Colocation Server Adalah? Fungsi dan Kelebihan

Colocation Server Adalah Fungsi dan Kelebihan

Hidup di era digital seperti saat ini memang sangat diwajibkan untuk mengetahui teknologi terbaru agar nantinya dalam melakukan aktivitas sehari-hari tidak mengalami kendala apa pun. Pada era digital seperti saat ini ada banyak kali teknologi baru yang belum dipelajari dan salah satunya adalah colocation server. Colocation server adalah layanan untuk penitipan server yang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk penggunanya.

Untuk yang tertarik menggunakan layanan ini maka ada baiknya mengetahui terlebih dahulu pengertian, fungsi dan juga kelebihannya. Kalau ingin mengetahui informasi tersebut sebaiknya lihat ulasan singkat yang ada di bawah ini.

Apa Itu Colocation Server?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai layanan penitipan ini maka perlu mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa pengertian colocation server. Colocation merupakan sebuah layanan yang dapat digunakan untuk menitipkan server milik pelanggan yang nantinya akan disimpan di data center milik pihak yang menyediakan layanan.

Apa Itu Colocation Server

Penyedia layanan sudah menyediakan tempat khusus yang dapat digunakan untuk penitipan server atau menyimpan server yang memakai infrastruktur pendukung dengan sistem keamanan yang sangat canggih baik non fisik maupun fisik. 

Dengan adanya layanan ini maka pengguna layanan ini tidak perlu lagi pusing memikirkan penyimpanan server perusahaan karena penyimpanan tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab penyedia layanan.

Server yang dititipkan di layanan ini nantinya akan disusun di rak khusus colocation server. Penyimpanan ini perlu dilakukan seperti itu dikarenakan colocation server membutuhkan arus listrik, koneksi internet dan juga pengontrol suhu udara agar server tetap bisa dalam kondisi terbaik sehingga dapat bekerja tanpa ada kendala.

Fungsi Colocation Server

Setelah mengetahui pengertian selanjutnya tinggal membahas mengenai fungsi colocation ini. Untuk fungsinya sendiri cukup banyak dan kalau ingin mengetahui fungsi colocation server adalah sebagai berikut.

Fungsi Colocation Server

Mengoptimalkan Biaya

Fungsi pertama colocation server adalah menjadi layanan yang bisa mengoptimalkan biaya. Kalau tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak untuk menyediakan sendiri tempat penyimpanan server ataupun menyediakan data senter maka ada baiknya untuk menggunakan layanan ini saja. 

Baca Juga:  Quality Control (QC): Pengertian, Fungsi, Tugas, dan Skillnya

Kalau menggunakan layanan ini tidak akan mengeluarkan biaya untuk membangun sebuah gedung untuk menyimpan server atau membeli perangkat-perangkat lainnya yang bisa membuat server tetap bagus kondisinya.

Baca Juga : Shared Hosting Adalah: Pengertian dan Kelebihan dan Kekurangannya

Biaya untuk pemeliharaan server dan juga perawatan server apabila mengalami masalah juga tidak perlu ada karena semua hal yang berhubungan dengan penyimpanan server sudah ditanggung oleh penyedia layanan ini. Pemilik server hanya cukup membayar biaya sewa ruang server saja yang penyedia sudah sediakan.

Mempermudah Kontrol Server

Fungsi kedua adalah memberikan kontrol dan kendali penuh kepada pengguna atau pemilik server. Jadi bisa dikatakan kalau penyedia layanan ini tidak akan mencampuri urusan mengenai kontrol ataupun kendali server tapi yang nantinya akan memegang itu semua adalah pihak yang memakai layanan ini. Pemilik server akan bisa memperoleh fleksibilitas yang tidak mungkin akan didapatkan di layanan lainnya.

Mempercepat Waktu Respons

Menggunakan layanan ini nantinya waktu respons menjadi lebih cepat dibandingkan waktu respons jika menggunakan layanan penyimpanan yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan hardware dan software yang digunakan sudah tersertifikasi. Pengguna layanan juga diperbolehkan untuk menambahkan memori atau RAM yang dapat membuat proses menjadi lebih cepat.

Memperbesar Kapasitas Bandwidth 

Bandwidth yang ada di layanan ini merupakan bandwidth terbaik karena pengaturannya disesuaikan dengan kecepatan daya industri agar nantinya koneksi internet lebih stabil sehingga aktivitas dalam penyimpanan data ataupun transfer data menjadi lebih mudah dilakukan. 

