IP Address Adalah: Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Cara Melihatnya

IP Address Adalah Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Cara Melihatnya

IP Address adalah komponen penting untuk menunjang aktivitas Anda di internet. Adanya IP Address memungkinkan Anda memperoleh berbagai informasi melalui internet ataupun jaringan lokal. Hanya dalam hitungan detik, berbagai hal yang Anda inginkan bisa tersambung ke dalamnya.

Internet membutuhkan komponen tersebut untuk mengenali berbagai perangkat agar bekerja lebih baik. Berbagai perangkat bisa dari ponsel, laptop, PC, dan sebagainya yang terkoneksi ke dalam internet.

Apa Yang Dimaksud IP Address?

Agar memahami lebih lanjut mengenai apa itu IP Address, Anda membutuhkan penjelasannya. IP Address adalah serangkaian angka yang menjadi identitas suatu perangkat agar bisa terhubung ke internet atau jaringan lainnya. 

Apa itu IP Address

Analoginya, dalam sebuah rumah pasti terdapat nomor rumah yang menjadi acuan alamat. Nomor rumah penting untuk menemukan alamat yang tepat dari rumah tersebut.

Singkatnya, IP Address adalah nomor rumah yang menjadi identitas. Tanpa adanya nomor rumah, Anda hanya mengetahui keberadaan rumah tersebut di suatu daerah tetapi tidak mengetahui secara pasti letak rumah.

Ketika Anda menggunakan sebuah perangkat, baik ponsel atau PC hingga printer. Sebenarnya semua perangkat tersebut sudah memiliki protocol internet masing-masing.

Setiap situs web juga mempunyai IP address masing-masing. Ketika Anda mengakses suatu situs web, terdapat pertukaran data antara situs dengan perangkat yang Anda gunakan.

Namun, alamat IP ini juga bisa Anda sembunyikan menggunakan proxy. Menyembunyikan alamat IP biasanya orang-orang lakukan untuk menjaga privasi dan keamanan agar tidak mudah terlacak.

Fungsi Dari IP Address

Sebenarnya tiap sistem perangkat yang digunakan bekerja dengan cara memahami angka-angka. Nah, fungsi IP Address untuk memungkinkan tiap perangkat yang terhubung ke jaringan internet agar bisa saling berkomunikasi satu dengan lainnya.

Sehingga fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan tiap perangkat agar mempermudah proses komunikasi yang terjadi dalam jaringan tersebut. Adanya alamat IP membuat tiap perangkat bisa saling terhubung.

Alamat IP juga menjadi identitas dari suatu perangkat di dalam jaringan internet. Ketika sebuah perangkat sudah teridentifikasi melalui alamat IP, maka pemilik situs atau yang ada dalam jaringan WIFI bisa mengetahui alamat IP yang sudah mengaksesnya.

Tiap kali perangkat meminta akses ke dalam situs web, maka server situs langsung screening untuk bisa mengidentifikasi alamat IP yang hendak masuk. Apabila alamat IP tersebut aman maka server memberikan akses. Sebaliknya jika mengandung ancaman, secara otomatis menolak permintaan akses.

Adanya IP Address juga menjadi alamat pengiriman data ke dalam perangkat. Saat Anda mengakses situs web terjadi proses download yang perangkat lakukan pada data yang dikirim dari situs web. Proses ini bisa terjadi karena adanya alamat IP.

Jenis-jenis Dari IP Address

Nah, agar Anda memahami lebih lanjut, ketahui pula jenis IP Address. Jenis ini bisa berdasarkan aspek-aspek seperti cara memperolehnya, cakupan, dan web hostingnya. Yuk simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

IP Address Public dan IP Address Private

IP Publik

Public IP Address adalah alamat yang bisa dimiliki berbagai perangkat yang terbuka untuk khalayak umum. Sebagai contoh yaitu server website, router WIFI, dan server email.

Alamat IP publik ini memiliki rentang angka tersendiri, biasanya terbagi ke dalam beberapa kelas. Alokasi untuk rentang angkanya sudah diatur oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority). Jika ada penyedia layanan internet yang ingin memperoleh jatah alamat IP ini, harus izin pada badan otoritatif tersebut.

