Fungsi Counta Excel: Rumus dan Cara Pakai

Fungsi Counta Excel Rumus dan Cara Pakai

Fungsi pada Excel itu ada banyak sekali, dan kalian bisa mempergunakan semua fungsi tersebut untuk membantu pembuatan laporan. Fungsi Counta pada Excel merupakan salah satu fungsi yang sangat berguna dan merupakan salah satu sub dari fungsi utama Count. Fungsi Count merupakan salah satu fungsi yang bisa dipakai untuk mengolah data dalam program Excel dengan lebih cepat. 

Untuk bisa menggunakan rumus tersebut dengan baik tentunya kalian perlu untuk mengetahui apa itu fungi Counta dan juga cara menggunakannya. Kalian juga harus tahu perbedaan dengan fungsi Count supaya nantinya kalian bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan pengolahan data. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai fungsi Counta tersebut sampai dengan cara untuk menggunakan rumus tersebut. 

Apa Itu Fungsi Counta?

Counta Excel adalah sebuah fungsi di dalam program Excel yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah data dalam satu tabel. Fungsi ini pada dasarnya sangat membantu untuk memastikan kalau semua data yang dibutuhkan sudah masuk ke dalam tabel dengan benar. Bila masih ada yang kosong tentunya jumlah datanya tidak akan benar, dan kalian bisa memeriksa kembali input data.

Apa Itu Fungsi Counta Excel

Fungsi ini mungkin tidak banyak orang gunakan, karena pada dasarnya merupakan fungsi untuk mengecek kembali input data. Tapi sebenarnya bisa juga dipergunakan untuk pengolahan data lebih lanjut yang biasanya berhubungan dengan persentase dan juga statistik. Fungsi Counta pada Excel ini sendiri memiliki kelebihan, di mana fungsi ini akan bisa menghitung jumlah data pada tabel dengan beragam jenis. 

Jadi fungsi Counta ini berguna untuk menghitung jumlah data dalam tabel mulai dari data numerik sampai text atau bahkan simbol. Jadi Counta ini akan menghitung semua jenis data yang terisi dalam cell, baik itu numerik atau juga text dalam satu tabel. Jadi bila datanya berisi tanggal, nama, dan lain sebagainya tetap bisa terhitung sebagai data yang ada di dalam tabel. 

Baca Juga:  8 Teknik Email Marketing yang Efektif untuk Meningkatkan Konversi

Bila kalian ingin menggunakan fungsi ini tentunya kalian perlu untuk mengetahui rumusnya seperti apa, supaya kalian bisa menuliskan secara manual. Meskipun kalian tidak menuliskan manual, namun bila kalian tahu rumusnya tidak akan kesulitan saat terjadi eror. Rumus Counta adalah =Counta(range cell yang masuk dalam tabel). 

Rumus Fungsi Counta Excel

Range tabel itu biasanya antara cell satu sampai cell yang lainnya dengan menggunakan tanda titik dua ( : ). Sebagai contoh misalnya range yang ingin dihitung itu adalah antara A1 sampai dengan A10, maka penulisan rumusnya jadi seperti ini =Counta(A1:A10). Setelah itu akan muncul hasil jumlah cell yang terisi data dari range A1 sampai dengan A10 itu. 

Mungkin fungsi Counta pada Excel ini dinilai kurang bermanfaat, karena orang mungkin bisa menghitung sendiri ada berapa data yang ada dalam satu tabel. Tapi fungsi ini akan sangat berguna ketika data yang ada dalam satu tabel itu ada banyak sekali mungkin dan juga penuh. Misalnya jumlah tabelnya itu ada 12×12, maka lebih mudah menghitung data yang sudah diinput dengan fungsi ini. 

Cara Pakai Fungsi Counta

Untuk menggunakan fungsi Counta ini sendiri kalian memiliki 2 pilihan yakni menuliskan secara manual atau menggunakan menu fungsi. Saat ini program Excel dengan versi 2003 ke atas memang sudah memiliki fitur menu fungsi yang membantu kalian menggunakan beberapa fungsi. Berikut ini kami akan jelaskan cara menggunakan rumus Counta dengan cara manual dengan contoh soal berikut ini. 

