apa itu server

Apa itu Server? Definisi dan Berbagai Jenisnya

Beberapa dari Anda mungkin sering mendengar mengenai server, Seperti saat Anda tidak bisa mengakses suatu website, maka yang disalahkan adalah karena server sedang full, atau server sedang jelek. Tetapi apakah Anda mengetahui sebenarnya Apa itu Server? Mengapa internet membutuhkan server untuk bisa mengakses data, ataupun agar internet bisa berjalan dengan lancar?

Di artikel kali ini, kami akan membahas mengenai Apa itu Server definisi dari server itu sendiri, mengapa server dibutuhkan agar internet bisa berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman, serta jenis dari server yang berbeda tujuan dan fungsinya. Jika Anda penasaran terkait dengan pertanyaan tentang apa itu server dan segera ingin mencari tahu lebih dalam, maka cek pada artikel kami berikut ini untuk tahu apa itu server dan berbagai jenisnya.

apa itu server
Apa itu Server? Definisi dan Berbagai Jenisnya 5

Definisi Mengenai Apa itu Server

Apa itu Server? Server adalah sebuah perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) yang diperuntukkan untuk menyimpan database, secara teknisnya, server digunakan untuk menyimpan suatu program yang disebut sebagai Client program. Pada client program ini, server bertujuan untuk banyak hal, mulai dari menyimpan suatu dokumen, database, video, menyimpan suatu data game, dan sebagainya.

Untuk server yang masih memiliki model client database seperti ini disebut sebagai Client-Server, dalam jenis server ini, diperuntukkan untuk penyimpanan program client, yang nantinya akan digunakan untuk berbagai keperluan klien itu sendiri.

Beberapa perusahaan besar menyewakan jasa server yang nantinya akan digunakan untuk berbagai perusahaan lainnya sebagai server penyimpanan database, sebagai hosting server untuk website mereka, dan lain sebagainya. Saat ini, internet itu sendiri tidak bisa terlepas terkait oleh server, dan setidaknya akan terus berkembang dari teknologi server itu sendiri.

Bentuk Fisik Server

Jika Anda pernah melihat berbagai film action, atau Anda sendiri bekerja di beberapa perusahaan IT, mungkin Anda pernah melihat bentuk fisik dari komputer server. Komputer yang tinggi besar, tidak memiliki layar monitor, namun dijalankan dengan banyak sekali komputer server bersamaan, dan menyimpan lebih dari ber Terra-Terra databases.

Server itu sendiri terdiri dari prosesor komputer yang canggih untuk memuat proses informasi dengan cepat, RAM yang luas dengan kapasitas yang besar, serta ROM dengan kapasitas yang sangat besar. Komponen-komponen komputer inilah yang akan menentukan mengenai kecepatan, kapasitas dan kualitas dari server itu sendiri.

Nah, namun itu adalah satu dari jenis dan bentuk fisik server untuk menjawab pertanyaan terkait dengan Apa itu server. Ada beberapa jenis server yang berbeda, seperti cloud server, server induk, dan komputer server. Bahkan komputer sederhana yang Nampak seperti desktop biasa saja juga bisa menjadi server, namun tidak akan lengkap kualitasnya jika dibandingkan dengan dedicated server.

Kegunaan dari Server

Server itu sendiri memiliki banyak sekali kegunaan dan fungsi. Salah satu fungsi utamanya adalah sebagai tempat penyimpanan databases untuk client. Client yang membutuhkan penyimpanan database, entah itu untuk dokumen keperluan, database pada sebuah game, database untuk hosting server, dan lain sebagainya bisa menggunakan server sewaan.

Selain untuk penyimpanan data, server juga digunakan untuk manage data tersebut, penyimpanan email, serta melakukan hosting untuk kegunaan private website. Hal ini menjadikan server sangat vital untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk proses pembuatan website itu sendiri.

Kegunaan dari server dalam jaringan itu sendiri tidak bisa dipisahkan dari definisi Apa itu Server, yaitu sebuah perangkat komputer yang menyediakan penyimpanan databases, serta akses jaringan online yang menjadi fondasi untuk berbagai macam website, serta banyak fitur online lainnya.

