Admin Server Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Tanggung Jawabnya

Admin Server Adalah Pengertian, Cara Kerja dan Tanggung Jawabnya

Era digitalisasi saat ini membuat banyak perusahaan membutuhkan adanya server dan admin server adalah kebutuhan untuk menjalankan server perusahaan. Bidang pekerjaan ini saat ini cukup menjanjikan, karena memang banyak perusahaan yang membutuhkan untuk operasional perusahaan. Berikut ini kami akan menjelaskan mengenai admin server dan juga skill yang dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang admin server. 

Pengertian Admin Server

Bisnis yang ingin berkembang di era digital tentunya perlu memahami apa itu admin server dan server itu sendiri. Admin server merupakan sebuah profesi yang membuat, mengelola dan memelihara server beserta dengan jaringannya dalam sebuah institusi. Bukan hanya sampai situ saja, akan tetapi admin server juga perlu untuk mengoptimalkan kinerja server dan juga jaringan dalam sistem. 

Pengertian Admin Server

Saat ini semua institusi baik itu perusahaan atau juga lembaga pemerintahan sudah masuk ke dunia digital dan pasti menggunakan server. Hal ini tentu saja membuat pekerjaan sebagai admin server ini sangat menjanjikan dan banyak orang yang tertarik dengan bidang tersebut. Bila kalian tertarik tentu saja perlu mengetahui bagaimana cara kerja admin server atau sistem kerja dari admin server. 

Tugas Admin Server

Ada beberapa tugas admin server yang harus dilakukan dalam rangka untuk memastikan sistem institusi atau perusahaan bekerja dengan baik. Berikut ini kami akan coba jabarkan apa saja sih yang harus dilakukan oleh seorang admin server. 

1. Instal dan Konfigurasi Server

Tugas dari admin server adalah melakukan instal server dan juga melakukan konfigurasi server dengan baik untuk bisa diakses oleh perangkat lunak. Prosesnya sendiri berawal dari mempersiapkan server lalu menghubungkan dengan program dan mengoptimalkan performanya untuk bisa terhubung dengan baik. 

Baca Juga:  NoSQL: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Memantau Kinerja Server

Kinerja server itu sangat perlu dipantau untuk memastikan kalau sistem dan server bisa bekerja dengan baik dalam operasional perusahaan. Admin server wajib untuk memantau secara berkala untuk bisa segera melakukan tindakan ketika mungkin terjadi eror dan kerusakan pada server. Pemantauan ini bukan hanya untuk mengatasi kerusakan saja, akan tetapi juga untuk mengoptimalkan server saat digunakan oleh pengguna. 

Jadi setelah sistem berjalan maka tentunya akan ada masukan dari para pengguna dalam hal ini karyawan atau siapa pun yang memiliki akses. Nantinya admin server akan mengoptimalkan supaya lebih mudah digunakan oleh para pengguna. 

3. Membantu Pengguna Mengakses Server

Admin server juga perlu membantu pengguna dalam institusi atau perusahaan untuk bisa mengakses server dengan baik. Admin server juga harus membantu ketika terjadi permasalahan seperti lupa password atau sejenisnya yang membuat pengguna tidak bisa mengakses server lagi. Jadi bisa dibilang admin server adalah profesi kunci untuk operasional perusahaan bekerja dengan baik dan lancar. 

Tanggung Jawab Admin Server

Tanggung Jawab Admin Server

Untuk kalian yang tertarik dengan pekerjaan admin server maka perlu memahami dengan baik apa saja tanggung jawab admin server. Berikut ini kami akan jabarkan apa saja sih tanggung jawabnya. 

1. Memastikan Performa Sistem Server Optimal

Admin server harus memastikan performa dari sistem server itu bisa bekerja dengan baik dan optimal untuk menunjang operasional perusahaan. Jadi bila terjadi kesalahan harus sigap untuk segera memperbaiki kerusakan tersebut. 

2. Back Up Server

Back up server sangat diperlukan untuk bisa mengantisipasi terjadinya kegagalan pada sistem server yang sangat berbahaya bagi operasional perusahaan. Jadi admin server harus menyediakan back up server supaya sistem bisa kembali bekerja dengan cepat apabila terjadi kegagalan pada server. 

3. Memastikan Kompatibilitas Server

Admin server juga perlu memastikan kompatibilitas server dengan teknologi yang sudah pasti akan berkembang dengan pesat. Jadi perlu memastikan server bisa berinteraksi dengan baik dengan program apa pun yang tentunya selalu update sesuai perkembangan teknologi. 

Baca Juga:  Database Adalah: Pengertian, Komponen dan Fungsi

4. Menyediakan Jalur Server yang Aman

Keamanan jalur server menjadi kunci yang penting supaya akses perusahaan bisa benar-benar aman dan file penting pun terjaga dengan baik. Jadi admin server harus bisa mengatasi kemungkinan terjadinya hacking yang tentunya bisa membuat jalur server jadi tidak aman. Admin server adalah orang yang menjaga sistem server perusahaan tetap aman dan terhindar dari hacker yang berbahaya. 

Cara Menjadi Admin Server

Cara Menjadi Admin Server

Bila ingin menjadi admin server, maka kalian perlu untuk memenuhi kualifikasi syarat menjadi admin server terlebih dahulu. Berikut ini beberapa persyaratannya. 

  1. Memiliki skill yang sesuai untuk menjadi admin server yakni ilmu teknik atau ilmu komputer yang mumpuni. Beberapa jurusan kuliah yang sesuai yakni teknologi informasi, teknik komputer, sistem jaringan dan sejenisnya. 
  1. Memiliki sertifikasi keahlian di bidang IT sering menjadi persyaratan untuk bisa menjadi admin server yang baik di perusahaan. 

Selain persyaratan di atas ada beberapa skill admin server yang harus dikuasai juga selain dari memiliki skill ilmu komputer yang mumpuni. Berikut ini beberapa di antaranya. 

  1. Skill komunikasi adalah poin yang penting untuk bisa memahami kebutuhan dari pengguna dan membantu pengguna mengakses server dengan mudah. 
  1. Skill pemecahan masalah juga menjadi salah satu skill penting untuk bisa segera mengatasi apabila terjadi kesalahan pada server. Pemecahan masalah ini penting untuk membantu menemukan solusi ketika ada permasalahan dan solusi untuk mengembangkan sistem server. 

Admin server adalah salah satu profesi yang sangat menjanjikan dan kalian perlu mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus IT. Coding Studio adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang ingin belajar menjadi admin server.

Related Articles