Clickbait: Pengertian, kelebihan dan Kekurangannya

Clickbait Pengertian, kelebihan dan Kekurangannya

Ketika berselancar di media sosial atau platform digital lainnya, click bait adalah salah satu hal lumrah yang mungkin sering Anda lihat. Bukan hanya sering Anda lihat saja, tapi mungkin saja Anda juga pernah menjadi salah seorang yang terkena clickbait itu sendiri.

Pada dasarnya clickbait mungkin menjadi salah satu hal yang menyebalkan bagi Anda dan para pengguna internet yang lain. Namun, sebenarnya apa itu clickbait? Telusuri pengertian, contoh-contoh, tips membuatnya hingga kelebihan dan kekurangan dari clickbait melalui pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian dari Clickbait

Secara harfiah, pengertian clickbait ialah sebuah tautan berisi judul atau konten yang dianggap menarik bagi para pengguna internet. Akan tetapi saat ditelusuri, isi konten atau topiknya berbeda jauh dari judul yang dimuat, bahkan melenceng jauh dari topik maupun judul.

Pengertian dari Clickbait

Bisa dikatakan jika clickbait merupakan tautan yang menjebak para pengguna internet atau audiens demi mendapatkan traffic yang tinggi pada konten yang dibuat. Umumnya, praktik clickbait sering dijumpai audiens dan para pengguna internet dalam berbagai konten yang dimuat secara digital, meliputi berita-berita yang sedang hangat dibahas dan sedang tren pada saat itu.

Biasanya judul yang menggunakan clickbait akan menggunakan kata-kata yang cenderung berlebihan. Hal ini dilakukan guna menarik para pengguna internet untuk membuka tautan tersebut. Secara garis besar, click bait adalah salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau traffic dalam sebuah situs atau blog.

Baca Juga:  Cara Memulai Startup Digital: Ikuti Langkah-Langkah Ini!

Tips Mudah Membuat Clickbait

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan supaya dapat membuat clickbait yang efektif dan efisien. Di bawah ini akan dibahas beberapa tips membuat clickbait dengan mudah yang bisa Anda terapkan.

1. Buat judul yang membuat audiens penasaran

Clickbait umumnya identik dengan judul yang mampu membuat para audiens penasaran hingga akhirnya meng-klik tautan berisi judul tersebut. Oleh karena itu, pastikan Anda membuat judul yang menarik dan bisa menimbulkan rasa penasaran dari para audiens atau pengguna internet.

2. Terapkan metode copywriting

Secara garis besar, para pengguna internet atau audiens cenderung tidak menyukai judul konten yang terlalu panjang dan bertele-tele. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan teknik copywriting dalam pembuatan judul. Pastikan Anda membuat judul yang relatif pendek namun bisa menarik minat pembaca untuk meng-klik tautan.

3. Bermain teka teki

Anda juga bisa bermain teka teki guna mengambil hati para audiens dan pengguna internet. Sejatinya, click bait adalah bagian penting dalam menaikkan trafiic pengunjung sebuah situs atau blog. 

Anda bisa menggunakan judul clickbait berupa, “Mahal atau murah? Biaya yang Diperlukan untuk Membangun sebuah Bisnis di tahun 2023”. Perbandingan mahal dan murah bisa jadi mampu menarik pengunjung dan para audiens untuk melihat konten Anda tersebut.

Beberapa Contoh dari Clickbait

Beberapa Contoh dari Clickbait

Dalam praktiknya, ada beberapa contoh clickbait yang perlu Anda ketahui. Beberapa contoh dari clickbait tersebut dapat Anda simak langsung dalam penjabaran berikut ini.

1. Clickbait berisi tips dan panduan

Contoh pertama adalah clickbait yang berisikan berbagai tips dan panduan. Konten seperti ini umum dicari oleh banyak pengguna internet dan audiens. Beberapa contoh dari clickbait yang berisi tips atau panduan, antara lain “Tips Menumbuhkan Jenggot dengan Cepat’ atau “Panduan Memilih Bengkel Motor Terpercaya”.

2. Clickbait berisi deskripsi yang menarik

Clickbait juga dapat berisi konten-konten yang mendeskripsikan sesuatu hal atau tempat yang menarik. Contoh penggunaan clickbait yang berisi deskripsi yang menarik adalah “5 Destinasi Wisata Wajib di Pulau Bali” dan “8 Makanan Khas Daerah Yogyakarta yang Bikin Lidah Bergoyang”.

Baca Juga:  Landing Page Adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaat

3. Clickbait berisi tantangan atau challenge

Tantangan atau challenge juga bisa menjadi salah satu contoh yang tepat dalam penggunaan clickbait. Contoh pengaplikasian clickbait yang merujuk pada tantangan dan challenge yaitu “Makan Mie Instan dengan 100 Cabai, Berani Coba?” atau “Mengunjungi Makam Angker Malam-Malam, Ada yang Berani?”.

Kelebihan dan Kekurangan dari Penggunaan Clickbait

Click bait adalah salah satu hal yang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Adapun kelebihan dan kekurangan clickbait tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan dan Kekurangan dari Penggunaan Clickbait

1. Kelebihan Penggunaan Clickbait

a. Meningkatkan pageviews dan traffic

Diketahui penggunaan clickbait dapat meningkatkan pageviews dan traffic dengan sangat cepat. Dalam waktu singkat, pengunjung yang mengakses ke konten Anda akan bertambah jika Anda menggunakan clickbait.

b. Meningkatkan penghasilan

Dengan jumlah pengunjung yang meningkat, hal ini juga akan berdampak pada penghasilan Anda secara online. Secara tidak langsung, adanya clickbait akan memberikan keuntungan yang berlipat jika Anda menggunakan clickbait dengan tujuan marketing.

2. Kekurangan Penggunaan Clickbait

a. Kehilangan kepercayaan pengguna internet

Salah satu kekurangan dari penggunaan clickbait adalah kepercayaan yang dimiliki oleh para pengguna internet terhadap konten Anda akan semakin jauh berkurang. Secara tidak langsung penggunaan clickbait akan membuat audiens malas untuk melihat konten-konten Anda yang lain.

b. Membuat para pengguna internet emosi

Penggunaan clickbait secara berlebihan juga dapat membuat para pengguna internet emosi. Hal ini bisa terjadi jika audiens atau para pengguna internet sedang membutuhkan informasi dan menemukan judul konten yang dirasa menarik namun memiliki isi dan konten yang tidak sesuai dengan judul. Hal ini tentu hal yang sangat menyebalkan di mata para audiens.

Pada kesimpulannya, click bait adalah hal yang memiliki sisi positif dan negatif di mata pemilik konten maupun pencari konten. Untuk itu, pastikan jika Anda ingin membuat konten, gunakan clickbait yang positif dan usahakan jika isi konten selaras dengan judul yang Anda berikan. Penggunaan clickbait juga bisa Anda terapkan dalam digital marketing dan bagi yang ingin belajar digital marketing bisa mengikuti kursus online di Coding Studio.

Related Articles