Endpoint Adalah Perangkat Akhir, Berikut Cara Melindunginya

Endpoint Adalah Perangkat Akhir, Berikut Cara Melindunginya

Sekarang ini perangkat seperti komputer, laptop, bahkan sampai smartphone banyak digunakan orang untuk berbagai pertukaran data. Endpoint adalah perangkat yang menerima data paling akhir yang berarti perangkat yang banyak digunakan oleh orang saat ini. Perangkat yang menjadi tempat paling akhir dalam aliran data tentunya memiliki risiko yang besar untuk menjadi target penyerangan digital.

Penyerangan digital itu sangat berbahaya, sebab kalian bisa kehilangan data pribadi dan mungkin bisa mendapatkan kerugian. Jadi penting sekali untuk menerapkan keamanan pada perangkat Endpoint ini, meskipun belum banyak yang menyadarinya. Berikut kami akan jelaskan mengenai Endpoint dan juga pengamanannya supaya bisa saling bertukar data dengan aman dan nyaman. 

Apa Itu Endpoint?

Pertama-tama kita itu perlu mengetahui dulu apa itu Endpoint supaya bisa tahu konsepnya dan juga mengapa penting adanya sistem keamanan di dalamnya. Endpoint itu merupakan sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan komputer yang menjadi titik paling akhir dari alur pertukaran data. Data di sini bukan hanya dokumen ya tapi juga data aplikasi atau juga beragam data komputer yang lainnya seperti cache atau cookie. 

Apa Itu Endpoint

Sebagai contoh kalian akan melakukan zoom meeting menggunakan laptop, maka laptop kalian dan teman kalian itu merupakan Endpoint. Ini karena data dari aplikasi langsung dikirimkan ke setiap laptop yang mengikuti meeting tersebut dan semuanya merupakan titik paling akhir dari pertukaran data. Banyak sekali contohnya sebenarnya, salah satu contoh Endpoint adalah smartphone yang memang sering digunakan di masa sekarang ini. 

Syarat sebuah perangkat bisa dikatakan Endpoint itu adalah memiliki jaringan komputer yang terhubung dengan beragam perangkat lainnya. Bisa dikatakan metode Endpoint adalah perangkat itu adalah perangkat yang menerima data paling akhir. 

Baca Juga:  Chatbot Adalah? Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya

Apa Itu Endpoint Security? 

Perangkat yang posisinya paling akhir tentu saja sangat riskan menerima data yang merupakan script berbahaya yang biasa dipakai dalam serangan cyber. Endpoint Security adalah sebuah sistem keamanan yang sangat dibutuhkan untuk bisa menjaga perangkat dari beragam serangan hacker. Sistem keamanan ini akan melindungi jaringan komputer dari perangkat untuk mengidentifikasi dan menangkal beragam data berbahaya. 

Apa Itu Endpoint Security

Endpoint security ini sebenarnya merupakan pengembangan dari antivirus tradisional dan menjadi evolusi untuk memberikan perlindungan maksimal. Perlindungan yang diberikan itu sangat baik untuk menghindari malware sampai dengan beragam zero day attack yang juga terus berkembang. Standar keamanan yang tinggi tentu saja akan menjamin keamanan data penting mulai dari data pribadi sampai dengan data perusahaan. 

Mengingat kejahatan cyber saat ini lebih banyak mengincar perangkat Endpoint, maka sistem keamanannya pun harus benar-benar dipikirkan dengan baik. Perlindungan pada perangkat Endpoint adalah hal yang utama demi keamanan dalam hubungan dengan jaringan komputer yang sangat luas saat ini. 

Fungsi Endpoint Security

Endpoint security itu memang wajib digunakan, karena mampu memberikan cukup banyak manfaat yang besar bagi perangkat Endpoint. Tapi mungkin saat ini masih ada banyak orang yang belum memahami fungsi Endpoint Security yang sebenarnya sangat besar dalam perangkat. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja fungsinya untuk membuat kalian bisa menggunakannya secara maksimal. 

1. Memantau Potensi Ancaman

Fungsi yang pertama itu adalah untuk membantu perangkat memantau kemungkinan atau potensi adanya ancaman yang berbahaya. Setiap pertukaran data yang terjadi itu akan dipantau dengan baik oleh Endpoint security ini untuk membaca kemungkinan adanya ancaman. Biasanya dari sini akan bisa sedikit teridentifikasi mana data yang mungkin berbahaya dan bisa menjadi ancaman yang besar. 

