Sistem Enterprise: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Sistem Enterprise Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Sistem enterprise adalah sebuah sistem teknologi informasi yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi operasional perusahaan. Operasional perusahaan yang baik, efektif dan efisien tentu saja akan membantu perusahaan berjalan dengan baik dan tentunya berkembang. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai sistem enterprise mulai dari pengertian, manfaat, tujuan, serta contohnya untuk membantu kalian memahaminya.

Pengertian Sistem Enterprise

Apa itu enterprise? Sistem enterprise itu secara umum merupakan sebuah teknologi informasi yang membantu pengelolaan perusahaan atau bisnis secara efektif dan efisien. Sistem enterprise itu meliputi perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan yang memungkinkan adanya kolaborasi antar divisi. Jadi semua informasi bisnis dan juga proses bisnis akan bisa dilakukan bersama dan juga dipantau secara real time.

Pengertian Sistem Enterprise

Sistem ini mampu memfasilitasi beragam operasional perusahaan mulai dari transaksi, penyimpanan data, dan lain sebagainya. Sistem enterprise ini pun memang dirancang untuk bisa berkolaborasi dan terintegrasi dengan beragam program atau aplikasi dalam satu pengelolaan perusahaan. Sistem enterprise ini banyak digunakan perusahaan besar dengan operasional yang lebih kompleks dan butuh pengelolaan yang terpadu.

Tujuan Menerapkan Sistem Enterprise

Bila kita melihat pengertiannya, maka kita bisa mengetahui tujuan sistem enterprise itu adalah untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Sistem ini pun bisa membantu perusahaan bisa beradaptasi dengan lebih cepat terhadap perubahan pasar yang saat ini terjadi dengan cepat. Tujuan dari sistem enterprise sendiri bisa dijabarkan menjadi beberapa, berikut ini penjelasannya.

  1. Sistem enterprise adalah sistem yang bisa membuat setiap bagian dari bisnis bisa berkoordinasi dengan lebih baik. 
  1. Membuat perangkat lunak yang mampu melakukan beberapa hal berikut ini. 
  • Mengotomatisasi beberapa proses bisnis dan mengintegrasikannya untuk setiap bagian. 
  • Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh setiap bagian secara real time. 
  • Memadukan proses transaksi dengan proses perencanaan bisnis.
  1. Mengurangi waktu untuk proses operasional perusahaan dan menghindari duplikat data. 
  1. Pengelolaan barang jadi lebih mudah dan cepat, sehingga pelayanan kepada pelanggan bisa meningkat.
Manfaat Menggunakan Sistem Enterprise

Manfaat Menggunakan Sistem Enterprise

Banyak sekali perusahaan besar yang menggunakan sistem enterprise ini, karena memang mampu memberikan beberapa manfaat. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih manfaat sistem enterprise yang bisa dirasakan oleh perusahaan secara langsung. 

Baca Juga:  Apa Itu Brute Force Attack? Pengertian, Cara Kerja dan Tips Menghindarinya

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Efisiensi operasional sudah pasti bisa didapatkan dengan menerapkan sistem enterprise ini, karena semua sudah terintegrasi. Operasional perusahaan dan kolaborasi antar setiap divisi pada perusahaan bisa dilakukan dengan baik dan juga lebih efisien. Hal ini membuat produktivitas perusahaan pun semakin meningkat dan pada akhirnya akan membangun perusahaan tersebut juga. 

2. Data Lebih Terpusat dengan Visibilitas yang Baik

Sistem enterprise adalah sebuah sistem yang membantu data perusahaan bisa terpusat dan bisa diakses dengan mudah oleh setiap divisi. Visibilitas atas data itu sangat baik, sehingga setiap bagian bisa mengambil data yang diperlukan pada data pusat perusahaan. Hal ini sangat membantu operasional dan pengembangan perusahaan menjadi jauh lebih baik dan semakin besar. 

3. Meminimalisir Biaya Operasional

Biaya operasional dari perusahaan pun akan bisa diminimalisir dengan lebih baik ketika mempergunakan sistem enterprise ini. Beberapa proses bisnis bisa dipersingkat dan diabaikan dengan sistem enterprise ini, sehingga sudah pasti biaya yang dibutuhkan akan lebih sedikit. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena bisa meminimalisir biaya yang tidak perlu. 

4. Mendapatkan Analisis Data dengan Cepat

Sistem enterprise juga menyediakan fitur analisis data yang sudah didapatkan dan akan digunakan oleh setiap divisi yang ada. Adanya analisa ini akan membantu bagian dari perusahaan untuk mendapatkan data yang sudah matang dan akhirnya bisa mengambil keputusan yang paling baik. Data yang didapatkan pun cukup akurat, sehingga bisa benar-benar menjadi acuan dalam mengambil keputusan dalam bisnis. 

5. Keamanan Data Lebih Terjamin

Sistem enterprise juga biasanya dilengkap dengan sistem keamanan, karena data memang menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan. Sistem keamanan inilah yang membuat data perusahaan akan tersimpan dengan baik dan tentunya akan jauh lebih aman. Sistem enterprise adalah sistem yang lengkap termasuk adanya sistem keamanan, jadi data perusahaan sudah pasti aman. 

Jenis dari Sistem Enterprise

Sistem enterprise sendiri memiliki beberapa jenis yang terbagi berdasarkan industri yang menggunakan sistem tersebut. Berikut jenis sistem enterprise yang bisa kalian pergunakan sesuai kebutuhan nantinya.

Jenis dari Sistem Enterprise

1. Enterprise Pemerintahan

Enterprise pemerintahan itu digunakan oleh pemerintah untuk bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Biasanya digunakan pada kantor pelayanan publik, pelaporan keuangan, dan lain sebagainya. 

Baca Juga:  Colocation Server Adalah? Fungsi dan Kelebihan

2. Enterprise Swasta

Enterprise swasta digunakan oleh satu individu atau perusahaan yang tujuannya untuk meningkatkan keuntungan dan juga nilai dari perusahaan tersebut. 

3. Enterprise Sosial

Enterprise sosial ini digunakan oleh organisasi sosial yang memiliki tujuan untuk kebaikan bersama dengan dana bersama. Biasanya ini digunakan untuk melancarkan proses kegiatan sosial yang dilakukan dari dana bersama yang sudah terkumpul.

Contoh dari Sistem Enterprise

Ada beberapa contoh enterprise yang memang banyak digunakan di masyarakat saat ini seperti misalnya program SAP. Selain itu ada juga yang lainnya seperti Oracle, Peoplesoft, dan masih ada banyak lagi yang lainnya.

Skill sistem enterprise adalah skill penting dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan di masa sekarang ini. Kalian bisa mempelajarinya dengan cepat dan mudah melalui Coding Studio dengan beragam materi yang mudah dipahami dan metode belajar yang seru.

Related Articles