Mengetahui Apa Itu Pop Up? Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Mengetahui Apa Itu Pop Up Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Pop up sebenarnya banyak dijumpai, akan tetapi banyak yang tidak tahu kalau itu termasuk dalam pop up. Pop up adalah sebuah media yang bisa dipergunakan untuk menampilkan beragam informasi yang bisa saja kemudian langsung diambil tindakan. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai pop up, fungsinya, contohnya, sampai dengan bagaimana cara untuk membuatnya.

Pengertian Pop Up

Bila dalam pengertian bahasa pop up artinya sesuatu yang muncul dan biasanya akan langsung terlihat karena tepat di depan mata. Isi dari pop up itu sendiri bermacam-macam mulai dari informasi penting, iklan, sampai dengan menu-menu yang bisa digunakan. Kalian pasti sering menjumpai pop up saat mengunjungi sebuah website, meskipun kebanyakan pop up yang muncul adalah iklan.

Pengertian Pop Up

Jendela yang muncul pada saat kalian menggunakan website, aplikasi, atau bahkan perangkat seperti smartphone atau laptop merupakan apa itu pop up. Salah satu pop up yang paling sederhana adalah saat kalian ada di desktop dan klik kanan, maka akan muncul pop up menu Windows di sana.

Fungsi Menggunakan Pop Up

Fungsi pop up sendiri sebenarnya cukup banyak baik dari sisi pengguna atau dari pembuat website itu sendiri. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi dari pop up.

  1. Memunculkan menu yang mungkin dibutuhkan baik itu pada device, pada aplikasi, atau bahkan pada sebuah website. Fungsi pop up adalah menampilkan menu tambahan yang tidak bisa ditampilkan untuk tampilan yang lebih baik pada sebuah desain UI.
  1. Memberi peringatan sistem yang memang harus diketahui oleh pengguna, karena memang biasanya adanya peringatan itu karena ada eror. Eror yang terjadi pada sistem memang harus diketahui, itulah yang membuat akhirnya sistem menggunakan pop up untuk peringatan.
  1. Memberikan notifikasi menjadi fungsi yang mungkin hampir mirip dengan pemberian peringatan, namun notifikasi itu berbeda. Di mana notifikasi itu memberikan informasi seputar aplikasi atau sistem yang mungkin penting namun tidak urgent. Jadi tujuannya untuk memberikan informasi saja seperti misalnya notifikasi pada aplikasi chat atau aplikasi sosial media di smartphone.
  1. Menjadi media promosi dan biasanya memang pop up itu sering digunakan pada website sebagai media promosi. Banyak juga aplikasi dan website yang menggunakan pop up dengan media promosi, baik untuk versi berbayar dari aplikasi atau produk di dalam sebuah website. Pop up dinilai menjadi media promosi paling menjanjikan, karena pop up itu sudah pasti akan langsung terlihat.
Baca Juga:  NPM Adalah: Cara Kerja, Perintah Dasar, Cara Install, dan Contohnya

Jenis-Jenis Dari Pop Up

Pop up di masa sekarang ini sudah memiliki beberapa jenis yang memang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini kami akan jelaskan setiap jenis pop up yang saat ini masih banyak digunakan dan pasti sering kalian jumpai.

Jenis-Jenis Dari Pop Up

1. Pop Up Menu

Pop up menu adalah pop up yang akan menampilkan beragam menu atau fungsi yang muncul dan mungkin dibutuhkan. Pop up menu ini banyak digunakan terutama pada sistem operasi komputer atau laptop terutama masalah Windows. Jenis ini juga banyak digunakan pada website untuk menampilkan konten yang lebih spesifik sesuai dengan kategori termasuk pada aplikasi. 

2. Pop Up Notifikasi

Pop up notifikasi biasanya akan menampilkan beragam informasi yang perlu diketahui baik itu yang urgent karena eror atau informasi penting saja. Pop up adalah jendela yang muncul dan untuk menampilkan informasi dan jenis ini yang paling banyak digunakan. Notifikasi ini bisa dalam bentuk peringatan, bisa dalam bentuk pemberitahuan adanya aktivitas dan lain sebagainya.

3. Pop Up Iklan

Pop up iklan adalah jenis pop yang juga sangat banyak dipergunakan baik di aplikasi sampai pada sebuah website. Pop up ini intinya akan menampilkan secara singkat mengenai satu produk. Pop up ini biasanya akan didesain secara menarik untuk membantu branding dari produk yang sedang diiklankan di pop up tersebut.

4. Pop Up Dialog Box

Pop up dialog box merupakan pop up yang menampilkan persetujuan dari pengguna, sehingga orang bisa langsung mengambil keputusan. Pop up ini biasanya ditemukan saat kalian akan melakukan download, di mana butuh persetujuan dari pengguna untuk download. Ini juga banyak terjadi pada saat penghapusan file atau juga memindahkan file atau copy file.

Contoh Yang Populer

Contoh pop up sendiri sebenarnya cukup banyak dan ada beberapa yang bisa dibilang sangat populer dan banyak digunakan. Pertama adalah iklan yang muncul di website, di mana biasanya akan muncul pop up pada saat kalian pertama mengunjungi website tersebut. Posisi pop ini bisa saja muncul di tengah, bisa di atas, bisa dipojok, atau posisi lainnya tergantung dari desain yang digunakan.

Cara Menampilkan Pop Up Pada Website

Cara Menampilkan Pop Up Pada Website

Cara membuat pop up pada website itu perlu tools bernama CM Pop Up bila kalian mempergunakan Wordpress dalam membuat website. Berikut ini kami akan jelaskan langkahnya.

  1. Install plugin terlebih dahulu dengan masuk ke menu plugin kemudian add new.
  1. Masuk ke menu CM Pop Up banners for Wordpress dan kemudian klik new Campaign
  1. Tentukan dulu konfigurasi pop up yang diinginkan dan kemudian aktifkan dengan klik publish.
Baca Juga:  Single Sign On (SSO): Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Cara Kerjanya

Pop up adalah konten penting dengan fungsi yang sangat besar dan biasa dipakai juga untuk proses digital marketing. Kalian bisa mempelajari pop up dan cara membuatnya di Coding Studio.

Related Articles