Belajar Excel Pemula: Pengertian & Rumus Dasar

Kemampuan mengoperasikan Microsoft Excel merupakan hal penting yang harus dimiliki para profesional. Bahkan di dunia kerja jika memiliki kemampuan ini bisa meningkatkan kesempatan untuk memperoleh promosi jabatan.

Mengetahui hal tersebut tentu kalian bertanya-tanya sebenarnya seberapa pentingkah Excel pada dunia kerja. Saking pentingnya bahkan banyak tersedia kursus belajar Excel pemula yang mudah ditemukan.

belajar excel pemula

Untuk informasi lebih jelas mengenai Belajar Excel Pemula maka di artikel ini akan meliputi pengertian, fitur-fitur, dan informasi lainnya terkait Excel maka simak informasinya berikut ini.

Belajar Excel Pemula: Apa Pengertian Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Excel merupakan software yang dipergunakan untuk analisis data serta dokumentasi. Software tersebut berbentuk spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom, pertemuan diantara keduanya dikenal dengan sebutan Cell.

Sesuai dengan namanya Excel ini dikembangkan Microsoft dan software tadi masuk ke kategori software Microsoft Office.

Pentingnya Excel di Dunia Kerja

belajar excel pemula

Setelah mengetahui secara singkat mengenai pengertian dari Microsoft Excel maka informasi selanjutnya terkait penggunaannya dalam dunia kerja.

Microsoft Excel ini merupakan software yang dipergunakan untuk merapikan informasi. Tersedianya kombinasi antara kolom dan baris di dalamnya membuat data yang ada menjadi lebih teratur dan rapi tentunya.

Melihat hal tersebut tentu saja penggunaan dari Microsoft Excel dalam dunia kerja sangat beragam. Beberapa diantaranya yang dapat diketahui yaitu.

  • Akuntansi

Pertama yaitu akuntansi yang mana di dalam Excel memungkinkan kalian dapat membuat tabel yang berisikan angka dan teks seperti laporan keuangan.

Ketika memerlukan perhitungan maka kalian hanya perlu memasukkan rumusnya saja. Tentunya dengan alasan tersebut membuat Microsoft Excel menjadi software yang tepat digunakan pada kegiatan akuntansi.

Maka tidak mengherankan jika belajar Excel pemula kalian akan diajarkan cara memasukkan rumus supaya ketika mengaplikasikannya dalam dunia kerja terutama akuntansi menjadi lebih mudah.

  • Analisis data

Memang fitur olah datanya sederhana akan tetapi kemampuan dari software tersebut tentunya lebih luas. Kemampuan lainnya bisa dipergunakan dalam menganalisis data untuk tahapan atau cara yang tentunya lebih canggih.

Sebagai contoh kalian dapat membuat logika sederhana menggunakan rumus IF. Tidak hanya itu saja namun tersedia rumus lain yang tentunya lebih kompleks.

  • Kalender editorial

Penggunaan Excel tidak terbatas hanya pada data saja namun juga dipergunakan untuk pemasar ataupun pegiat media.

Menggunakan Excel kalian bisa mengubah halaman baris serta kolom ke dalam bentuk kalender editorial.

Format kolom serta baris di dalamnya merupakan kuncinya. Bentuk tadi akan memudahkan perencanaan dalam pembuatan konten seperti berikut.

  • Pembuatan kalender
  • Menjadwalkan konten
  • Penulisan untuk keterangan penting yang lain
  • Data CRM (Customer Relationship Management)

Nyatanya penggunaan Excel dapat dimanfaatkan ke dalam customer relationship management. Nantinya kalian hanya perlu memasukkan berbagai macam data pelanggan di dalamnya.

Sehingga nantinya informasi konsumen akan rapi tidak tercecer kemana-mana. Melihat penjelasan di atas banyak bidang yang mengharuskan penguasaan skill Microsoft Excel ini sehingga kalian bisa memulainya dengan belajar Excel pemula.

Belajar Mengenai Fitur Dasar Microsoft Excel

belajar excel pemula

Tentu saja agar nantinya dapat mempergunakan Microsoft Excel dengan maksimal maka perlu pemahaman mengenai berbagai fitur software yang dipergunakan. Beberapa fitur dasar tersebut yang bisa dipelajari sebagai berikut.

  • Membuat workbook & spreadsheet

Beberapa diantara kalian ketika belajar Excel pemula masih sulit membedakan mana itu workbook dan spreadsheet.

