FTP Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja

FTP Adalah Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja

Kepanjangan FTP adalah ‘File Transfer Protocol’, protokol ini memungkinkan pertukaran informasi dari suatu server ke server lainnya. Adanya FTP membuat user dapat melakukan upload maupun download pada perangkat komputer mereka. Untuk kamu yang ingin mengenal FTP lebih jauh, simak pembahasan berikut.

Apa Itu FTP?

Untuk mereka ingin bekerja dalam bidang cakupan IT, FTP adalah hal yang harus dipahami dengan baik. Inilah servis internet dengan rancangan yang bisa membuat sambungan server jaringan internet maupun perangkat komputer. Dengan servis FTP, pengguna bisa dengan mudah mengirim file menuju komputer, isitlah yang lebih familiar untuk proses ini yaitu download. 

Apa Itu FTP

Sama halnya dengan upload atau pengiriman file menuju server yang dapat dilakukan dengan adanya FTP. Pengertian FTP lebih jelasnya yaitu protokol yang dapat melakukan pertukaran maupun pengiriman data. Kalau kita bandingkan dengan fungsi perangkat kabel, FTP jauh lebih praktis. 

Untuk memahami FTP, kamu perlu tahu istilah client maupun server FTP. Server FTP akan memberikan layanan penukaran file sesuai apa yang FTP Client minta. Fungsi utama dari FTP server adalah baik itu melakukan upload maupun download file. Sementara FTP client adalah istilah komputer yang umum digunakan untuk aktivitas-aktivitas kita sehari-hari. 

Tapi komputer yang dikatakan FTP Client adalah komputer yang harus terhubung server FTP terlebih dahulu. Jika sudah terhubung, maka transfer file bisa dilakukan. FTP server nantinya bisa melakukan berbagai tugas-tugas, selain download dan upload, FTP server juga memiliki tugas lain seperti delete, rename, dan tugas lain sebagainya. 

Sejarah FTP cukup menarik karena inilah protokol internet yang tertua. Pertama kali FTP dikembangkan yaitu saat 1970, Abhay Bhushan menjadi tokoh penting yang melatarbelakangi adanya FTP. Dirinya mengembangkan FTP saat masih bekerja yaitu di proyek ARPAnet. 

Fungsi FTP

Apa yang menjadi fungsi utama dari FTP adalah memudahkan download/ upload data. Tapi sebenarnya ada beberapa fungsi lainnya FTP dan fungsi-fungsi ini juga penting. Untuk lebih lengkapnya, fungsi dari FTP server adalah sebagai berikut ini:

  • Menjadi protokol yang bisa membantu kita mengelola data melalui dua arah.
  • Membantu proses pertukaran data dengan mudah antara komputer, meski ukuran datanya besar. 
  • Kegunaan FTP juga bisa membantu proses backup website secara efisien.
  • FTP bisa memungkinkan kita download melalui software publik.
  • Ketika menggunakan FTP, proses pengiriman datanya akan sukses meski sambungannya terputus.
  • Proses unggah ke server FTP yang memudahkan pengguna.
  • FTP memungkinkan upload halaman situs ke server internet.
  • Konfigurasi FTP bisa membantu revisi dan distribusi program developer. 
  • FTP memiliki fitur schedule, fitur ini bisa membantu kamu dengan mudah mengatur jadwal untuk melakukan transfer karena lebih terjadwal dengan baik.
  • Menunjang efisiensi pengiriman data untuk single file dan dalam jumlah banyak 
  • FTP juga memungkinkan kita mengirim file besar dan membuatnya sebagai lampiran di email.
  • Fitur resume yang terdapat pada FTP membuat kita tidak lagi perlu khawatir kalau internet sedang buruk atau bahkan hilang koneksinya. Termasuk saat perangkat melakukan reboot sendiri saat transfer data berlangsung.
  • Menunjang multitasking kelola data melalui perangkat lain.
Baca Juga:  Langkah-Langkah Uji Normalitas SPSS

Hal yang perlu diingat yaitu tak semua orang yang memakai internet dapat mendapatkan akses masuk menuju data web melalui server FTP secara bebas. Agar bisa mengaksesnya, butuh permintaan izin koneksi untuk selanjutnya bisa sukses terhubung server tersebut. 