IP Privat

IP privat penggunaannya untuk komunikasi dalam jaringan lokal saja. Misalnya perangkat PC, laptop, dan ponsel. Perangkat tersebut bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya tanpa menggunakan koneksi internet, namun pada jaringan lokal saja.

IP Address Statis dan IP Address Dinamis

IP Dinamis

Dinamis IP Address adalah jenis yang biasanya menjadi milik umum. Penyedia internet memberikannya secara cuma-cuma kepada Anda tetapi sifatnya tidak abadi.

Sebab, jumlah alamat IP bisa semakin menipis karena sifatnya dinamis sehingga bergiliran. Penyedia layanan internet juga bertanggung jawab dengan hal tersebut.

Biasanya berubah-ubah sekali tiap minggu, bulan ataupun tahun. Namun pergantian ini juga bisa karena restart router internet atau perangkat.

IP Statis

IP Statis ini sudah dipesan oleh pihak yang hendak menggunakannya. Anda bisa reservasi pada satu atau lebih, termasuk penyedia VPN (Virtual Private Network), layanan web hosting hingga FTP (File Transfer Protocol). Semuanya membutuhkan alamat yang tidak bisa berubah karena layanan bergantung pada mereka.

Namun Anda bisa melakukan konfigurasi IP Address statis. Hal ini agar Anda bisa menentukan IP Address pada perangkat yang terhubung ke dalam jaringan.

Shared IP

Shared IP bisa Anda jumpai dalam server shared dari web hosting yang mana semua pengguna berbagai ke dalam semua sumber daya dari server tersebut. Bahkan semua nama domain yang pengguna miliki juga mempunyai alamat IP sama.

Dedicated IP

Dedicated IP merupakan alamat IP untuk satu domain saja. Namun beberapa layanan web hosting memperbolehkan pengguna lain untuk menggunakannya dalam server shared hosting.

Cara Kerja Dari IP Address

Cara kerja IP Address yaitu menggunakan IP (Internet Protocol) untuk identifikasi serta menemukan lokasi perangkat di dalam jaringan komputer. 

Ketika perangkat terhubung ke dalam jaringan, maka perangkat meminta IP Address dari ISP atau penyedia layanan internet maupun router jaringan lokal. Setelah mendapatkan IP Address lalu perangkat bisa mengirim dan menerima data menggunakan jaringan dari alamat tersebut.

Data tersebut kemudian terbagi ke dalam paket-paket kecil dan tiap paket tersebut lengkap dengan alamat tujuan dan alamat sumber. Dengan kata lain, alamat IP dari perangkat pengirim dan alamat IP dari perangkat penerima. Router atau perangkat jaringan lain bertugas untuk mengarahkan paket data tersebut menggunakan tabel rute. 

Tabel rute merupakan tempat menyimpan informasi mengenai jaringan dan IP address yang terhubung. Sehingga masing-masing perangkat dapat menerima dan mengirim data serta berkomunikasi. Nah, bagi yang ingin lebih paham atau belajar tentang fundamental komputer jaringan ini bisa mengikuti kursus online di Coding Studio.

Cara Untuk Melihat IP Address

Cara melihat IP Address bisa Anda lakukan melalui command prompt. Caranya yaitu dengan menekan kombinasi tombol keyboard Win dan R secara bersamaan agar dialog Run terbuka. 

Kemudian ketik cmd atau cmd.exe pada kotak yang berlabel Open, lalu klik OK untuk menjalankan command prompt. Pada jendela tersebut ketikan kembali ipconfig lalu tekan Enter. 

Pada bagian Wireless LAN adapter WIFI pada baris IPv4 Adress maka Anda bisa melihat IP Address komputer yang Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahuinya melalui Network & Sharing Centre. Caranya yaitu pada area notifikasi di sebelah kanan taskbar klik ikon Network atau WIFI. Lanjut klik Open Network & Sharing Centre.

Dalam jendela Network & Sharing Centre, klik WIFI yang terletak pada bagian View your Active Networks. Pada kotak dialog WIFI Status yang muncul lalu klik Details. Selanjutnya Anda bisa melihat IP Address perangkat Anda.

Nah, itulah informasi mengenai IP Address, lengkap dengan fungsi, jenis, cara kerja, dan cara melihatnya. Pada dasarnya, IP Address adalah nomor pengenal dari perangkat yang terhubung ke dalam internet. Semoga informasi ini bermanfaat!

Related Articles