Mengenal ARP: Pengertian, Cara Kerja serta Keunggulannya

Arp Adalah Pengertian, Cara Kerja serta Keunggulannya

Dalam upaya menemukan IP Address serta MAC Address yang dimiliki oleh perangkat yang Anda gunakan, ARP adalah protokol yang tepat untuk Anda gunakan. Seperti yang Anda ketahui, di saat Anda mengakses sebuah situs atau website, browser yang akan mencoba untuk mengintegrasikan jaringan antara dua sistem menggunakan application layer service seperti HTTP.

Dengan dukungan serta bantuan dari TCP atau Transmission Control Protocol dan beberapa supporting layer yang lainnya, berbagai informasi yang dibutuhkan seperti IP Address, MAC Address hingga Nomor Port dapat ditambahkan. Oleh karena itu, penting bagi Anda memahami seluk beluk dari ARP.

Pengertian ARP atau Address Resolution Protocol

Pengertian ARP atau Address Resolution Protocol

Mungkin tak sedikit dari Anda semua bertanya-tanya, apa itu ARP? Jika dijabarkan, Address Resolution Protocol atau lebih dikenal dengan singkatan ARP adalah protokol yang digunakan untuk mencari dan memperoleh MAC Address melalui IP Address tujuan yang sudah dikenal atau diketahui.

Pada umumnya, Anda akan mengetahui IP Address atau alamat IP tujuan tanpa disertai MAC Address atau alamat MAC tujuan. Di sinilah peran ARP atau Address Resolution Protocol yang bertugas mencari dan memperoleh informasi mengenai MAC Address atau alamat MAC tujuan.

Secara umum, adanya Address Resolution Protocol atau biasa disingkat ARP ini membantu mengubah dan menyesuaikan IP Address atau alamat IP yang semula 32-bit menjadi 48-bit yang merupakan alamat yang sesuai dengan MAC Address atau alamat MAC.

Baca Juga:  SOC Adalah: Pengertian, Fungsi, Peran dan Perbedaan dengan NOC

Penggunaan ARP atau Address Resolution Protocol sangat efektif dan dianjurkan pada lapisan jaringan yang memakai model OSI Layer. Lapisan jaringan model OSI Layer seperti pada jaringan Ethernet atau jaringan area lokal tidak memberikan informasi mengenai MAC Address, itulah mengapa penggunaan ARP bisa menjadi salah satu solusi tepat agar Anda dapat berkomunikasi.

Address Resolution Protocol atau ARP adalah salah satu kunci penting bagi Anda yang hendak melakukan komunikasi pada jaringan Ethernet atau jaringan area lokal. Perlu dipahami, agar Anda mampu berkomunikasi seperti melakukan pengiriman, penerimaan hingga pertukaran data dengan berbagai perangkat, tanpa adanya MAC Address atau alamat MAC, hal tersebut tidak dapat Anda realisasikan.

Cara Kerja dari ARP atau Address Resolution Protocol

Cara Kerja dari ARP atau Address Resolution Protocol

Setelah memahami definisi dan pengertian dari ARP atau Address Resolution Protocol adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk menemukan alamat MAC pada perangkat tujuan, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak memahami cara kerja dari ARP itu sendiri.

1. Melakukan permintaan akan ARP atau request ARP.

Jika Anda mengakses ke jaringan lokal atau Ethernet dan hendak mengirim, menerima atau bertukar data, Anda tidak dapat melakukan hal tersebut sebelum Anda mengetahui alamat MAC tujuan. Untuk itu, perangkat Anda yang sudah dilengkapi ARP akan melakukan permintaan ARP pada semua jenis perangkat yang berada di area jaringan. 

Dengan tujuan menemukan MAC Address perangkat tujuan, maka jika dilihat fungsi dari ARP yang diminta sudah barang tentu akan terdiri atas IP Address atau alamat IP dari perangkat yang hendak Anda peroleh dan ketahui alamat MAC atau MAC Address-nya.

2. Proses pendistribusian permintaan ARP ke seluruh perangkat dalam jaringan lokal.

Setelah permintaan ARP dilakukan, sistem perangkat Anda akan melakukan pendistribusian permintaan ARP yang Anda lakukan ke seluruh perangkat yang berada dalam area jaringan lokal. Meskipun permintaan dilakukan kepada setiap perangkat yang berada di wilayah jaringan lokal, namun yang akan menerima hanyalah perangkat dengan IP Address yang tercantum dalam permintaan ARP yang Anda minta.

