Mempelajari Rumus Penjumlahan Excel

Menguasai program Excel dalam pekerjaan saat ini memang sangat penting dan juga sangat dibutuhkan untuk bekerja secara maksimal. Rumus penjumlahan Excel menjadi salah satu rumus yang harus kalian ketahui dengan baik agar kalian bisa mempergunakan program Excel dengan baik. Menjumlah data pada Excel memang salah satu perhitungan matematika sederhana yang perlu kalian ketahui caranya.

Cara Menghitung Penjumlahan Di Excel

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara yang bisa dipergunakan untuk menghitung penjumlahan data dengan mempergunakan program Excel. Mulai dari mempergunakan cara manual sampai mempergunakan beberapa fungsi dari Excel yang memudahkan dalam penghitungan termasuk perhitungan penjumlahan. Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa detail informasi cara menjumlah data dengan menggunakan rumus penjumlahan Excel.

1.     Menggunakan Simbol Plus Atau Tambah

Salah satu cara untuk menghitung penjumlahan di Excel adalah mempergunakan rumus sederhana yang mempergunakan simbol plus atau tambah. Penulisan formula rumus penjumlahan Excel dengan menggunakan simbol plus itu pun memang terdapat 2 cara yang harus kalian pahami. Berikut ini penjelasan 2 cara penulisan rumus penjumlahan di Excel yang harus kalian perhatikan dengan baik.

  • Menulis Secara Manual Angkanya

Cara yang paling pertama mungkin yang paling sederhana yakni dengan menuliskan manual angka yang akan dijumlah. Kalian hanya perlu menulis rumusnya adalah =120+135+170+200 di dalam satu cell untuk menempatkan jumlah tersebut. Penulisan angka secara manual ini memang mungkin lebih cepat, tapi kalian harus benar-benar teliti dalam menuliskan rumus penjumlahan Excel ini.

  • Menulis Cell Di Data Excel

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan cell yang ada di dalam Excel yang biasanya berisi perpaduan huruf dan angka. Bila menggunakan cell ini, maka kalian akan menjumlahkan data yang ada pada cell yang akan kalian tulis tersebut. Jadi misalkan kalian ingin menjumlahkan data pada Cell C3 sampai dengan C7, maka rumusnya berikut ini.

=C3+C4+C5+C6+C7

Baca Juga:  Apa Itu Excel? Kekurangan, Kelebihan dan fungsinya

Ini menjadi salah satu penulisan rumus tambah di Excel yang paling sederhana yang bisa kalian pergunakan. Kalian bisa menuliskan secara manual cell yang ingin dijumlahkan atau kalian bisa klik cell yang akan kalian pilih setelah menuliskan lambang +. Nanti secara otomatis cell yang kalian klik itu akan masuk ke dalam rumus penjumlahan Excel ini.

2.     Menggunakan Fungsi Excel

Cara kedua yang bisa digunakan untuk menjumlah data pada Excel itu adalah dengan menggunakan beberapa fungsi dari Excel. Di Excel sendiri tersedia beberapa fungsi yang bisa kalian pergunakan untuk menjumlahkan data dengan cepat. Berikut ini kami akan informasikan dan juga jelaskan beberapa rumus menggunakan fungsi Excel untuk menjumlahkan data.

  • Fungsi SUM

Fungsi pertama dalam rumus penjumlahan Excel itu adalah dengan mempergunakan fungsi SUM. Rumus fungsi Excel untuk menentukan penjumlahan total secara keseluruhan adalah fungsi SUM, di mana kalian bisa menjumlahkan banyak data sekaligus dengan mudah. Penulisan rumus SUM ini pun harus kalian ketahui dengan baik, supaya bisa dituliskan dengan baik dan benar.

Jadi apabila kalian ingin menjumlahkan data di Cell C16 sampai C25 misalnya, maka begini penulisannya.

=SUM(C16:C25)

Untuk mempergunakan rumus SUM Excel ini kalian bisa menuliskan secara manual Cell yang ingin kalian jumlahkan datanya. Tapi kalian juga bisa klik dan drag mulai dari C16 sampai dengan C25 setelah kalian tulis rumus SUM dan tanda kurung buka. Kalian juga bisa klik fungsi SUM setelah kalian klik cell untuk menempatkan hasil penjumlahan di program Excel ini.

  • Fungsi Penjumlahan Lainnya  

Di program Excel itu sebenarnya ada banyak fungsi selain dari fungsi SUM yang bisa dipakai untuk menjumlahkan data. Tentunya setiap fungsi ini dipergunakan sesuai dengan kondisi tertentu dalam penjumlahan yang ingin dilakukan di Excel. Jadi untuk mempergunakan fungsi yang lainnya itu kalian harus memahami dulu seperti apa sih sebenarnya fungsi tersebut.

Berikut ini kami akan informasikan dan juga jelaskan dulu beberapa fungsi yang bisa dipakai menjumlah data dengan berbagai kondisi.

  • SUMIF
Baca Juga:  Belajar Word Lengkap dengan Tips dan Triknya

Fungsi SUMIF pada Excel ini dipergunakan dalam rumus penjumlahan Excel dengan kriteria tertentu atau menjumlahkan nilai range yang memenuhi persyaratan. Jadi data yang dijumlahkan itu adalah data yang masuk dalam persyaratan yang diatur pada fungsi tersebut. Rumusnya berikut ini

=SUMIF(Range; Kriteria; [SUM_RANGE])

Range itu adalah jarak cell yang akan diterapkan sebagai kriteria

Kriteria adalah argumen range yang akan menentukan cell mana saja yang akan dijumlahkan. Bisa berupa angka, logika, referensi Cell, dan lain sebagainya.

  • SUMIFS

Berikutnya ada juga SUMIFS yang sama dengan SUMIF namun memang kriteria atau persyaratannya itu lebih dari satu.

  • SUBTOTAL

Fungsi ini adalah penjumlahan untuk data yang terlihat saja dan akan mengabaikan cell yang mungkin tersembunyi atau disembunyikan.

  • SUMPRODUCT

Fungsi SUMPRODUCT ini dipakai untuk menjumlahkan hasil perkalian beberapa argumen yang ditentukan. Jadi data dari Array 1 dan Array 2 yang ditentukan itu akan dikalikan terlebih dahulu baru kemudian akan dijumlahkan semuanya. Syarat menggunakan fungsi ini adalah dimensi dari Array yang dipilih itu harus sama semuanya.

Jadi misalnya kalian akan menggunakan fungsi ini untuk B2 sampai B6 dan C2 sampai C6, maka B2 akan dikalikan C2, B3 dikalikan C3, dan seterusnya. Kemudian hasil perkalian itu akan dijumlahkan semuanya.

Demikianlah beberapa rumus penjumlahan Excel yang harus kalian pahami untuk bisa dipergunakan dengan baik dan maksimal. Tertarik memahami tentang rumus penjumlahan Excel dan rumus-rumus lainnya? Cek link ini untuk dapatkan informasi lebih lengkapnya ya!

Related Articles