Business Intelligence Adalah: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Business Intelligence Adalah Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Data bisnis menjadi salah satu kunci untuk mengembangkan bisnis pada masa sekarang dan business intelligence adalah sistem yang sangat membantu. Banyak sekali perusahaan atau bisnis besar saat ini yang memanfaatkan sistem tersebut untuk bisa mengambil langkah yang paling tepat. Jadi pemahaman akan business intelligence itu sangat penting untuk bisa mengembangkan bisnis dengan lebih cepat dan akurat. 

Pengertian Business Intelligence

Kita perlu tahu dulu apa itu business intelligence apabila ingin bisa menerapkannya dengan baik untuk mendapatkan manfaat pada bisnis kita. Business Intelligence itu adalah sebuah sistem atau proses mengumpulkan, mengelola, menganalisis data pasar dari suatu bisnis. Data pasar tersebut akan dianalisis dan disajikan untuk bisa membantu pengambilan keputusan dalam bisnis itu sendiri. 

Pengertian Business Intelligence

Nantinya data pasar bisnis yang sudah terkumpul itu akan disajikan dalam format yang mudah dimengerti, akurat dan komprehensif. Data pasar yang terbilang cukup rumit akan disederhanakan melalui penerapan business intelligence ini dan menjadi insight dalam bisnis. Insight tersebut akan membantu bisnis untuk mengambil langkah yang tepat dan sudah pasti akan mempercepat perkembangan bisnis. 

Perbedaan Business Intelligence dengan Data Science

Secara garis besar memang business intelligence dengan data science itu sama, karena mengumpulkan, menganalisis dan menyajikan data. Akan tetapi sebenarnya ada perbedaan data science dan business intelligence ini, berikut ini beberapa di antaranya. 

  1. Data science bekerja pada data secara umum, namun business intelligence adalah sistem yang bekerja hanya pada data bisnis saja. 
  1. Data science bisa mengidentifikasi pola dan tren untuk membuat prediksi, sementara business intelligence hanya menampilkan data bisnis supaya mudah dipahami. 
  1. Data science membutuhkan skill lebih banyak seperti matematika, statistika, algoritma dan machine learning. Sementara business intelligence hanya kemampuan pengolahan data dan penyajian data bisnis serta pemahaman kebutuhan bisnis. 
Baca Juga:  Apa Itu E-Wallet? Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Fungsi dan Peran Business Intelligence

Fungsi business intelligence memang cukup besar dalam bisnis dan berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa di antaranya. 

  1. Menampilkan kondisi terkini dari bisnis yang paling akurat mulai dari identifikasi pencapaian sampai dengan kelemahan dari bisnis. 
  1. Memberi insight yang tepat dan akurat bagi bisnis untuk bisa membantu pengambilan keputusan yang tepat untuk perkembangan bisnis yang lebih cepat. 

Manfaat Menerapkan Business Intelligence

Menerapkan business intelligence ini memang sangat menguntungkan, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan. Berikut ini beberapa manfaat business intelligence. 

Manfaat Menerapkan Business Intelligence

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional Perusahaan

Business intelligence ini akan membantu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan baik dari sisi waktu maupun dari sisi biaya. Data yang didapatkan akan menampilkan kondisi perusahaan dan tentunya bisa menjadi bahan evaluasi untuk bisa meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Contoh manfaat dari business intelligence adalah menentukan jumlah produksi yang tepat, sehingga jauh lebih efisien. 

2. Membantu Menghasilkan Keputusan yang Tepat

Data dan insight yang diberikan oleh sistem business intelligence ini akan membantu pengambilan keputusan yang terbaik bagi bisnis. Arah perkembangan bisnis pun akan jadi lebih jelas dan tentunya akan membantu bisnis bisa berkembang dengan jauh lebih cepat. 

3. Meningkatkan Kepuasan Konsumen Terhadap Produk

Salah satu data yang didapatkan dari business intelligence itu adalah data mengenai konsumen mulai dari respons sampai harapan dari konsumen. Hal ini sudah pasti akan membantu bisnis memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Jadi pada akhirnya kepuasan konsumen akan bisa didapatkan dan membuat loyalitas terhadap konsumen pun akan meningkat. 

Kelebihan dan kekurangan business intelligence ini memang harus dipahami sebelum diterapkan, di mana memang kelebihannya bisa kita lihat pada manfaatnya. Salah satu kekurangan dari penerapan sistem ini adalah soal kebutuhan biaya dan sumber daya manusia yang cukup tinggi. Jadi memang biasanya bisnis dengan skala besar yang mempergunakan sistem business intelligence ini untuk pengembangan bisnis. 

Sistem Kerja Business Intelligence

Cara kerja business intelligence sendiri pada dasarnya cukup sederhana, karena hasil akhirnya hanyalah laporan data pasar. Berikut ini sistem kerjanya dari awal sampai akhir. 

  1. Sebelum melakukan pengumpulan data tentunya harus menentukan dulu model data yang akan dianalisis. Setelah itu proses pengumpulan data secara real time akan dilakukan. 
  1. Mulai melakukan analisis data yang kemudian hasil akhirnya akan ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik atau juga chart. Jadi bagian akhir business intelligence adalah visualisasi data yang mudah dipahami untuk membantu menyusun strategi bisnis. 
Cara Menjadi Seorang Business Intelligence

Cara Menjadi Seorang Business Intelligence

Kebutuhan business intelligence sendiri memang cukup besar pada masa sekarang, sehingga banyak orang mencari cara menjadi business intelligence ini. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa skill yang harus dikuasai bila ingin berkarier di bidang ini. 

  1. Memahami pengolahan data dan juga database 
  1. Mempelajari SQL dan query database dari sebuah bisnis 
  1. Mempelajari berbagai tools business intelligence supaya bisa menghasilkan laporan analisis dengan cepat dan mudah. Ada banyak sekali pilihan tools saat ini dan kalian perlu kuasai tools yang paling populer. 
  1. Kemampuan menghasilkan laporan dan visualisasi data yang mudah dipahami 
  1. Memahami berbagai kebutuhan pada bisnis dan juga stakeholder Business intelligence adalah ilmu yang sangat berguna bagi bisnis, sehingga karier di bidang tersebut cukup menjanjikan.
Baca Juga:  Data Driven Marketing: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Bila kalian ingin mempelajari dan ingin menjadi business intelligence, maka bisa mengambil kursus di Coding Studio. Materi kursus yang diberikan cukup mudah dipahami dengan mentor yang berpengalaman dan berkualitas.

Related Articles