Apa Itu Adware? Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Apa Itu Adware Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Adware adalah pop up yang mungkin sering kalian lihat, karena sekarang ini ada banyak sekali baik di aplikasi atau di website. Banyak juga pemahaman yang salah mengenai Adware ini, karena kebanyakan orang memahami semua Adware itu berbahaya. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai Adware.

Apa Itu Adware?

Pemahaman yang benar dari Adware itu hanya bisa kalian dapatkan ketika mengetahui apa itu Adware sebenarnya. Adware itu sebenarnya singkatan dari Ads Software atau bila diartikan adalah software iklan yang biasa digunakan di internet. Jadi pengertian Adware sendiri sebenarnya adalah software yang biasa dipakai untuk mempromosikan suatu produk melalui iklan yang menarik.

Apa Itu Adware

Biasanya iklan dalam bentuk Adware itu sendiri akan dimunculkan dengan menggunakan pop up baik itu pada website atau pada aplikasi. Sebenarnya manfaat penggunaan Adware ini sangat banyak bagi perusahaan, namun seiring perkembangannya disalahgunakan oleh oknum yang jahat. Adware saat ini kebanyakan berisi malware yang bisa merusak dan mungkin mengambil data pribadi milik seseorang.

Dampak Terkena Adware Berbahaya

Dampak kerugian Adware sendiri sebenarnya sangat merugikan, berikut ini beberapa dampak negatif dari Adware yang mengandung malware. 

  1. Perangkat yang kalian gunakan biasanya akan melambat atau biasa dibilang lemot pada saat kalian gunakan. Hal ini tentunya akan mengganggu pekerjaan yang kalian lakukan dengan menggunakan device tersebut. 
  1. Pop up iklan akan terus muncul tanpa henti di device kalian yang tentunya akan mengganggu user experience dari penggunaan smartphone. 
  1. Data pribadi mungkin saja rusak atau mungkin dicuri yang tentunya merupakan tindakan kriminal.
Jenis Pop Up Adware

Jenis Pop Up Adware

Jenis Adware sendiri sebenarnya terbagi menjadi 2 yakni Adware yang aman dan Adware yang tidak aman atau berbahaya. Berikut ini kami akan coba jelaskan masing-masing jenis Adware ini.

Baca Juga:  MAN Adalah: Pengertian, Fungsi, Contoh, Skema Jaringan, Kelebihan dan Kekurangannya

1. Adware Legitimate

Adware Legitimate merupakan adware yang aman karena memang tidak mengandung malware apa pun yang berbahaya bagi device pengguna. Biasanya Adware yang seperti ini akan meminta persetujuan terlebih dahulu pada pengguna untuk mengiklankan produk atau layanan mereka. Kalian sangat mungkin mendapatkan promo atau bonus pada saat kalian menyetujui Adware tersebut menampilkan produk mereka.

2. Potentially Unwanted Applications

Jenis yang berbahaya dari Adware adalah Potentially Unwanted Applications atau disingkat PUAs, di mana saat ini banyak tersebar di internet. Penyebaran Adware ilegal dan berbahaya ini bukan hanya di komputer saja lho, bahkan sudah tersebar di smartphone juga. Jenis dari Adware yang berbahaya ini pun ada beberapa, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Waspada Phising! Kenali Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

a. Illegal Malicious Adware PUA

Jenis ini mengandung malware atau virus yang bisa memata-matai, mengambil atau bahkan merusak sistem pada device.

b. Legal Abusive Adware PUA

Jenis ini tidak mengandung malware, akan tetapi akan terus membombardir kalian dengan berbagai iklan yang mungkin tidak relevan. 

c. Legal Deceptive Adware PUA

Jenis ini biasanya mempersulit kalian saat ingin uninstall aplikasi tertentu.

Ciri Sederhana Adware Berbahaya

Ada beberapa ciri-ciri Adware berbahaya yang mungkin bisa membantu kalian menghindarinya dan tidak klik Adware tersebut. 

  1. Muncul di tempat yang kurang tepat atau bahkan sampai menutupi konten yang sedang kalian lihat. 
  1. Tidak ada persetujuan terlebih dahulu pada saat kalian tidak sengaja klik Adware tersebut. Jadi biasanya kalian akan langsung diarahkan pada situs tertentu. 

Mengenali tanda Adware adalah langkah paling mudah untuk menghindari Adware yang berbahaya yang kalian temukan di internet.

Contoh Jenis Adware yang Berbahaya

Saat ini sudah ada banyak sekali contoh Adware berbahaya yang bisa kalian temukan di internet, berikut ini beberapa di antaranya. 

  1. Adware pada website yang biasanya muncul pada saat kalian mengakses website tersebut.
  1. Adware pada aplikasi yang mungkin tidak resmi atau kredibilitasnya belum cukup baik. Hal ini berlaku pada aplikasi Android atau juga IOS. 
Baca Juga:  Apa itu SQL injection? Pengertian, Tujuan, Cara Kerja dan Cara Mengatasinya

Cara Efektif Menghindari Adware

Ada beberapa cara menghindari Adware berbahaya yang terbilang cukup efektif dan efisien, berikut ini beberapa di antaranya. 

1. Mengunjungi Situs dengan SSL

SSL adalah sebuah pelindung dari Adware yang memiliki malware, sehingga kalian akan terhindar dari Adware berbahaya. Biasanya ada logo gembok berwarna hijau apabila sebuah situs memiliki SSL atau sudah terpasang SSL. 

2. Menghindari Klik Iklan Sembarangan

Sebisa mungkin jangan sembarangan klik iklan yang ada di website atau juga di aplikasi yang sedang kalian gunakan. Bila terlihat penuh iklan, maka kalian harus benar-benar hati-hati dalam klik di situs tersebut. 

3. Hindari Download File Ilegal 

Sebaiknya download file yang legal saja, hindari download file yang tidak resmi yang kemungkinan besar memiliki malware di dalamnya. Cari saja situs resmi bila ingin download file, sudah pasti kalian akan aman dari Adware. 

4. Update OS

Rutin update OS akan meningkatkan keamanan dan perlindungan device kalian dari serangan malware yang biasanya terpasang pada Adware. Biasanya akan muncul peringatan apabila ada Adware dengan malware berbahaya.

Cara Mengatasi Adware

Cara mengatasinya sudah pasti dengan menghilangkannya dan salah satu cara menghilangkan Adware pada device adalah antivirus. Kalian harus pasang antivirus yang cukup baik untuk bisa menghapus malware yang sudah terlanjut masuk melalui Adware ini. 

Adware adalah software yang bermanfaat namun disalahgunakan, jadi ada yang berbahaya dan ada yang tidak. Mempelajari Adware dan cara mengatasinya bisa dilakukan di Coding Studio, bahkan ada kursus khusus untuk itu.

Related Articles