Rumus Excel yang Wajib Diketahui

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai belajar menggunakan Excel, Rumus Excel yang wajib diketahui, serta cara untuk belajar Microsoft Excel dengan mudah dan cepat hapal. Jika Anda ingin tahu berbagai trik untuk belajar Excel, serta cara menguasainya, maka Anda sudah datang di tempat yang tepat.

rumus excel

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel, Excel adalah sebuah software pengolahan data yang digunakan untuk mengolah, menganalisis, serta melakukan pengoperasian matematika pada data, menjadikan data layak dan mudah untuk dibaca dan dipresentasikan. Kegunaan Microsoft Excel ini sangat vital untuk berbagai bidang, mulai dari bisnis, administrasi, akademik, dan lain sebagainya.

Untuk bisa menguasai penggunaan serta pengoperasian Microsoft Excel, ada beberapa hal yang perlu dikuasai, seperti cara untuk input data, edit cells, column, dan table, serta cara menggunakan Rumus Excel. Selain itu, Anda juga harus sudah familiar dengan berbagai tools, alat, dan ribbon yang ada pada Microsoft Excel untuk bisa lebih nyaman editing, serta pengerjaan pada Microsoft Excel.

Tips Dasar untuk Bisa Mengoperasikan Rumus Excel

rumus excel

Pertama, Anda perlu mengetahui beberapa operasi dasar dalam menggunakan Microsoft Excel. Selain itu, Anda juga harus memahami tentang tampilan Excel, apa saja tools yang digunakan, serta beberapa tools penting yang akan sering digunakan dalam pengoperasian. Nah, berikut ini adalah tips dasar untuk bisa mengoperasikan Microsoft Excel dengan lancar.

  • Kenali Terlebih dahulu tampilan dasar Excel

Pertama-tama, tentu Anda harus mengenali terlebih dahulu tampilan awal dari Excel. Saat pertama kali Anda membuka program Microsoft Excel, tentu Anda akan bisa membuka blank document. Setelah itu, Anda bisa langsung mulai mengetik, mengisikan data dan melakukan operasi hitung melalui Excel.

Ada beberapa tampilan yang perlu Anda ketahui, pertama ada tampilan tabel pada Excel, tampilan ribbon yang berisikan berbagai tools yang akan berguna untuk proses editing Excel, serta berbagai tools yang diperlukan, mulai dari export, import, save, crops, insert, page layout dan lain sebagainya yang akan berguna untuk nantinya.

  • Ketahui cells, column, tab
Baca Juga:  Belajar Excel Dasar dan Advanced Lengkap

Tampilan utama dalam Excel, adalah sebuah tabel dimana tabel itu akan terdiri dari coloumn dan tab. Coloumn adalah tabel yang mendatar atau horizontal, dan tab adalah tabel yang memanjang atau vertikal. Cells adalah tiap masing-masing kotak yang lokasinya adalah sebuah persilangan antara column dan tab.

Sebagai contoh, lokasi cells pada A1, yang artinya ada di column A, di tab ke 1. Lalu cells B2 adalah cell yang lokasinya ada di column B, di tab ke 2. Cells inilah yang nantinya akan Anda isikan dengan data, dan ketikan lengkap untuk membuat tabel operasi yang Anda inginkan.

  • Hafalkan tools yang akan membantu Anda

Selain itu, ada beberapa tools penting yang perlu Anda ingat untuk memudahkan proses editing serta pengoperasian rumus Excel. Kami akan berikan beberapa contoh tools yang penting yang paling sering digunakan dan dinilai juga yang cukup penting diantara tools lainnya.

Tools merge and center, memungkinkan Anda untuk menggabungkan dua atau lebih cells menjadi satu bagian cells. Tools import atau export memungkinkan Anda untuk memindahkan tabel Excel ke aplikasi atau software lainnya. Fitur insert yang digunakan untuk memasukkan berbagai jenis media lainnya.

  • Selalu ketik di kolom rumus excel

Nah, satu hal yang sering dilupakan orang, namun sebenarnya adalah hal yang sangat dasar adalah orang sering lupa untuk mengetikan di kolom Rumus Excel. Kolom rumus adalah kolom yang terletak diatas tabel, sepanjang garis tab Excel. Disitu bisa dilihat apa yang sudah Anda ketikan, dan akan Anda ketikan.

