Apa Itu Scareware? Pengertian dan Cara Mencegahnya

Apa Itu Scareware Pengertian dan Cara Mencegahnya

Berbagai macam konten dan informasi dapat dengan mudah Anda konsumsi dan dapatkan secara langsung dengan kecanggihan teknologi masa kini. Walaupun demikian, kemudahan tersebut tidak berarti tanpa adanya bahaya yang mengancam. Scareware adalah salah satu bentuk ancaman digital yang bisa Anda temui jika Anda sering berselancar di dunia maya.

Jadi, apa itu scareware? Untuk pemahaman yang lebih mendetail tentang salah satu virus dan malware yang berbahaya ini, Anda bisa mengikuti ulasan dalam artikel berikut. Mulai dari pengertian, ciri-ciri, contoh, tips mendeteksinya hingga cara menghapus dan mencegahnya dapat Anda temukan di sini.

Pengertian Dari Scareware

Jika ditelaah berdasarkan definisinya, pengertian scareware ialah sebuah software yang umum digunakan dalam praktik scamming dengan cara memanfaatkan rasa takut dan panik seseorang, sehingga membuat orang tersebut untuk melakukan hal tertentu maupun memasang aplikasi tertentu.

Pengertian Dari Scareware

Dalam kasus scareware, umumnya pengguna internet akan mendapat pemberitahuan melalui perangkat elektronik yang digunakan. Pemberitahuan ini berupa peringatan bahwa perangkat yang digunakan terkena virus atau malware dan Anda dianjurkan untuk memasang software yang direkomendasikan agar virus atau malware yang menjangkiti perangkat Anda bisa diatasi.

Bagi orang awam atau yang memiliki kecemasan dan ketakutan berlebih, hal tersebut bisa memicu para korbannya untuk langsung memasang software tanpa pikir panjang terlebih dahulu. Celakanya lagi, jika software tersebut sampai terpasang di perangkat Anda, ada kemungkinan kata sandi dan informasi dan data pribadi penting yang Anda miliki dapat diretas melalui scareware tersebut.

Baca Juga:  Apa itu Autentikasi? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya bagi Keamanan Data

Ciri-Ciri Utama Dari Scareware

Ada beberapa ciri scareware yang bisa Anda pelajari dalam upaya mencegah Anda terkena praktik scamming semacam itu. Beberapa ciri-ciri utama dari scareware adalah sebagai berikut.

1. Berbentuk iklan Pop-up

Salah satu karakteristik atau ciri utama dari sebuah scareware yang bisa Anda pahami adalah bentuknya yang berupa iklan Pop-up. Iklan ini biasanya hadir dalam sebuah jendela kecil saat Anda mengakses ke dalam sebuah situs atau website. Selain itu, iklan Pop-up yang muncul biasanya cukup mengganggu karena menutupi konten pada halaman utama yang Anda akses.

2. Berisi peringatan yang menimbulkan rasa cemas dan panik

Selain berbentuk jendela Pop-up, karakteristik umum pada scareware terletak pada isi kontennya. Pada dasarnya scareware didominasi oleh berbagai peringatan-peringatan tertentu yang dapat menimbulkan rasa cemas dan panik para pengguna internet. Salah satu contohnya seperti yang dibahas sebelumnya mengenai adanya virus atau malware yang menyerang perangkat Anda dan anjuran untuk memasang sebuah software.

3. Muncul secara tiba-tiba

Salah satu ciri lain yang mengindikasikan jika hal tersebut merupakan scareware adalah jendela Pop-up muncul secara tiba-tiba. Dengan kata lain, halaman jendela Pop-up muncul dengan sendirinya tanpa adanya perintah atau instruksi dari Anda atau para pengguna internet lainnya.

Beberapa Contoh Dari Scareware

Untuk menghindari perangkat Anda terserang scareware, Anda perlu mengetahui apa saja contoh-contoh dari scareware. Beberapa contoh scareware dapat Anda simak dalam ulasan berikut.

Beberapa Contoh Dari Scareware

1. Fake Scanner atau alat pemindai keamanan palsu

Salah satu contoh dari scareware berbentuk Fake Scanner atau alat pemindai keamanan yang palsu. Fake Scanner ini akan memberikan peringatan ancaman palsu yang menyerang perangkat yang Anda gunakan. Jika Anda terpancing dan menggunakan pemindai palsu ini, scareware akan memberikan peringatan lanjutan yang jauh lebih menakutkan lagi.

2. Peringatan keamanan palsu

Selain pemindai palsu, contoh dari scareware berikutnya memiliki bentuk berupa peringatan keamanan palsu. Ketika Anda membuka sebuah tautan atau link, biasanya muncul Pop-up berisi peringatan keamanan akan adanya virus yang menyerang perangkat Anda. Ini adalah salah satu contoh dari scareware yang perlu Anda ketahui.

Langkah Mudah Mendeteksi dan Menghapus Scareware

Langkah Mudah Mendeteksi dan Menghapus Scareware

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencegah serangan scareware. Beberapa cara mendeteksi scareware serta cara menghapus scareware tersebut dapat Anda lihat di bawah ini.

Baca Juga:  DOM: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

1. Lakukan pemindaian antivirus secara menyeluruh

Langkah pertama yang bisa Anda ambil sebagai tindakan preventif dalam mencegah scareware adalah dengan memindai secara menyeluruh perangkat yang Anda gunakan. Dengan pemindaian yang Anda lakukan, secara tidak langsung membantu dalam menemukan software yang dicurigai sebagai scareware.

2. Segera hapus program atau aplikasi yang mencurigakan

Selanjutnya, Anda bisa segera menghapus program atau aplikasi di dalam perangkat yang Anda anggap mencurigakan. Sebelum memutuskan untuk menghapus program atau aplikasi yang mencurigakan tersebut, pastikan Anda terlebih dulu mem-backup data dalam perangkat supaya data-data penting yang Anda miliki tidak ikut terhapus.

Cara Ampuh Mencegah Scareware

Untuk mencegah Anda terkena scareware, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda terapkan. Cara mencegah scareware tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Tidak mengakses situ-situs yang mencurigakan

Umumnya scareware berasal dari berbagai situs-situs yang mencurigakan dan berbahaya. Supaya mencegah Anda terserang scareware, ada baiknya Anda hindari mengakses ke berbagai situs mencurigakan yang berpotensi memiliki scareware di dalamnya.

2. Pasang antivirus dan update secara berkala

Salah satu tindakan preventif yang bisa Anda lakukan dalam mencegah scareware ialah dengan memasang aplikasi antivirus. Selain itu, usahakan jika Anda selalu memperbarui dan mengupdate antivirus tersebut secara berkala agar perangkat Anda selalu terlindungi dari virus atau malware layaknya scareware.

Dari pembahasan tersebut di atas, dapat ditarik kesimpulan jika scareware adalah salah satu cyber crime yang sering dijumpai terutama bagi para pengguna internet. Dengan memahami cara mencegahnya, secara tidak langsung Anda bisa terhindar dari serangan scareware.

Coding Studio merupakan salah satu brand kursus IT online yang tepat untuk memperdalam pengetahuan Anda seputar bidang IT yang hingga saat ini mengalami perkembangan sangat cepat. Di sana Anda bisa memahami dengan jelas mengenai scareware dan berbagai hal lain seputar bidang IT.

Related Articles