Baca Juga:  Staging Adalah: Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Tahapannya

3. Perangkat tujuan akan memberikan respons atau ARP Reply.

Selanjutnya, setelah permintaan ARP diterima oleh perangkat tujuan dengan IP Address yang dimaksud, tak berselang lama perangkat tujuan akan mengirim pesan ARP. Isi dari pesan ARP adalah alamat IP atau IP Address perangkat tujuan disertai dengan alamat MAC atau MAC Address yang Anda butuhkan.

4. perbaruan atau pemutakhiran penyimpanan sementara atau caching.

Sesudah perangkat Anda menerima jenis ARP message dari perangkat tujuan, IP Address dan MAC Address dari perangkat tujuan akan secara otomatis tersimpan dalam tabel ARP penyimpanan sementara atau cache. Tujuan dari penyimpanan tersebut adalah agar Anda dapat langsung mengakses ke perangkat tujuan tanpa harus mengulang proses ARP di kemudian hari.

5. Proses pengiriman, penerimaan hingga pertukaran data sudah dapat dilakukan.

Jika proses mencari MAC Address atau alamat MAC sudah berhasil dilakukan dan perangkat sudah menemukan alamat MAC dari perangkat tujuan, hal ini berarti Anda sudah bisa berkomunikasi, mengirim, menerima hingga saling bertukar data dengan perangkat tujuan.

Pada intinya, cara kerja ARP tersebut di atas memungkinkan Anda untuk bisa melakukan komunikasi, mengirim, menerima dan bertukar data dengan perangkat tujuan. Hal tersebut tetap dapat Anda lakukan dalam jaringan lokal atau Ethernet jika Anda menggunakan ARP atau Address Resolution Protocol.

Keunggulan Penggunaan ARP atau Address Resolution Protocol

Keunggulan Penggunaan ARP atau Address Resolution Protocol

Penggunaan ARP atau Address Resolution Protocol yang tepat sudah pasti akan memberikan Anda beberapa macam keunggulan, terutama jika perangkat Anda berada dalam jaringan lokal atau Ethernet. Adapun beberapa keunggulan penggunaan ARP dapat Anda temukan dalam pembahasan berikut.

1. Proses komunikasi, pengiriman, penerimaan dan pertukaran data dapat dilakukan dengan efisien.

Seperti yang diketahui peran Address Resolution Protocol ialah membantu Anda dalam mencari dan menemukan MAC Address atau alamat MAC pada perangkat tujuan terutama pada jaringan Ethernet atau jaringan lokal. Hal ini membuat proses komunikasi hingga pertukaran data dengan perangkat tujuan menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Dapat digunakan untuk multiple devices atau banyak perangkat.

Salah satu keunggulan lainnya dari penggunaan ARP adalah dapat digunakan untuk banyak perangkat atau multiple devices. Adanya keunggulan ini membuat komunikasi yang dilakukan oleh antar perangkat dalam jaringan lokal dapat berjalan dengan efektif dan lancar.

Baca Juga:  Apa itu DHCP Server? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

3. Membuat IP Address terintegrasi serta tidak bentrok dengan IP Address lain.

Dengan menggunakan ARP, IP Address pada perangkat Anda dapat terintegrasi baik dengan berbagai perangkat yang lainnya dalam jaringan. Hal ini juga menghindari IP Address Anda bentrok dengan IP Address lain yang berada dalam lingkup jaringan lokal atau Ethernet.

4. Praktis serta mudah dalam proses penggunaannya.

Cara menggunakan ARP yang terbilang cukup simpel dan sederhana memberikan Anda kemudahan tersendiri. Dapat dikatakan jika Address Resolution Protocol atau ARP tidak membutuhkan berbagai konfigurasi serta pengoperasian yang rumit dalam proses penggunaannya, sehingga terhitung cukup praktis dan mudah untuk digunakan.

Melalui keunggulan-keunggulan tersebut, secara garis besar ARP adalah protokol yang sangat berguna bagi Anda yang menggunakan perangkat dalam jaringan lokal atau Ethernet. Jika Anda hendak mempelajari lebih lanjut tentang ARP dan berbagai bidang IT lainnya, Coding Studio dirasa menjadi platform yang tepat untuk Anda.

Related Articles