Setiap kali Anda klik pada cells Excel, maka akan muncul isinya didalam kolom rumus, karena disinilah letaknya Anda harus mengisikan rumus, mengetikan rumus, serta melakukan operasi matematika dalam Microsoft Excel.

Terkadang orang sering lupa dengan hal ini, dan mengetikannya langsung pada cells, Sebenarnya tidak apa, karena pada akhirnya tetap akan muncul dalam cells, namun mengetikannya pada kolom rumus akan jadi lebih jelas, lengkap, dan luas.

Baca Juga:  Materi Microsoft Excel dan Tips Memahaminya untuk Pemula

Rumus Excel yang Wajib Anda Ketahui dan Hafalkan

rumus excel

Nah, itulah dia tips atau langkah dasar belajar untuk Excel, sekarang, akan kami beritahukan mengenai berbagai rumus dasar Excel yang wajib Anda ketahui, dan hafalkan, terutama karena rumus-rumus ini merupakan rumus yang paling sering digunakan untuk berbagai pengoperasian Microsoft Excel.

  • Rumus Perhitungan Matematika Simple

Salah satu fungsi dasar Microsoft Excel adalah untuk melakukan perhitungan matematika yang simple. Perhitungan simple seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bisa dilakukan dalam Excel. Dalam Excel, Anda bisa melakukan rumus perhitungan singkat, perkalian, pembagian dan pengurangan, serta bisa dilakukan secara cepat, dan menyeluruh.

Jika Anda ingin melakukan perhitungan matematika, dan ingin tahu hasilnya, Anda bisa ketikkan =. Sebagai contoh =5×5 akan menampilkan hasil 25 sebagai hasil dari perkalian 5 kali 5. Perlu diingat, Anda harus menuliskan = diawalnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan rumus seperti =SUM untuk menambahkan total jumlah cells, semisalkan Anda ingin menjumlahkan lebih dari 10 tab, Anda tinggal ketikkan =SUM pada cell terpisah, lalu klik dan drag tab yang ingin dijumlahkan, maka hasilnya akan terlihat.

  • Rumus Statistika dalam Excel

Beberapa rumus statistika dalam Excel, seperti mencari rata-rata menggunakan =Average, atau mencari data minimal atau data paling kecil menggunakan =MIN, atau mencari data maksimal atau paling besar menggunakan =MAX.

Selain itu, ada juga rumus yang lebih rumit, dan advanced dari rumus statistika dalam Excel, Anda bisa mempelajarinya sendiri, atau mengikuti guide rumus statistika Excel pada artikel kami lainnya disini.

  • Rumus Excel yang paling sering digunakan

Nah, ada beberapa rumus Excel yang paling sering digunakan, terutama untuk mengolah data statistika, mengolah laporan keuangan dan lain sebagainya. Salah satu rumus yang paling sering banyak digunakan adalah rumus penjumlahan yaitu =SUM, cara menggunakannya juga simple, seperti tinggal ketik =SUM lalu klik pada cells yang ingin ditambahkan.

Selain =SUM, ada beberapa rumus lainnya yaitu =Average rumus untuk mendapatkan rata-rata dari data yang ada, rumus =Min dan =Max untuk mendapatkan jumlah data minimal dan maksimal untuk menentukan nilai terendah ataupun tertinggi. Lalu masih banyak lagi rumus lainnya yang bisa Anda gunakan pada Excel.

Baca Juga:  Excel Round, Panduan untuk Penggunaannya

Rumus-rumus inilah yang paling sering, dan banyak digunakan untuk pengoperasian pada Excel. Untuk itulah Anda harus bisa menguasai beberapa rumus Excel ini, karena ini adalah pengoperasian dasar pada Excel.

Selain itu, masih ada banyak lagi Rumus Excel yang rumit dan masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui untuk bisa menguasai Microsoft Excel dengan singkat, mudah, dan cepat. Semoga tips dan trik belajar Excel disini bisa membantu Anda semua.

Related Articles