Sederhana Nya workbook merupakan file Excel yang kalian buka sedangkan spreadsheet merupakan dokumen yang terdapat pada satu file.

Nantinya untuk membuat workbook yang baru tekan saja tombol File yang letaknya pada bagian atas Excel untuk selanjutnya dilanjutkan mengklik tombol New setra Blank Workbook.

Untuk yang ingin melakukan penambahan pada Spreadsheet baru maka tekan saja tombol “+” yang letaknya pada bagian bawah Excel yang lebih tepatnya berada pada daerah Spreadsheet.

Selanjutnya kalian bisa melakukan penyusunan Spreadsheet dengan cara menekan serta menggeser ke bagian kiri maupun kanan.

  • Memasukkan data

Dalam belajar excel pemula mempelajari untuk memasukkan angka maupun kata pada Excel tergolong mudah kalian hanya perlu mengklik sel maupun kotak kosong pada bagian Spreadsheet. Nantinya kalian dapat mengetik angka maupun kata yang diinginkan.

Jika ingin melakukan perpindahan sel maka kalian hanya perlu menekan tombol enter maupun tab yang terletak pada bagian keyboard.

  • Mengatur tabel

Saat menggunakan software ini kalian dapat mengatur warna dalam tabel dan tipe bordernya. Jenis border sangat beragam dan bisa dipilih dengan mengklik tombol border yang bentuknya kotak menyerupai sawah dan letaknya di menu Font.

Ketika akan memberikan warna di tabel maka pilih sel, baris, atau kolom dari tabel yang akan diberikan warna sebelum nantinya mengklik tombol Fill Color yang memiliki logo serupa kaleng cat pada bagian atas dan tinggal pilih saja warna yang diinginkan.

  • Menyusun data

Nantinya agar data terlihat semakin rapi kalian bisa belajar mengenai bagaimana cara penyusunan data dalam belajar Excel pemula dan didasarkan pada abjad maupun dari angka.

Untuk melakukan penyusunan maka pilih saja baris ataupun kolom yang akan diatur datanya. Nantinya klik tombol Sort & Filter pada bagian atas di daerah Data. Nantinya kalian dapat memilih apakah akan Menyusun data yang urutannya dari terbesar maupun terkecil.

  • Menerapkan penjumlahan otomatis

Untuk kalian yang belum baru belajar excel pemula nantinya akan mempelajari rumus Excel untuk menghitung angka. Kalian dapat menambahkan angka tadi secara otomatis caranya dengan memiliki baris atau kolom yang nantinya akan dijumlahkan dengan klik Auto Sum.

Belajar Rumus Dasar Excel

Keuntungan disini yaitu kalian tidak memerlukan yang namanya pengetahuan dalam hal berhitung guna mempelajari rumus di Excel. Mempelajari rumusnya tidak sulit bahkan jika kalian sedang dalam tahapan belajar Excel pemula.

Tentunya yang perlu diperhatikan yaitu kalian diharuskan mengingat serta mengetik formulanya. Adapun beberapa rumus yang sering dipergunakan dalam kalkulasi data sebagai berikut.

  • =SUM() Rumus ini dipergunakan untuk penjumlahan pada satu baris atau satu kolom
  • =COUNT() Rumus ini dipergunakan untuk mengetahui jumlah sel yang terdapat angka di dalamnya di satu kolom ataupun baris
  • =COUNTA() Berguna menginformasikan jumlah sel seluruhnya yang telah terisi pada satu baris atau kolom. Nantinya sel yang berisikan simbol ataupun huruf akan terhitung pada rumus ini.
  • =AVERAGE() Rumus ini dapat dipergunakan ketika kalian ingin mencari nilai dari angka rata-rata pada satu baris atau kolom
  • =MAX() Rumus ini dapat dipergunakan ketika kalian ingin untuk mencari angka terbesar pada kolom maupun baris
  • =MIN() Ketika kalian ingin mengidentifikasikan angka terkecil pada kolom maupun baris bisa memakai rumus ini

Cara Belajar Excel Pemula

Untuk kalian membutuhkan kursus Microsoft Excel dengan mentor terbaik. Banyak materi menarik yang akan dipelajari seperti mengenai apa itu Excel, rumus dasarnya, mengkreasikan look up value dan masih banyak lainnya.

Jangan lupa daftarkan diri kalian dan dapatkan harga promo sebesar 99 ribu saja kalian sudah bisa mengikuti kursus online Excel ini di Codingstudio.id.

Related Articles