2. Memberikan Perlindungan 

Fungsi yang kedua adalah untuk memberikan perlindungan yang maksimal terhadap perangkat Endpoint yang rentan terhadap serangan. Jadi Endpoint security ini akan menangkal ketika ada data yang berbahaya dan mengancam perangkat dan juga data yang ada di dalamnya. Program ini mungkin akan menyaring dan menghapus data-data berbahaya tersebut untuk melindungi perangkat Endpoint. 

Baca Juga:  Apa Itu Latency? Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Cara Kerja Endpoint Security 

Endpoint Security itu bagian penting dalam perangkat Endpoint, dan kalian tentunya perlu memahami dulu cara kerja Endpoint Security seperti apa. Bila kalian sudah mengetahui bagaimana sistem kerjanya, maka bisa mengamankan perangkat Endpoint yang kalian gunakan. Cara kerja dari security di Endpoint adalah yang paling sederhana, karena sistemnya itu adalah preventif atau juga pencegahan. 

Baca Juga : Ingin Jadi Ahli Cyber Security? Kuasai Skill Dasarnya!

Jadi Endpoint security akan memberikan akses ke sistem administrasi untuk mengontrol keamanan dari perangkat dengan berbagai kebijakan. Jadi nantinya akan ada pembatasan tertentu dalam akses data yang dinilai memiliki risiko bahaya yang mengancam perangkat tersebut. Gambarannya adalah Endpoint security ini akan membatasi akses web yang mungkin mengandung data yang berbahaya bagi perangkat. 

Tapi biasanya tetap ada konfirmasi terlebih dahulu di dalam tampilan website sebelum masuk ke dalam website tersebut. Jadi nanti akan ada peringatan kalau website mungkin memiliki ancaman dan kalian bisa menentukan akan tetap mengaksesnya atau tidak. 

Manfaat Menggunakan Endpoint Security

Endpoint security ini mampu memberikan cukup banyak manfaat yang mungkin membuatnya wajib untuk bisa dipasang dalam perangkat Endpoint. Tapi memang tidak banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan Endpoint security tersebut. Berikut ini manfaat Endpoint Security yang bisa dirasakan dengan baik pada perangkat kalian. 

Manfaat Menggunakan Endpoint Security

1. Terasa Aman Saat Bertukar Data

Manfaat yang pertama adalah dalam penggunaan perangkat pun akan terasa jauh lebih aman, sehingga akan menimbulkan rasa tenang. Serangan cyber memang sangat menakutkan dan banyak orang yang akhirnya ragu menggunakan karena Endpoint adalah sasaran empuk. Dengan adanya Endpoint security ini akan membuat kalian merasa lebih tenang pada saat mempergunakan perangkat dengan jaringan komputer. 

2. Terhindar Dari Serangan Cyber

Manfaat yang kedua adalah terhindar dari beragam serangan Cyber yang berupa malware yang sangat berbahaya bagi perangkat. Mulai dari Trojan sampai Ransomware yang tentunya sangat berbahaya dan semua itu bisa dihindari dengan menggunakan Endpoint security ini. Endpoint yang sering menjadi sasaran ancaman bisa terbantu dalam menghindarinya dengan Endpoint security. 

Baca Juga:  Fingerprint: Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Kelebihan Endpoint Security

Penggunaan Endpoint ini pun sebenarnya cukup menyenangkan karena memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak disadari banyak orang. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih kelebihan dari penggunaan Endpoint Security ini.

1. Pengaplikasiannya Sangat Mudah

Sistem Endpoint security ini memang sangat mudah diaplikasikan, karena semua bisa terpantau secara langsung dan juga realtime lho. 

2. Fleksibilitasnya Tinggi 

Kelebihan yang kedua adalah soal fleksibilitasnya, di mana kalian tetap memiliki akses untuk menentukan apakah ini berbahaya atau tidak. Bila ingin mempelajari lebih banyak mengenai Endpoint dan Endpoint security, maka kalian bisa mengikuti kursus Coding Studio.

Endpoint adalah salah satu materi yang tersedia di sana dan disediakan secara lengkap. Demikianlah penjelasan mengenai Endpoint yang memang sangat penting untuk dipahami dengan baik.

Related Articles