Jenis-jenis dari Server

apa itu server
Apa itu Server? Definisi dan Berbagai Jenisnya 6

Tergantung dari kegunaan dan fungsi server, server itu sendiri dibagikan menjadi beberapa jenis, seperti server database, file server, mail server, server game, dan masih banyak jenisnya. Nah, untuk memperdalam pengetahuan Anda terkait Apa itu server berikut ini akan kami berikan beberapa jenis server yang paling banyak digunakan di internet, dan yang mungkin paling sering Anda temukan.

  • Web Server

Web server adalah sebuah server yang khusus dibuat untuk mengakomodasi keperluan website, mulai dari penyimpanan database website, hosting file website, manage file, dokumen, audio dan video website, serta berbagai penyimpanan user file yang ada pada website.

Server ini adalah salah satu yang paling umum, serta yang paling banyak disewakan, diperjual belikan dan menjadi server komersil, karena menjadi salah satu kebutuhan, dan prasyarat jika ingin membuat website. Web server itu sendiri juga memiliki kualitas yang berbeda, tergantung dari kualitas server, kecepatan server, serta paket hosting server yang dibutuhkan.

  • Mail Server

Mail server adalah sebuah server yang mengakomodasikan untuk penggunanya bertukar email, membuat penggunanya bebas untuk mengirim, menerima, membuat pesan, lalu menyimpan pesan penggunanya. Selain pengaplikasiannya digunakan untuk email, beberapa juga digunakan sebagai aplikasi pesan seperti WhatsApp, dan Line.

Mail server itu sendiri memiliki fungsi yang sangat vital, namun juga penting. Karena, mail server digunakan untuk pengiriman pesan, sehingga privasi pengguna akan menjadi sangat vital, dan krusial dalam mail server. Selain itu pula, mail server, berbasis pada POP3 dan IMAP, yang menjadi fondasi berbagai fitur email seperti Gmail, dan Yahoo.

  • Database Server

Database server memiliki kegunaan yang hampir mirip dengan web server, namun jika web server ditujukan untuk mengakomodasi website, database server digunakan untuk mengakomodasi klien untuk menyimpan berbagai file, mulai dari dokumen, file video, audio, dan lain sebagainya.

Database server ini juga salah satu jenis server yang penting untuk perusahaan umum dikarenakan penyimpanan database perusahaan yang digunakan untuk menyimpan data korporat yang penting dan vital.

  • Game Server

Nah, untuk server yang satu ini mungkin adalah server sahabat para gamers, karena jenis server yang satu ini merupakan server yang diperuntukkan untuk mengakomodasikan game, terutama game online.

Game online itu sendiri memiliki resources, databases yang berubah, sesuai dengan lingkungan game online tersebut, serta player yang hadir. Data dari player yang hadir, resources, dan lingkungan dari game tersebut akan disimpan, dan dimuat melalui game server, sehingga player bisa bermain dengan nyaman, dan menikmati game tersebut.

Server game biasanya diperuntukkan untuk game online, dikarenakan jika itu game offline, maka databases dan resources dari game sudah disimpan secara local online, dan tidak membutuhkan jasa server game.

Kesimpulan

apa itu server
Apa itu Server? Definisi dan Berbagai Jenisnya 7

Server merupakan sebuah perangkat keras maupun lunak yang dipergunakan untuk penyimpanan databases, email, file, folder, serta untuk hosting berbagai program lainnya, seperti aplikasi email, aplikasi online, databases online, dan bahkan memungkinkan untuk adanya sebuah game online.

Nah, itulah dia definisi mengenai Apa itu server serta kegunaannya, beserta dengan berbagai jenis server yang berbeda. Server adalah sebuah teknologi vital yang memungkinkan adanya website, dibentuknya sebuah jaringan internet, dan berbagai hal lain yang ada di internet.

Tertarik mempelajari lebih dalam tentang apa itu server? cek link ini ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *