlebih jika kebanyakan tools yang digunakan tersebut mengharuskan Anda untuk mengeluarkan banyak biaya seperti biaya berlangganan. Hal ini tentu membuat semantik SEO memiliki kelebihan dibanding tools pencarian keyword tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Semantic SEO

Bagaimana Cara Kerja Semantic SEO?

Sesuai dengan apa yang disebutkan pada penjelasan pengertian semantic SEO yang bekerja sesuai dengan hasil pencarian dari keyword sebelumnya. Saat Anda mencari informasi mengenai objek secara umum, tidak khusus maka Anda akan mendapatkan hasil yang beraneka ragam.

Contohnya Anda mencari informasi dengan memasukkan kata kunci “jus” pada mesin pencari. Informasi yang akan Anda dapatkan dari mesin pencari adalah jual jus, tempat yang menjual jus buah, jenis jus, manfaat jus, aneka resep jus buah dan sebagainya.

Informasi yang ditampilkan mesin pencari ini adalah hasil pencarian sebelumnya. Jadi dapat dikatakan apa yang ditampilkan oleh mesin pencari adalah sesuatu hal yang normal karena banyaknya pengguna internet yang berselancar dengan memasukkan keyword jus.

Namun ketika Anda memasukkan keyword “jus” dan Anda beri satu spasi maka Anda akan mendapatkan sugesti maupun saran kata berikutnya. Inilah yang disebut dengan semantik SEO atau semantic search.

Cara Optimasi Konten Melalui Semantik SEO

Cara Optimasi Konten Melalui Semantik SEO

Setelah mengetahui pengertian semantic SEO, peran dan cara kerjanya Anda juga harus mengetahui bagaimana cara optimasi konten yang Anda buat tersebut dengan semantik SEO.

Membuat konten yang saling berhubungan dengan satu topik

Keterkaitan sebuah konten dengan satu keyword atau satu topik saja penting untuk dimaksimalkan dalam penerapan semantik SEO. Anda harus menyiapkan rancangan konten yang akan dibahas secara mendalam berhubungan dengan kata kunci yang ingin dimenangkan pada SERP.

Baca Juga:  Apa Itu Digital Marketing? Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Konten dengan tingkat relevansi bagus akan berada di posisi puncak lebih cepat. Tidak hanya itu Anda juga dapat memperbarui konten secara rutin. Dengan begitu mesin pencari akan mendapat sinyal bahwa Anda memang sering memantau serta mengikuti perkembangan dari kata kunci tersebut.

Mencantumkan outline konten

Cara selanjutnya yaitu mencantumkan outline konten, outline sendiri merupakan salah satu hal penting yang harus diterapkan pada semantik SEO. Sebenarnya dalam mencantumkan daftar isi atau kata kunci cukup sederhana tetapi nyatanya banyak penulis konten yang sering melewatkannya.

Keberadaan daftar isi ini bisa menunjukkan secara jelas mengenai subtopik yang dibahas. Selain itu outline juga memudahkan pembaca saat mengunjungi website ataupun membaca konten tersebut. Jadi konten yang mempunyai outline ini berpeluang besar menjadi featured snippet pada Google.

Merancang konten yang menjawab

Ketika Anda mencari dengan kata kunci tertentu maka Google akan menunjukkan kolom tentang “people also ask”. Ini adalah kolom yang berisi beragam pertanyaan terkait serta pertanyaan yang banyak ditanyakan berhubungan dengan kata kunci.

Jadi dalam membuat konten ini Anda perlu memastikan bahwa konten Anda bisa menjadi solusi pada berbagai pertanyaan yang muncul. Cara ini dinilai efektif untuk meningkatkan otoritas dan kredibilitas konten Anda pada penilaian Google.Demikian sedikit penjelasan tentang pengertian semantic SEO dan penjelasan cara kerja semantik SEO.

Bagi Anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang teknik ini Anda bisa mengikuti kelas IT dari Coding Studio. Segera daftarkan kelas online yang Anda inginkan dan dapatkan promo menarik khusus di bulan ini.

Related Articles