Mengenal RDP: Pengertian, Kegunaan, dan Tata Caranya

Mengenal RDP Pengertian, Kegunaan, dan Tata Caranya

RDP adalah salah satu protokol yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan komputer ternama di dunia, yaitu Microsoft yang memberikan kemungkinan kepada banyak user agar bisa memiliki akses dan melakukan kontrol terhadap komputer dengan jarak yang jauh hanya melalui jaringan dalam internet. 

Melalui artikel kali ini, kita akan coba mengulas dengan lengkap mengenai apa itu RDP. Sampai dengan tata cara untuk melakukan RDP pada sistem Windows yang ada pada layanan VPS yang bisa Anda temukan. Simak informasi menariknya berikut ini.

Pengertian RDP

Apa itu RDP? Kepanjangan RDP yaitu Remote Desktop Protocol yang merupakan salah satu protokol jaringan yang telah digunakan dalam Remote Desktop dan juga Microsoft Windows Terminal Services yang mungkin sudah pernah Anda dengar sebelumnya.

Pengertian RDP

RDP adalah sebuah fitur yang bisa Anda temukan pada sebuah sistem operasi berbasis Windows yang memberi izin pada penggunanya untuk bisa terkoneksi dalam sebuah mesin yang bisa dikendalikan dalam jarak jauh, contohnya adalah VPS, di mana hal ini bisa membuat Anda bisa duduk menghadapi sebuah mesin yang terkoneksi.

Jika berbicara mengenai konteks di dalam RDP, komputer maupun server yang bisa Anda akses bahkan dari jarak jauh sekalipun disebut dengan host, lalu untuk komputer yang melakukan akses adalah client dan komputer yang bisa melakukan pengendalian. 

Para pengguna bisa mendapat akses ke semua file, aplikasi, dan sumber daya yang bisa ditemukan pada komputer juga server host lewat jendela desktop mode virtual dari komputer yang memiliki akses atau komputer client.

Anda bisa saja menemukan bahwa ada setidaknya 3 produk VPS basis Windows yang bisa Anda jadikan pilihan. Misalnya seperti VPS KVM, lalu VPS Alibaba Cloud bahkan ada juga AWS. Semua produk dari VPS basis Windows tersebut bisa Anda operasikan secara remote dan juga mudah di dalam komputer Anda dengan menggunakan aplikasi bernama Remote Desktop Connection. Setelah mengetahui apa itu RDP, ulasan berikutnya akan membahas fungsi dari RDP, maka mari lanjutkan membaca.

Fungsi RDP

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Remote Desktop Protocol atau RDP dalam jenis VPS Windows. Fungsi RDP adalah:

Fungsi RDP

1. Mendapat Akses Jarak Jauh

RDP akan memungkinkan para penggunanya untuk melakukan akses dan melakukan pengendalian VPS di jarak yang jauh dengan memanfaatkan jaringan. Melalui fasilitasi dari RDP, para pengguna akan bisa terhubung dan juga mendapat keuntungan untuk mengelola VPS yang dilakukan kapan saja dan dari mana saja.

2. Manajemen Sistem yang Mudah

Administrator ataupun admin bisa memanfaatkan dan mengoperasikan Remote Desktop Protocol untuk melakukan pengelolaan dan melakukan perbaikan masalah dalam VPS dengan kendali jarak jauh atau remote. 

Para pengguna bisa melakukan proses instal perangkat lunak, menjalankan pemeliharaan secara teratur, mengatasi beberapa masalah yang mungkin dihadapi, dan melakukan konfigurasi dan pengaturan sistem. Semua itu bisa dilakukan tanpa harus ada di depan VPS langsung atau secara fisik.

3. Akses Terhadap Aplikasi dan File

Melalui Remote Desktop Protocol, para pengguna bisa mendapat akses ke semua file, aplikasi, dan juga sumber daya yang tersedia di dalam VPS basis Windows. Ini akan memberikan akses kepada VPS di dalam komputer Windows dengan lokasi yang berbeda.

4. Jaminan Keamanan

RDP adalah sebuah protokol yang menyediakan keuntungan berupa fitur keamanan yang akan membantu pengguna untuk bisa lakukan prosedur enkripsi dengan sesi jarak jauh, lalu memberi batasan akses pada pengguna lain, dan melakukan proses otentikasi pada pengguna sebelum memberikan izin koneksi.

