VMware Adalah: Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

VMware Adalah Pengertian, Fungsi dan Kelebihannya

Era globalisasi saat ini di mana teknologi informasi berkembang tanpa henti, memahami software dalam dunia virtual menjadi langkah penting yang harus dikuasai. VMware adalah salah satu software layanan cloud unggulan yang memiliki peran penting di dunia virtual saat ini. Mampu memahami dan menguasai VMware secara tidak langsung memudahkan Anda dalam memanfaatkan sumber daya komputer.

Secara umum, supaya dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi saat ini, khususnya di dunia virtual, pemahaman akan software dinilai menjadi salah satu hal yang sangat penting. Dalam artikel berikut akan dibahas secara menyeluruh mengenai apa itu VMware, fungsi-fungsinya beserta berbagai macam kelebihannya.

Pengertian dari VMware

Jika diulas lebih lanjut, pengertian VMware sendiri ialah sebuah layanan cloud yang ditujukan bagi developer atau pengembang software maupun cloud computing. Secara harfiah, dengan menggunakan VMware Anda bisa dengan mudah membuat sebuah mesin virtual atau Virtual Machine (VM).

Pengertian dari VMware

Secara singkat, melalui VMware Anda dapat menjalankan dua OS berbeda dalam satu perangkat saja. Sebagai contoh, meskipun Anda hanya melalui satu perangkat komputer, melalui VMware Anda bisa mengoperasikan Windows dan MacOS secara bergantian atau bersamaan dalam perangkat yang Anda miliki. Hal ini tentu memberikan kemudahan dalam memanfaatkan keterbatasan sumber daya komputer yang Anda miliki.

Fungsi Penting dari VMware

Pada dasarnya terdapat beberapa fungsi penting yang dimiliki oleh layanan VMware. Beberapa fungsi VMware yang wajib Anda pahami adalah sebagai berikut ini.

Fungsi Penting dari VMware

1. Virtualisasi server fisik

Menggunakan VMware memungkinkan Anda melakukan virtualisasi server fisik pada perangkat yang Anda miliki. Dengan kata lain, melalui VMware ini Anda bisa mengelola beberapa Virtual Machine atau mesin virtual dalam satu server fisik saja. Hal ini tentu membuat penggunaan sumber daya komputer menjadi lebih efektif dan juga efisien bagi para penggunanya.

Baca Juga:  Mengenal Data Visualization dan Cara Membuatnya

2. Virtualisasi desktop

Selain virtualisasi server fisik, menggunakan VMware juga memungkinkan Anda dan pengguna lainnya untuk melakukan virtualisasi desktop. Dengan virtualisasi desktop, Anda bisa dengan mudah mengakses desktop secara virtual melalui berbagai macam perangkat yang berbeda. Hal ini tentu memberikan kemudahan bagi Anda.

3. Manajemen sumber daya yang lebih efisien

Secara tidak langsung, Vmware adalah layanan yang membuat Anda mampu memanajemen sumber daya komputer dengan jauh lebih efisien lagi. Berbagai sumber daya komputer dari perangkat yang Anda miliki layaknya CPU, RAM dan storage dapat Anda alihkan langsung menuju virtual machine yang Anda buat menggunakan VMware.

4. Virtualisasi penyimpanan atau storage

Jika Anda menginginkan pengelolaan penyimpanan yang efisien, menggunakan machine virtual yang Anda ciptakan melalui VMware bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Selain membuat penyimpanan data yang lebih efektif dan efisien, diketahui melalui VMware Anda juga bisa menduplikasi data yang tersimpan di dalamnya.

5. Memberikan jaminan keamanan data yang tersimpan

Kegunaan VMware yang terakhir adalah memberikan jaminan keamanan yang tinggi pada setiap data yang Anda simpan di dalam virtual machine. Layanan Vmware sendiri dikenal memiliki sistem isolasi yang tinggi dan dapat diandalkan antar virtual machine. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyimpan data-data penting dengan keamanan yang terjamin.

6. Mengintegrasi data

VMware diketahui juga berfungsi untuk mengintegrasi data pusat antar virtual machine yang Anda jalankan. Intinya, dengan data pusat yang terintegrasi dengan baik, meskipun Anda menjalankan banyak sekali virtual machine dalam satu server, tidak banyak biaya operasional dan pemeliharaan yang Anda butuhkan.

Kelebihan dalam Menggunakan VMware

Kelebihan dalam Menggunakan VMware

Perlu Anda ketahui, dalam dunia virtual, penggunaan VMware diketahui memiliki berbagai macam kelebihan. Kelebihan VMware yang patut Anda pelajari dan ketahui tersebut di antaranya dapat Anda simak dalam pembahasan berikut ini.

1. Kemampuan untuk mengakses dengan mudah

Salah satu kelebihan yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan VMware adalah kemampuan dalam mengakses ke dalam virtual machine dengan mudah. Untuk mengurangi beban, setelah menciptakan virtual machine, Anda bisa dengan segera memindahkan Virtual Machine dari PC ke Cloud dan memungkinkan beban beralih ke cloud tanpa adanya batasan.

Baca Juga:  SMTP: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya

2. Mengusung sistem keamanan tingkat tinggi

Ketidakstabilan sistem operasi dalam menjalankan perintah dinilai dapat merusak berbagai aplikasi dana data penting yang tersimpan dalam perangkat komputer Anda. Namun dengan sistem keamanan yang tinggi, Anda tidak perlu khawatir hal tersebut terjadi pada perangkat yang Anda miliki.

3. Manajemen pengaturan Virtual Machine yang jauh lebih mudah

Melalui VMware, Anda dapat dengan bebas mengatur dan mengelola virtual machine yang Anda ciptakan dengan sebebasnya dan sesuka hati. Tak hanya di situ, Anda bahkan juga dapat membagikan virtual machine yang Anda buat kepada orang lain, terutama kepada rekan satu tim Anda dalam menguji aplikasi atau software.

4. Lebih efisien dalam pengembangan aplikasi dan software.

Menggunakan VMware dengan tepat juga memungkinkan Anda mengembangkan aplikasi dan software menjadi lebih efektif dan efisien. Kelebihan yang satu ini bisa Anda dapatkan berkat kemampuan layanan VMware yang memungkinkan Anda untuk mengoperasikan dua sistem operasi yang berbeda di saat yang bersamaan. 

Melalui berbagai pembahasan di atas mengenai pengertian, fungsi dan kelebihan dari VMware, bisa disimpulkan jika VMware adalah sebuah layanan cloud yang sangat penting untuk dipahami dan dipelajari.

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai VMware dan hal-hal lain yang berkaitan dengan IT, menjalani kursus di platform Coding Studio bisa menjadi salah satu rekomendasi yang tepat untuk Anda.

Related Articles