Kelebihan FTP

Kalau kamu sudah tahu apa itu FTP, maka selanjutnya kamu perlu tahu apa yang menjadi kelebihan dari adanya FTP ini. Berikut beberapa kelebihan FTP yang perlu kamu pahami:

Kelebihan FTP
  • Mampu menjembatani dengan baik pertukaran informasi antar sistem atau perangkat komputer.
  • Dapat dimanfaatkan sebagai komputer implicit remote maupun indirect.
  • Mempermudah proses transfer atau kelola data.
  • Bisa backup data , termasuk melakukan restore pada situs web
  • Data bisa diunggah dalam kuantitas besar, tidak harus menunggu lama satu persatu

Sistem Kerja FTP

Sistem atau car kerja FTP adalah dengan mengandalkan sistem autentikasi standar. Sistem ini meminta pengguna memasukkan data seperti username, password dan sebagainya agar dapat mengakses data. Setiap ingin mengelola data, seperti download maupun aksi kelola data komputer lain, diperlukan akses untuk perintah yang dilakukan.

Baik itu password maupun username, akan kunci akses berbagai data, username dari FTP bisa membuat tata kelola data bisa dilakukan. Transfer data dalam FTP bergantung kepada keamanan enkripsi juga. Sebelum pertukaran data dilakukan, klien FTP harus meminta koneksi terlebih dahulu ke server FTP. 

Saat klien FTP berhasil terhubung ke server tersebut, baru terjadi aktivitas pengelolaan data. Agar mempermudah kamu untuk memahami sistem kerja FTP, setidaknya ada 2 langkah utama yang akan dilakukan yaitu klien FTP meminta koneksi. Kalau sudah berhasil terhubung, langkah kedua yaitu pertukaran data baru bisa dilakukan pada sistem FTP.

Cara Penggunaan FTP

Cara Penggunaan FTP

Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk memakai sistem FTP ini, command line merupakan salah satu caranya. Kamu bisa membuka Command Prompt untuk memakai command line, jika di Windows memakai cmd, maka untuk Mac/Linux akan memakai Terminal. Masih banyak yang sampai sekarang ini menggunakan metode tersebut saat ingin transfer atau mengelola data menggunakan sistem FTP. 

Baca Juga:  Mengenal Unified Modeling Language (UML) beserta Contohnya

Baca Juga : CLI (Command Line Interface) adalah? Cara Kerja dan Kelebihan

Ada cara paling umum untuk penggunaan FTP adalah yaitu memanfaatkan FTP client. Metode ini sering dilakukan web developer dalam melakukan tugasnya. Mengapa metode ini lebih disukai banyak orang? Karena cara inilah yang dirasa fleksibel jika kita bandingkan dengan penggunaan command prompt. 

Bukan hanya fleksibel dan mudah digunakan saja saat mengelola data, metode ini bisa diandalkan juga. Terdapat banyak fitur pada sistem FTP client dibandingkan metode lainnya. Ada pun contoh FTP ini seperti fitur yang bisa membuat kita mentransfer data besar, memanfaatkan sinkronisasi dan fitur lain sebagainya.

Kamu bisa juga mengandalkan web browser sebagai metode lainnya. Cara kerja FTP server dengan memakai web browser lebih simple. Kemudahan penggunaan bisa kamu rasakan ketika mengakses direktori besar dalam server. Meski begitu, metode ini sering dianggap tidak cukup efektif. Saat memakai cara ini untuk keperluan FTP, cenderung lebih lambat kalau dibandingkan layanan FTP lainnya. 

FTP merupakan protokol jaringan yang memungkinkan transfer file berlangsung secara luas pada seluruh jaringan. Beberapa kelebihan mampu dihadirkan oleh FTP. Keamanan data merupakan alasan utama yang membuat FTP dibutuhkan banyak individu maupun perusahaan. 

Sistem FTP bisa memberikan protokol terbaik untuk kebutuhan transfer file karena sudah aman terenkripsi. Tentunya pihak vendor harus menyediakan keamanan optimal agar bisa menjaga keutuhan data saat proses FTP-nya berlangsung. Dari kontrol maupun kapasitas data juga menjadi aspek keunggulan lainnya dari FTP. 

FTP adalah salah satu ilmu teknologi dasar yang penting dipelajari dalam bidang teknologi. Kalau kamu ingin mengasah skill kamu dalam bidang teknologi, digital, dan bidang lain sebagainya, Coding Studio bisa menjadi pilihan platform kursus yang sangat tepat untuk kamu.

Related Articles