Manfaat dari RDP

Alasan kenapa Anda perlu menggunakan Remote Desktop Protocol atau RDP menjadi salah satu pilihan protokol Remote Desktop adalah sebagai berikut. Dan di bawah ini adalah 3 Manfaat RDP atau protokol yang menjadikannya lebih baik jika dibandingkan dengan Remote Desktop yang lainnya.

  • RDP adalah sebuah protokol yang akan memberi fasilitas pada Anda dengan memberi koneksi internet yang cepat. Dengan memanfaatkan Remote Desktop Protocol, kecepatan loading internet yang Anda rasakan dapat mencapai kecepatan maksimal 1.000 Mbps atau bahkan lebih. Semua itu tergantung dari tingkat kecepatan jaringan server dari RDP tersebut. Hal inilah yang sangat bermanfaat pada saat Anda sering upload atau download data dengan ukuran yang sangat besar.
  • Dengan menggunakan protokol RDP, Anda bisa menginstruksikan suatu bot atau sebuah aplikasi yang diperintahkan untuk selalu beroperasi. Koneksi ini bisa berjalan tanpa terputus walau komputer dalam posisi telah dimatikan. Anda tetap bisa mempercayakan bot dan aplikasi tetap menyala, asalkan proses yang berlangsung itu tidak melebihi bandwidth yang ditentukan oleh server.
  • Penggunaan RDP adalah hal yang hanya bisa dimanfaatkan jika Anda memiliki sebuah server yang mampu untuk menunjangnya. Dengan begitu Anda bisa memilih server manakah yang sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan.

Cara Menggunakan RDP

Pada ulasan selanjutnya, Anda akan menemukan ulasan yang membahas Cara Menggunakan RDP dalam komputer basis Windows menuju model VPS basis Windows yang Anda punya. Akan tetapi, sebelum menyambungkan pada koneksi RDP, Anda perlu memastikan bahwa sudah menyiapkan beberapa perangkat berikut ini.

Cara Menggunakan RDP
  1. Layanan VPS basis Windows yang masih bisa digunakan dan aktif.
  2. Komputer basis Windows
  3. Aplikasi RDP atau Remote Desktop Connection

Setelah semua itu Anda penuhi, Anda bisa melanjutkan untuk melakukan tahapan dan panduan di bawah ini guna melakukan koneksi dengan RDP dari sebuah komputer menuju ke VPS basis Windows.

Membuat RDP dari VPS

Setelah ulasan mengenai RDP, berikutnya adalah bahasan tata cara membuat RDP pada VPS seperti di bawah ini:

  • Reset password Root dari VPS dengan cara login menggunakan user yang sudah ada, Anda bisa menemukan password ini pada saat Anda melakukan proses aktivasi email VPS.
  • Anda akan menemukan menu garis tiga dan saat Anda klik akan menemukan pilihan menu product and service/ simple application center.
  • Klik pada menu instance VPS
  • Dan Anda perlu pilih menu reset password dan isi password administrator.
  • Koneksikan RDP pada menu Windows accessories dan remote desktop connection lalu pilih show options.
  • Pilih menu komputer dan bagian username Anda isi gunakan administrator dan cek bagian allow me to save credentials.
  • Anda bisa juga memilih untuk copy file dari  komputer menuju VPS dan langsung saja masuk ke menu localresources. Lalu Anda cek pada menu clipboards lalu more.
  • Atur saja ukuran desktop sesuai keinginan dan preferensi Anda.
  • Dan langkah terakhir Anda bisa lanjut pilih menu connect.

Itulah ulasan mengenai Remote Desktop Protocol yang memungkinkan kendali jarak jauh. Tujuan dari RDP adalah untuk memberikan akses yang mudah, akan tetapi Anda juga harus memperhatikan keamanan komputer dan koneksi. Maka tips RDP yang harus Anda ikuti adalah dengan memahami kinerja dan tata caranya dengan sebaik mungkin. 

Temukan cara RDP memfasilitasi koneksi jarak jauh, bagaimana Anda dapat mengoptimalkan keamanan, serta bagaimana teknologi ini memainkan peran penting dalam dunia modern yang terhubung.

Jangan ragu untuk melangkah lebih jauh ke dalam dunia akses jarak jauh dengan artikel kami di Coding Studio! Semoga ulasan tersebut bermanfaat.

Related Articles