Cara Menggunakan Fungsi Counta Excel

Misalnya cell B1, B2, B3, B5, B6, B7, B8, B9 terisi data sementara B4 dan B10 tidak terisi data, maka kalian bisa menghitung jumlah data dengan fungsi Counta. Berikut ini langkah untuk menggunakan fungsi Counta dengan menggunakan cara manual. 

  1. Langkah pertama kalian bisa memilih cell yang kosong pada tabel atau di luar tabel, mungkin di C1 atau di D1 misalnya. 
  2. Langkah kedua kalian tuliskan rumusnya yakni =Counta(B1:B10) nanti akan muncul hasilnya yakni 8. Ini karena data yang terdapat pada range cell B1 sampai B10 itu hanya ada 8 data saja. Data ini bisa dalam bentuk angka, teks, tanggal, dan lain sebagainya, karena fungsi Counta pada Excel untuk menghitung semua jenis data yang ada. 
Baca Juga:  Mempelajari Rumus Pembagian Excel

Cara kedua adalah dengan menggunakan menu fungsi yang ada pada program Excel yang bisa membantu kalian menggunakannya tanpa harus tahu rumusnya. Biasanya tampilan menu fungsi itu akan memberikan penjelasan juga mengenai kegunaan dari daftar fungsi yang ada di Excel itu. Jadi kalian akan bisa menggunakannya meskipun mungkin kalian belum mengetahui kegunaan dari fungsinya. 

Berikut ini langkah untuk menggunakan Counta dengan menggunakan menu fungsi yang ada di program Excel ini. 

  1. Langkah yang pertama tentu saja memilih cell yang kosong sesuai dengan bentuk laporan yang kalian inginkan. 
  2. Langkah kedua kalian masuk ke menu fungsi dan kemudian kalian cari menu fungsi Counta di daftar fungsi yang ada. 
  3. Langkah ketiga kalian tinggal tuliskan saja di dalam kurungnya itu dengan tulisan B1:B10 dan kemudian tekan enter. Nanti hasilnya akan langsung keluar yakni 8, karena jumlah datanya ada 8. 

Cara kedua mungkin terasa lebih mudah, namun terkadang ada eror baik karena kurang tanda kurung tutup atau sejenisnya. Jadi mengetahui rumusnya dengan baik tetap menjadi salah satu langkah penting supaya kalian bisa menggunakan fungsi Counta pada Excel dengan maksimal. 

Perbedaan Counta Dengan Count 

Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya kalau Counta itu adalah bagian dari fungsi Count yang dipakai untuk menghitung jumlah data. Tapi memang ada perbedaan rumus Count dan Counta dan juga kegunaan dari kedua fungsi itu pun berbeda juga. Berikut ini kami jelaskan perbedaan dari keduanya. 

Perbedaan Fungsi Counta dengan Fungsi Count pada Excel

Rumus

Rumusnya sebenarnya kurang lebih sama hanya tulisan rumus fungsinya saja beda, kalau Counta itu =Counta sementara untuk Count itu =Count. 

Kegunaan

Kegunaannya kurang lebih sama, hanya saja kalau Counta itu akan menghitung semua jenis data yang terdapat pada range cell. Sementara untuk Count itu hanya menghitung data angka atau numerik saja yang sudah masuk dalam range cell. 

Untuk cara menggunakannya itu kurang lebih sama, hanya jenis data yang bisa dihitung saja yang berbeda dari kedua jenis fungsi tersebut. Tapi kalian jangan sampai tertukar, masing-masing fungsi memiliki kegunaan masing-masing yang harus disesuaikan dengan kebutuhan kalian ya. Apabila kalian menginginkan untuk mempelajari Excel dengan lebih baik termasuk fungsi Counta ini, maka kalian bisa mengikuti kursus IT.

Baca Juga:  Skala Nominal Adalah Pengukuran Data, Berikut Penjelasannya

Salah satu penyedia kursus IT terbaik saat ini adalah Coding Studio, karena memiliki materi yang lengkap dan tutorial yang mudah diikuti. Kalian bisa mempelajari beragam fungsi dari Excel secara lengkap mulai dari fungsi Counta pada Excel dan fungsi lainnya.

Related Articles