Baca Juga : Apa itu Server? Definisi dan Berbagai Jenisnya

Kalau merasa bandwidth kapasitasnya belum terlalu besar bisa langsung melakukan upgrade bandwidth internet dengan bantuan layanan ini. Agar lebih memahami cara kerja dan cara upgrade bandwidth ini maka tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus online di Coding Studio.

Menjaga Suhu Server Tetap Normal

Server bisa bekerja dengan baik apabila server tersebut tidak terlalu panas suhunya dan untuk membuat server kondisi suhunya seperti itu maka perlu memanfaatkan colocation. Memang layanan ini mampu membuat hal tersebut terjadi dikarenakan fungsi utama colocation server adalah menyediakan sistem pendingin yang dapat menjaga suhu ruangan tidak overheat sehingga peralatan dapat bekerja dengan maksimal. 

Baca Juga:  Apa Itu Doxing? Pengertian, Tujuan dan Cara Mencegahnya

Penyedia layanan memang selalu mengatur sistem pendingin tersebut agar semua peralatan atau server yang disimpan di ruangan dapat bekerja secara optimal di suhu yang sesuai. Kalau tidak menggunakan layanan ini sudah pasti tidak akan bisa merasakan manfaat colocation server ini untuk menjaga server suhunya tidak overheat sangatlah sulit.

Mengenal Jenis-Jenis Colocation Server

Mengenal Jenis-Jenis Colocation Server

Colocation server dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan dukungan yang disediakan penyedia layanan. Jenis colocation server ini adalah managed colocation dan unmamaged colocation. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis-jenis colocation baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Managed Colocation

Jenis yang pertama ini merupakan jenis layanan yang penyedia layanan sediakan di mana penyedia sudah mempersiapkan software untuk konfigurasi server. Software yang disediakan ini dapat digunakan oleh guna layanan sebagai pemakai atau user agar lebih mudah saat mengelola server.

Layanan ini sangat cocok sekali digunakan oleh pengguna yang sama sekali tidak mempunyai pengetahuan dan juga kemampuan memelihara server. Kalau sudah memakai layanan ini nantinya pemilik server tidak perlu pusing memikirkan pemeliharaan server karena pihak penyedialah yang akan melakukan pemeliharaan tersebut.

Meskipun layanan ini memiliki banyak kelebihan tapi ada juga kekurangan yang dimiliki jenis server ini. Untuk kekurangan colocation server adalah terletak pada segi kompatibilitas yang membuat pengguna harus memastikan terlebih dahulu software yang disediakan sudah sesuai dengan yang didukung provider atau belum.

Baca Juga : Dedicated Hosting Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Unmanaged Colocation 

Jenis ini merupakan kebalikan dari jenis yang pertama tadi, kalau jenis pertama masih bisa menguntungkan pengguna layanan karena penyedia masih memberikan dukungan dalam hal penyimpanan server. Kalau jenis ini tidak lagi ada dukungan dari pihak penyedia jadi pengguna layanan harus bisa mengatur dan juga mengkonfigurasi server secara mandiri.

Meskipun pengguna nantinya harus melakukan semua hal sendiri tetapi ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan apabila menggunakan jenis ini. Keuntungan menggunakan colocation server adalah pengguna menjadi bebas mengotak-atik dan juga mengatur server sesuai dengan kebutuhan, tapi untuk melakukan itu semua harus menyediakan software dan juga perangkat keras yang mendukung.

Kelebihan dan Juga Kekurangan Colocation Server

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini maka perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan colocation server ini. Untuk kelebihan yang dimiliki layanan ini adalah layanan ini sudah menyediakan berbagai macam perangkat yang dapat mencegah kerusakan server seperti sistem pendingin, fire detector dan juga sudah menyediakan tim pengelola server yang bisa mencegah terjadinya gangguan pada server.

Baca Juga:  Fingerprint: Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Baca Juga : Apa Itu Cloud Hosting? Pengertian, Cara Kerja, Fitur dan Manfaat

Selain mempunyai kelebihan juga memiliki kekurangan dan kekurangan colocation server adalah lokasi penyedia layanan hanya ada di kota-kota besar saja. Jadi untuk pengguna yang berada di luar kota harus menyempatkan diri untuk mendatangi penyedia layanan agar bisa menitipkan server dan melakukan pengecekan server secara rutin.

Apakah Anda siap memaksimalkan potensi web Anda dengan solusi hosting yang kuat? Temukan bagaimana colocation server dapat mengangkat infrastruktur web Anda ke tingkat yang lebih tinggi, memberikan keamanan, kehandalan, dan performa yang tak tertandingi. Mulai perjalanan Anda menuju web yang lebih canggih dengan mengunjungi artikel kami sekarang di Coding Studio!

Related Articles