Anonymox: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

Anonymox Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

Anonymox adalah salah satu browser pendukung aplikasi PVN yang sangat direkomendasikan. Aplikasi PVN digunakan untuk membuka website yang terblokir dari penyedia internet atau dari pemerintah.

Hal tersebut dapat di atasi dengan mengubah alamat IP dengan alamat IP samaran, namun harus dari negara asing. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Anonymox simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Anonymox

Anonymox adalah ekstensi browser yang digunakan untuk melindungi atau menjaga privasi penggunanya saat menjelajahi internet. Dengan menggunakan Anonymox Anda dapat mengubah Alamat IP asli Anda dengan Alamat IP samaran dari seluruh belahan dunia. Untuk menggunakan Anonymox cukup mudah dan juga mudah didapatkan.

Pengertian Anonymox

Sebagai ekstensi browser Anonymox yang sudah diinstal akan secara langsung terpasang pada browser. Dengan demikian privasi dan juga identitas Anda akan terlindungi.

6 Fungsi dari Anonymox

Berikut 6 penjelasan dari fungsi anonymox yang perlu Anda ketahui:

1. Mengubah Alamat IP

Dengan adanya Anonymox Anda dapat mengubah Alamat IP asli Anda dengan Alamat IP samaran Ketika terhubung ke internet. Sehingga Anda bisa membuka situs-situs tertentu meskipun situsnya terblokir atau situs yang hanya dibuka oleh negara tertentu dengan mudah dan cepat.

2. Menyembunyikan Identitas

Dengan menggunakan Anonymox Anda dapat menyembunyikan identitas asli ketika sedang mengakses internet. Dengan begitu, informasi mengenai identitas asli Anda akan tetap aman dan tidak akan bocor ke internet.

3. Menghindari Iklan Berbasis Lokasi

Anonymox dapat membantu Anda mengurangi iklan yang dapat mengganggu aktivitas online Anda. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan cara mengganti alamat IP dengan alamat IP samaran dan menyembunyikan lokasi geografis asli pengguna.

Baca Juga:  Cara Menggunakan dan Cara Membuat Google Looker Studio

4. Bypass Pembatasan Geografis

Anonymox adalah jembatan agar Anda dapat mengakses konten yang terbatas diwilayah geografis tertentu. Karena Sebagian wilayah membatasi situs web atau layanan internet berdasarkan letak geografis dari pengguna.

Misalnya, Anda menemukan konten yang tidak tersedia di Indonesia, tapi Ketika Anda mengubah Alamat IP dari negara lain maka Anda dapat menemukan konten tersebut.

5. Melakukan Penelusuran Secara Luas

Ketika Anda menggunakan Anonymox Anda dapat melakukan penelusuran ke seluruh jejaring internet, sampai bahkan ke situs web yang terblokir oleh pemerintah dan juga penyedia internet sekalipun.

6. Menghapus Riwayat Pencarian

Anonymox dapat menghapus riwayat kegiatan aktivitas online secara otomatis. Sehingga apa pun yang Anda cari di internet tidak dapat diketahui oleh orang lain.

4 Jenis dari Anonymox

Ternyata Anonymox bukan hanya ada satu jenis, tetapi ada beberapa jenis yang perlu Anda ketahui agar Anda tidak salah memilih Anonymox. Berikut 4 jenis Anonymox:

Jenis dari Anonymox

1. Anonymox Gratis

Anonymox gratis sangat tepat digunakan oleh pemula untuk percobaan sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakannya. Namun Anonymox gratis memiliki fitur yang standar dan tidak bermacam-macam. Untuk Anonymox gratis Anda akan mendapatkan 8 IP address dari 3 negara saja.

2. Anonymox Premium

Anonymox jenis Premium memiliki fitur yang lebih menarik diantaranya unlimited traffic, tidak ada iklan dari Anonymox, adanya tambahan negara seperti Jerman, Perancis, Swiss, Australia, Swedia, Polandia, Spanyol, Italia, Hongkong, Kanada, Austria.

Anonymox Premium juga sudah otomatis menggunakan ID key, adanya keamanan tambahan sehingga lebih aman dari hacker dan memiliki akses yang lebih cepat hingga 10 kali lipat dari jenis gratis.

3. Anonymox Mobile

Anonymox Mobile merupakan Anonymox yang tersedia di perangkat Android dan juga iOS. Dengan adanya Anonymox Mobile pengguna dapat menjelajah internet dengan leluasa karena Anonymox Mobile akan melindungi koneksi saat menggunakan perangkat seluler.

4. Anonymox VPN

Dalam aplikasi VPN Anonymox adalah lapisan keamanan tambahan untuk melindungi koneksi internet pengguna dengan mengenkripsi data dan juga mengarahkan koneksi melalui server yang aman.

Cara Menggunakan Anonymox

Cara Menggunakan Anonymox

Berikut 2 cara menggunakan Anonymox dengan menggunakan browser Google Chrome dan Mozilla Firefox:

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Github & Cara Kerjanya

Cara Menggunakan Browser Anonymox di Google Chrome

  • Pertama, silakan buka browser Google Chrome di komputer atau laptop Anda
  • Pastikan bahwa Anda sudah log in pada akun email Google, selanjutnya klik pada icon tiga titik dan scroll ke bawah pilih menu “more tools” dan “extensions”
  • Setelah terbuka, secrol ke pojok bawah dan pilih menu “open Chrome Web Store
  • Tuliskan “Anonymox” pada kolom pencarian, kemudian pilih menu “extensions” lalu tekan enter
  • Setelah itu Anonymox akan muncul di bagian atas
  • Setelah dibuka, silakan pilih menu “add to Chrome” dan pilih “add extensions”
  • Jika Anonymox belum muncul, bukalah bagian extension seperti di awal untuk menampilkan Anonymox di depan browser
  • Ketika Anda ingin menggunakan Anonymox cukup klik icon Anonymox, kemudian pilih identitas dan silakan geser tombol menjadi on

Cara Menggunakan browser Anonymox pada Mozilla Firefox

  • Pertama, silakan buka browser Mozilla Firefox di komputer atau laptop Anda
  • Selanjutnya klik ikon garis tiga di pojok atas kemudian pilih menu “add-ons”
  • Selanjutnya ke kolom pencarian dan pilih menu “extensions” tulis “Anonymox” dan tekan enter
  • Apabila prosesnya sudah selesai extension Anonymox dengan logo “X” berwarna biru akan muncul
  • Apabila sudah terbuka, pilih menu “add to Firefox”, untuk pemasangannya pilih menu “add” untuk melanjutkan
  • Apabila prosesnya sudah selesai, kemudian akan muncul Anonymox di pojok atas browser
  • Selanjutnya ubah tombol “off” menjadi “on” untuk mengaktifkan dan pilihlah lokasi yang diinginkan

Demikian penjelasan mengenai Anonymox, dimulai dari fungsi, jenis dan cara menggunakannya. Anonymox adalah browser yang paling direkomendasikan untuk memperluas jaringan internet Anda tanpa batas.

Apabila Anda ingin lebih mendalami pengetahuan mengenai Anonymox, Anda harus mengikuti kursus IT di Coding Studio. Coding Studio merupakan kelas kursus dengan jam yang fleksibel, serta dibimbing langsung oleh mentor profesional dan tentunya sudah memiliki sertifikasi internasional. Tunggu apalagi, yuk daftarkan diri Anda ke Coding Studio.

Related Articles