Posisi Back End di Dunia Pemrograman

Developer di bidang teknologi itu saat ini memang merupakan usaha yang sangat menjanjikan, karena semua orang sudah pindah ke digital. Posisi back end adalah salah satu posisi yang ada pada developer yang mungkin bisa jadi menarik untuk dipilih sebagai karir. Posisi atau bagian dari developer sendiri itu ada banyak sesuai dengan kebutuhan, namun yang pasti ada itu adalah back end dan juga front end.

Pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi seperti developer ini memang sangat menarik, sehingga ada banyak sekali orang menginginkannya. Terlebih lagi penghasilan yang bisa didapatkan pun cukup besar dan menjanjikan, karena itu jadi sangat menarik. Berikut kami akan jelaskan dulu mengenai posisi back end agar kalian memahaminya sebelum menentukan pilihan profesi tersebut.

posisi back end

Apa Itu Back End di Dunia Pemrograman

Banyak orang yang mungkin tidak memahami apa itu posisi back end, mereka hanya tahu apa itu developer secara garis besar. Padahal posisi back end itu adalah posisi yang terbilang cukup penting dan juga menentukan dalam kinerja dan juga operasional dari developer tersebut. Back End ini adalah sebuah posisi di dalam developer yang akan mengurusi bagian belakang layar dari sebuah developer.

Kalau diibaratkan front end itu adalah bagian depan layar yang berhubungan dengan tampilan dan juga kenyamanan bagi pengguna. Sementara kalau back end adalah pihak yang akan mengurusi jalur database yang diakses dari server web atau juga aplikasi. Jadi back end inilah yang akan membuat program dan juga bahasa pemrograman yang menghubungkan tampilan dengan database.

Jelas ada koordinasi antara back end dengan front end agar web atau aplikasi itu bisa digunakan oleh pengguna. Biasanya ada beberapa tombol yang akan membuat orang perlu mengakses server baik itu mengambil data atau juga mengirimkan data ke server. Nah program akses tersebut yang akan dibuat oleh back end developer agar supaya tampilan bisa bekerja.

Baca Juga:  Peluang Karir Mobile Developer di Indonesia

Bisa dibilang posisi back end ini menyediakan kekuatan bagi tampilan yang dibuat oleh front end pada sebuah web atau juga aplikasi. Pembuatan database agar supaya aplikasi bekerja itu menjadi tanggung jawab dari back end dan memastikan semua alur data bisa berjalan dengan baik. Error pada server ini menjadi salah satu tanggung jawab dari bagian back end dari sebuah perusahaan developer.

Tugas Back End Developer

posisi back end

Poin penting yang harus kalian ketahui apabila kalian ingin bekerja sebagai posisi back end pada developer itu adalah informasi tugasnya. Biasanya memang tugas dari back end adalah di belakang layar yang mungkin tidak terlalu terlihat atau terasa secara langsung oleh pengguna. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih tugas dari back end pada sebuah developer terutama dalam pengerjaan web atau juga aplikasi.

  1. Tugas yang pertama itu adalah membuat database dan kemudian mengelola dan juga membuat akses ke database. Pembuatan akses ke database ini nantinya akan bekerja sama dengan front end yang tentunya akan terhubung dengan tampilan dari web atau aplikasi.
  2. Tugas yang kedua adalah membuat software khusus server side untuk web dan atau aplikasi. Biasanya back end itu akan membuat software tersebut dengan menggunakan framework.
  3. Melakukan integrasi antara database atau server dengan API atau Application Programming Interface. Jadi nantinya semua pengguna akan bisa mengakses database mulai dari mengambil data atau juga mengirimkan data.
  4. Tugas yang berikutnya adalah membuat pengaturan keamanan agar supaya baik web atau juga aplikasi itu aman dari peretasan. Salah satu kualitas dari web dan juga aplikasi itu bisa dilihat dari tingkat keamanannya, karena bisa jadi data pribadi masuk di sana. Menjadi tugas dari back end untuk memastikan mengatur keamanan agar supaya tidak mudah untuk diretas.
  5. Tugas yang kelima adalah menghubungkan dengan Cloud dan juga mengelola serta mengembangkan Cloud Management System. Hal ini sangat penting untuk alur data pada web dan juga aplikasi dan back end adalah pihak yang bertanggung jawab.
Baca Juga:  Apa Itu Full Stack Developer dan Skill-skill yang Wajib Dimiliki

Skill yang Harus Dipelajari

posisi back end

Posisi back end pada sebuah developer itu mungkin tidak mudah, karena ada beberapa skill yang harus kalian miliki terlebih dahulu. Beberapa skill tersebut merupakan bekal yang sangat penting supaya kalian bisa menjadi back end yang baik dan menghasilkan program yang berkualitas. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih skill yang harus kalian pelajari saat menjadi back end ini.

  1. Skill yang pertama itu adalah memahami server dan juga semua jenis server yang ada di dunia ini. Memahami server akan membuat kalian tahu server mana yang mungkin paling tepat untuk digunakan pada web atau aplikasi yang dibuat. Kalian pun akan bisa mengelola dan membuat server dengan baik dan juga lancar bila sudah memahaminya.
  2. Skill yang berikutnya adalah memahami database dan juga HTTP yang dipakai untuk mengakses database. Database itu merupakan kumpulan file yang dibutuhkan untuk tampilan web atau aplikasi, file sistem dari aplikasi, dan file lainnya yang mungkin dibutuhkan pengguna. Pembuatan database ini harus dikuasai dengan baik dan juga HTTP yang dipakai untuk mengakses database tersebut.
  3. Skill yang ketiga adalah memahami API atau Application Programming Interface yang sangat penting pada web dan aplikasi. API sendiri adalah sekumpulan perintah, fungsi dan juga protokol yang harus dibuat oleh programmer saat akan membuat sebuah perangkat lunak. Salah satu skill back end adalah menguasai API untuk membuat programmer bisa terhubung dengan sistem operasi web.

Selain skill teknis dari posisi back end yang kami jelaskan di atas ada beberapa skill atau kemampuan yang mungkin perlu dimiliki oleh posisi back end ini supaya bekerja dengan baik. Berikut ini beberapa kemampuan posisi back end yang mungkin harus kalian miliki.

  1. Kemampuan komunikasi yang baik adalah kunci agar supaya kalian itu bisa memahami apa yang dibutuhkan pada web. Mulai dari akses ke database dan juga integrasinya mungkin memang perlu ada komunikasi yang baik agar supaya aplikasi bisa bekerja dengan baik.
  2. Kemampuan memecahkan masalah menjadi salah satu prioritas utama apabila kalian itu menginginkan untuk menjadi back end. Ada banyak sekali masalah di belakang layar yang mungkin terjadi pada web atau aplikasi mulai dari eror server, eror jaringan dan masih banyak lagi. Jadi back end itu dituntut untuk bisa memecahkan masalah dengan cepat.
Baca Juga:  Apa Beda Hosting dan Domain?

Kemampuan untuk mempelajari teknologi yang baru juga menjadi kunci untuk back end bisa mengembangkan web atau aplikasi. Teknologi baru semakin berkembang saat ini, dan dengan teknologi tersebut akan membuat semua jadi lebih mudah. Skill yang tidak kalah penting dimiliki oleh posisi back end adalah kemampuan dan kemauan mempelajari teknologi baru.

Yuk tunggu apalagi, segera belajar menjadi Back End Developer melalui link ini ya!